Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

FK Unika Gelar Dies ke-3, Tetap Berkarya di Daerah DTPK

Fakultas Kedokteran Universitas Katolik (FK Unika) Soegijapranata Semarang merayakan hari jadi (Dies) ketiga. Dies Natalis tersebut dimaknai oleh Unika sebagai upaya untuk tetap fokus dan konsisten berkarya di daerah tertinggal, perbatasan, dan kepulauan.

Peringatan Dies juga diisi dengan webinar tentang kesehatan dengan pembicara utama Dr dr Andreasta Meliala, DPH, MKes, MAS, Konsultan dan Pakar Sumber Daya Manusia (SDM) Kesehatan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gajah Mada.

“Indonesia sudah menerapkan Jaminan Kesehatan Nasional dengan peserta sekitar 220 juta, namun dalam pelaksanaannya di daerah-daerah plural atau terpencil terutama di Daerah Tertinggal, Perbatasan dan Kepulauan (DTPK) seperti Indonesia Timur masih banyak kekurangan tenaga Kesehatan,” ungkap Dr dr Andreasta Meliala, DPH, MKes, MAS.

Lebih lanjut Dr Andreasta menjelaskan mengenai kendala yang dihadapi dengan disparitas yang muncul dalam pemenuhan tenaga medis di daerah DTPK. Di antaranya kendala infrastruktur di daerah yang masih kurang, persoalan keamanan daerah, insentif, dan psikografi dokternya yang kurang berani untuk ditempatkan di daerah DTPK.

Ia menambahkan pemerintah perlu mendorong supaya supply dokter di daerah DTPK bisa terpenuhi, karena masih ratusan puskesmas yang belum ada dokternya. Ironisnya Indonesia saat ini telah memproduksi 12.000 dokter per tahun, hanya saja penyebarannya tidak merata

Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Unika Soegijapranata, dr Indra Adi Susianto MSi Med Sp OG menyatakan adanya disparitas atau kesenjangan tenaga dokter itu terjadi karena para lulusan dokter ini lebih banyak terkumpul di Jawa, hal ini menjadi keprihatinan tersendiri.

“Untuk menjawab kebutuhan pemerataan tenaga dokter di daerah-daerah, maka FK Unika Soegijapranata telah memiliki kurikulum khusus untuk memenuhi kebutuhan tenaga Kesehatan di daerah-daerah DTPK,” tutur dr Indra.
Sejak awal mahasiswa FK Unika sudah diberi bekal untuk bisa bekerja di daerah manapun di Indonesia.

Dan, ternyata tidak hanya masalah finansial, tetapi juga dibutuhkan panggilan dan kesiapan mental untuk bisa menjawab kebutuhan dokter di daerah DTPK, sambungnya.

Sementara itu, Asisten Departemen Kebijakan dan Manajemen Kesehatan Perigrinus H Sebong MPH mengatakan program field lab atau kerja lapangan FK Unika adanya kurikulum khusus untuk membekali para mahasiswa FK Unika itu sudah diinisiasi sejak tahun 2019.

“Saat itu sudah banyak masukan dan kita coba petakan bersama dengan beberapa pakar yang meneliti di bidang SDM Kesehatan secara nasional dan mengundang pakar kesehatan level global,” tuturnya.

Perigrinus menambahkan, mahasiswa FK Unika memang tidak langsung diterjunkan ke masyarakat melainkan dilakukan secara bertahap mulai dari yang paling kecil yaitu keluarga, kemudian kita evaluasi jika sudah mampu lalu lanjut levelnya ke komunitas atau populasi, baru setelah itu pada tahun ketiga mereka belajar tentang fasilitas, manajemen, interprofesi, dan belajar juga semacam membuat inisiasi untuk intervensi.

Sementara itu pula dr Fransisca Pramesshinta Hardimarta MSi Med selaku Ketua Program Studi Pendidikan Profesi Dokter FK Unika menyampaikan, mahasiswa FK Unika di semester tujuh akan mengikuti kegiatan KKN sesuai dengan daerah DTPK yaitu yang pertama adalah di daerah Minahasa.

“Kami bekerja sama dengan puskesmas yang ada di Minahasa agar mahasiswa FK Unika tidak hanya belajar bagaimana mengobati, karena sebagai dokter keluarga ada empat pilar yang harus diketahui yaitu promosi, preventif, kuratif dan rehabilitatif,” katanya.

Fransisca menambahkan, pihaknya berharap agar para lulusan tidak hanya bisa mengobati tetapi juga bisa mendorong masyarakat setempat bisa sadar kesehatan supaya status kesehatan masyarakatnya meningkat.

Selain membekali ilmu dan pengalaman, Unika juga bekerja sama dengan 7 daerah DTPK agar dari masing-masing daerah tersebut bisa mengirimkan putra-putri terbaik mereka untuk mendapatkan pendidikan di FK Unika. S elanjutnya setelah lulus akan kembali ke daerah masing-masing untuk mengabdi dan berkarya.

Ketua panitia Dies ke-3 FK Unika sekaligus Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dr Jonsinar Silalahi MSi Med SpB SpBA menegaskan bahwa FK Unika sejak awal konsisten dalam fokus pada DTPK bahkan yang pertama di Indonesia

“Maka selain menyiapkan para mahasiswa secara kompetensi, kami juga menyiapkan agar para lulusan FK Unika memiliki hati untuk melayani masyarakat di daerah DTPK,” pungkasnya.

Unika menyelenggarakan Dies Natalis ke-3 Fakultas Kedokteran (FK) secar dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring) di kampus Unika Soegijapranata, Bendan Dhuwur, Gajah Mungkur, Kota Semarang, Sabtu (19/2/2022).(Sgi)

# https://www.krjogja.com/berita-lokal/jateng/semarang/fk-unika-gelar-dies-ke-3-tetap-berkarya-di-daerah-dtpk/

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Kabar baik buat kamu friends! Jalur Beasiswa masih dibuka sampai 30 Juni 2024. Daftarnya cuma pakai nilai rapor tanpa tes! Ayo dapatkan beasiswa masuk (Biaya Kuliah Semester) yang udah include semuanya! Buktikan sekarang juga! ✨

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Kenaikan Yesus Kristus 

#KenaikanYesusKristus
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Segenap Sivitas Akademika Soegijapranata Catholic University (SCU), turut berduka cita atas meninggalnya Ir. Daniel Hartanto, S.T., M.T (Dosen Program Studi Teknik Sipil)

#RIP
Selamat Hari jadi ke-477 Kota Semarang ✨

#HUTSemarang
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional ✨

#HariPendidikanNasional
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Hari Buruh 2024

#HariBuruh

Share:

More Posts

Send Us A Message