Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Dies Natalis, Fakultas Kedokteran Unika Gelar Kompetisi Field Lab untuk Cetak Dokter yang Tangguh

Fakultas Kedokteran Unika Soegijapranata Semarang memiliki cara tersendiri untuk merayakan dies natalis ke-3. Para mahasiswa diajak ädu kepintaran melalui Field Lab alias kemampuan menjadi dokter di wilayah perbatasan.

Dekan Fakultas Kedokteran Unika Soegijapranata Semarang dr Indra Adi Susanto MSi Med Sp OG mengatakan Fakultas Kedokteran Unika berfokus mencetak para dokter untuk bisa bertugas di wilayah terdepan, perbatasan dan kepulauan. Dengan fokus ini kata dia, lulusan didorong untuk bisa berkarya secara baik di wilayah tersebut.

“Kita harap lulusan dokter kita tidak hanya bekerja di wilayah perkotaan, tapi juga bisa bekerja di wilayah perbatasan. Nah oleh karena itu membekali mahasiswa bisa bekerja di wilayah tersebut, kami punya program Field Lab,” kata dr Indra, saat jumpa pers kepada awak media, di kampus setempat, Kamis (9/12).

Program Field Lab ini kata dia, para mahasiswa terjun langsung di tengah masyarakat, dan menganalisa kondisi di masyarakat. Selanjutnya mahasiswa diminta memberikan solusi singkat.

“Nah kebetulan dalam rangka dies natalis, sejak hari ini sampai Februari 2022 ada berbagai rangkaian acara yang salah satunya adalah Kompetisi Field Lab. Di sini mereka beradu Field Lab dengan menghadirkan pembicara asing dari Sidney untuk melihat kiprah mahasiswa dalam melihat permasalahan apa yang ada di masyarakat,” jelasnya.

Untuk awal ini, kata dia, mahasiswa tidak perlu melakukan Field Lab di daerah yang jauh. Cukup di daerah Semarang, namun yang terpencil. Ketika telah sukses di Semarang, maka sangat mungkin Field Lab dilakukan di daerah Luar Pulau Jawa.

“Ini jadi cikal bakal mahasiswa belajar yang tidak hanya dipandu dosen lokal tetapi juga oleh dipandu oleh dosen luar negeri,” terang dia.

Kepala Program Studi Fakultas Kedokteran Unika Soegijapranata Semarang dr Fransisca Prameshintha Hardimarta MSi Med mengatakan melalui program ini bertujuan untuk membentuk dokter yang tidak hanya ahli menyembuhkan penyakit pasien. Tetapi juga ada latar belakang lain penyebab suatu anggota keluarga punya penyakit.

“Penyakit itu bisa datang dari keluarga atau lingkungan sekitar. Makanya kita punya program Field Lab. Saat semester 5, mahasiswa kita terjunkan ke Puskesmas. Dari situ, mahasiswa bisa tahu permasalahan apa sih yang sering muncul dari masyarakat,” kata dr Sisca.

Hal ini kata dia, menjadi bekal mahasiswa saat melaksanakan KKN saat di semester enam maupun tujuh.

Programmer Field Lab pada Fakultas Kedokteran Unika Soegijapranata Semarang Perigrinus H Sebong MPH menuturkan melalui program ini mahasiswa tidak hanya diberi kemampuan penyembuhan pasien. Tetapi juga preventif dan promosi kesehatan.

“Ini sangat luar biasa. Jika kita bandingkan dengan Fakultas Kedokteran di Universitas Lain, belum banyak yang seperti ini. Ini sangat komprehensif,” kata Perigrinus.

Ketua Panitia Dies Natalis ke-3 Fakultas Kedokteran Unika Soegijapranata dr Jonsinar Silalahi menuturkan pihaknya menyambut baik program ini. Sebab menurutnya hal ini bisa mencetak dokter yang tangguh untuk Indonesia.

“Kita ingin kembalikan marwah dokter yang sesungguhnya. Nah itu kita cetak mulai sekarang. Sekarang ini kan ada pemahaman yang bergeser dokter pengennya yang enak enak,” kata dr Jonsinar.

►https://kuasakata.com/read/berita/43541-dies-natalis-fakultas-kedokteran-unika-gelar-kompetisi-field-lab-untuk-cetak-dokter-yang-tangguh

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Selamat Memperingati Hari Kenaikan Yesus Kristus 

#KenaikanYesusKristus
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Segenap Sivitas Akademika Soegijapranata Catholic University (SCU), turut berduka cita atas meninggalnya Ir. Daniel Hartanto, S.T., M.T (Dosen Program Studi Teknik Sipil)

#RIP
Selamat Hari jadi ke-477 Kota Semarang ✨

#HUTSemarang
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional ✨

#HariPendidikanNasional
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Hari Buruh 2024

#HariBuruh

Share:

More Posts

Send Us A Message