Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Dosen Unika Ciptakan Digital Citizenship

Tim dosen di Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang segera mematenkan karya inovasi atau Hak Kekayaan Intelektualnya berupa digital citizenship berbasis teknologi Augmented Reality (AR) ke Kementerian Hukum dan HAM RI. Platform Augmented Reality (AR) ini berbasis permainan atau game edukasi tentang literasi digital yang bisa diunduh di Play Store. Karya inovasi digital citizenship yang didanai hibah dari United Board Amerika Serikat ini dibuat oleh tim dosen Unika terdiri Cecilia Titiek PhD, Angelika Riyandari PhD, Rikarda Ratih, Dr Heny Hartono, dan Andre Kurniawan.

Kepada pers di Semarang, Kamis (20/1) Cecilia Titiek sebagai koordinator tim menjelaskan cara kerja aplikasi ini. Yaitu di tempat-tempat strategis di kampus Unika dipasangi marker AR ditempelkan di beberapa titik lokasi itu. Nantinya, mahasiswa tinggal menscan marker tersebut sehingga muncul pertanyaan dan pilihan jawaban. Sebanyak 9 marker tersebut memiliki tema berbeda, berdasarkan 9 aspek literasi digital yaitu digital access, e-commerce, komunikasi, literasi, e-ticket, law, hak dan kewajiban, kesehatan dan keamanan.

“Tiap pertanyaan ada poin nilainya dan dilombakan. Peraih poin tertinggi itulah pemenang nya. Maksimal pertanyaan yang ada di beberapa titik kampus itu dijawab  dalam 100 menit. Pertanyaan yang dibuat pilihan ganda dengan materi terkait literasi digital. Tujuannya agar mahasiswa bisa berselancar di dunia maya dengan aman serta menggunakan teknologi secara bijak,” ujar Cecilia.

Menurutnya, tim berupaya agar pengguna perangkat digital mengetahui norma dan perilaku dalam menggunakan teknologi. Mahasiswa zaman sekarang harus diberikan pemahaman digital, mereka harus tahu dan ini bagian tanggung jawab sosial dari universitas untuk mendidik digital citizenship.

►Kedaulatan Rakyat 22 Januari 2022 hal. 10

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Stop Galau! Masih ada Beasiswa Masuk di SCU, buruan! Gak pake tes cuma pakai nilai rapor ajah 😁

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kata siapa abis kuliah nganggur? Buktinya lulusan SCU kurang dari 2 bulan aja buat dapetin kerja! Jadi, masih ragu kuliah di SCU?

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Merayakan Paskah, Penuh Sukacita ✨

#Paskah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Jumat Agung 

#JumatAgung
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning

Share:

More Posts

Send Us A Message