Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Bjorka Beraksi Bobol Data Indonesia, Dosen Unika: SDM Kita Masih Kurang untuk Amankan Cyber

Akhir-akhir ini Indonesia digemparkan dengan adanya aksi hacker Bjorka yang membobol sistem data Indonesia. Kenapa data Indonesia bisa dibobol?

Dosen Sistem Informasi Unika Soegijapranata Semarang Agus Cahyo Nugroho SKom MT mengatakan sistem data Indonesia mudah dibobol, diduga karena lemahnya sumber daya manusia (SDM) yang mengamankan data cyber Indonesia.

“Terkait system data yang mudah dibobol, saya rasa ada di SDM-nya ya. Dengan adanya kejadian (Bjorka) ini, harus kita akui dan membuka mata kita kalau memang SDM kita di bidang cyber security masih kurang ya,” kata Cahyo, kepada KUASAKATACOM, melalui sambungan telepon, Rabu (14/9/2022).

Untuk mengamankan data cyber, kata dia, semestinya pemerintah Indonesia tak hanya sekedar membeli teknologi yang canggih, terbaru dan mahal. Teknologi harus diimbangi dengan SDM yang mumpuni.

“Jangan beranggapan lalu karena teknologi canggih, terbaru dan mahal lalu jadi aman. Masih perlu orang-orang untuk menjaga,” ungkapnya yang merupakan Ketua Program Studi Sistem Informasi Unika Soegijapranata Semarang.

Apalagi kata dia, orang-orang yang tertarik dalam bidang cyber security masih rendah. Menurutnya, pemerintah harus mengambil tindakan lebih massif agar data Indonesia tak mudah dibobol.

“Apalagi mahasiswa yang ambil skripsi tentang cyber security masih bisa dihitung pakai jari. Rata-rata anak muda tertariknya ke start up, pengembangan aplikasi, e-commerce dan lain lain. Khusus cyber security masih rendah,” terang dia yang merupakan alumni S1 Teknik Informatika UKDW Yogyakarta dan S2 Teknik Informatika UAJY.

Salah satu langkah nyata untuk cyber security Indonesia, kata dia, pemerintah bisa saja mengadakan beasiswa khusus cyber security untuk mahasiswa di universitas. Jadi, ketika lulus, mahasiswa bisa berkontribusi untuk mengamankan system data Indonesia.

“Selain itu, di Indonesia, saya yakin banyak hacker-hacker handal. Bisa saja gandeng mereka untuk berbagi ilmu tentang cyber,” ungkapnya.

Atau bahkan menurutnya, hacker handal bisa digandeng untuk berubah menjadi pegawai pelindung data Indonesia.

#https://kuasakata.com/read/berita/59355-bjorka-beraksi-bobol-data-indonesia-dosen-unika-sdm-kita-masih-kurang-untuk-amankan-cyber

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Segenap Sivitas Akademika Soegijapranata Catholic University (SCU), turut berduka cita atas meninggalnya Ir. Daniel Hartanto, S.T., M.T (Dosen Program Studi Teknik Sipil)

#RIP
Selamat Hari jadi ke-477 Kota Semarang ✨

#HUTSemarang
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional ✨

#HariPendidikanNasional
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Hari Buruh 2024

#HariBuruh
Stop Galau! Masih ada Beasiswa Masuk di SCU, buruan! Gak pake tes cuma pakai nilai rapor ajah 😁

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning

Share:

More Posts

Send Us A Message