Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Angkat Topik Perilaku Ramah Lingkungan, Susana Adi Raih Gelar Doktor dari PDIL Unika Soegijapranata

Program Studi Doktor dan Ilmu Lingkungan (PDIL) Unika Soegijapranata Semarang baru saja memiliki lulusan baru bergelar doktor. Doktor tersebut yakni seorang wanita bernama Promovenda Susana Adi Astuti SPi MM MSi.

Ia meraih gelar doktor setelah berhasil mempertahankan Disertasinya dalam ujian terbuka disertasi promosi doktoral, pada Selasa (22/3/2022). 

Adapun disertasinya mengangkat topik perilaku ramah lingkungan untuk anak SMA di sekolah adiwiyata (sekolah yang berbasis lingkungan) di kota Semarang. Sementara judulnya yakni “Pengaruh kecerdasan eksistensial, kepribadian dan determinasi motivasi diri terhadap perilaku ramah lingkungan, dengan perilaku terencana sebagai pemediasi”.

Susana mengatakan disertasinya ini ia lakukan penelitian di 74 sekolah SMA negeri dan swasta. Hasilnya ada 866 guru dan siswa yang menjadi sampel penelitian terkait topik yang diangkatnya.

“Perilaku terencana adalah sikap kemudian norma norma subjektif dan perceived behavior control serta instensi. Norma subjektif itu adalah seseorang yang dihormati seperti guru, orang tua dan lain lain,” kata Susana.

Untuk berperilaku ramah lingkungan kata dia, dibutuhkan faktor internal seperti kecerdasan eksistensial, motivasi determinasi diri dan keperibadian. Namun ketiga potensi yang ada pada siswa ini akan semakin tumbuh dan berkembang ketika ada variabel yang memediasi.

“Yang memediasi yaitu sikap, norma norma subjektif dan kontrol diri siswa serta instensi. Kemudian kenapa saya angkat penelitian dengan fokus remaja? Karena mereka terutama yang masih SMA itu masih berada dalam tahap pencarian jati diri,” jelas wanita Kelahiran Semarang 29 Juli 1970 itu.

Tanpa ada pemahaman mendalam terhadap jati diri dan lingkungannya maka remaja rawan melakukan sikap yang kurang bertanggungjawab. Sementara di sisi lain, kaum remaja merupakan golongan strategis yang di masa depan bakal menjadi generasi penerus bangsa dan potensial menjadi pemimpin.

“Kaum remaja ini potensial menjadi pemimpin yang transformasional di masa depan. Oleh karena itu perlu dikaji perilaku ramah lingkungan,” terang dia yang merupakan Direktur Holiparent Research and Education itu.

Ia mengaku mengangkat topik dan judul itu lantaran selama ini penelitian yang ada hanya sebatas membahas kesadaran lingkungan, kepedulian, hubungan antara keduanya.

“Nah tapi kenapa sudah ada pengetahuan dan kesadaran malah masih ada yang belum ramah lingkungan. Padahal secara nyata dia berada di sekolah adiwiyata,” ucap alumni S1 Perikanan Universitas Diponegoro Semarang dan S2 Magister Manajemen STIE IPWI itu.

Atas adanya hal itu, Ia menyebut masih ada konsep pemahaman yang tertinggal ataupun belum terbuka. Menurutnya ada faktor internal dan eksternal yang menyebabkan hal itu. Faktor internal yakni kecerdasan eksistensial, motivasi determinasi diri dan lain lain.

Dalam Ujian Terbuka Disertasi Promosi Doktoralnya, Susana Adi Astuti memiliki promotor yakni Alm Prof Dr Andreas Lako dan KoPromotor Dr Margaretha Sih Setija Utami MKes. Kemudian diuji oleh tim penguji yang diketuai oleh Rektor Unika Soegijapranata Dr Ferdinandus Hindiarto SPSi MSi, Sekretaris Penguji Dr Florentinus Budi Setiawan MT, serta penguji internal oleh Prof Dr Y Budi Widianarko MSc, dan Dr Tukiman Taruno Sayogo. Lalu penguji eksternal dari UNDIP yaitu Prof Dian Ratna Sawitri SPSi, MSi, PhD.

Ko Promotor Susana Adi Astuti yaitu Dr Margaretha Sih Setija Utami MKes menyampaikan ada kebaharuan dalam penelitian Susana Adi Astuti.

“Bu Susana berani mengeksplore tentang Theory of Planned Behavior  dan menambahkan variabel lain yaitu tentang intelgensi, kepribadian, kemampuan motivasi untuk menentukan diri sendiri,” ungkapnya.

Kelebihan lainnya, Susana Adi Astuti bisa menerapkan ilmu psikologi untuk perilaku lingkungan pada siswa-siswa SMA, yang menurutnya merupakan sesuatu yang bagus dan menunjukkan perbedaan perilaku para siswa dari sekolah-sekolah adiwiyata dengan yang bukan

Susana Adi Astuti mengawali studi S3 di PDIL Unika Soegijapranata mulai bulan Juli 2019.

#https://kuasakata.com/read/berita/49477-angkat-topik-perilaku-ramah-lingkungan-susana-adi-raih-gelar-doktor-dari-pdil-unika-soegijapranata

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Nih jawaban buat kalian yang masih bingung benefit beasiswa masuk di SCU dan biaya kuliahnya yang affordable. Kalau udah paham langsung gassss yaa! 

Daftar online
pmb.unika.ac.id 

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H ✨

#IdulAdha
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Gak usah galau SNBT ah, goyangin aja bareng D”CEMESH yuk 🤭

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Mau punya dosen asik - asik + suasana kuliah yang joyful? Yuk, buktikan sekarang!

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Namanya proses ada aja lika likunya, tapi jangan sampai salah pilihan, karna hanya SCU yang nyenengin ☺️ 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Hola ✨ yuk manfaatkan kesempatan mendapatkan Beasiswa Christian Youth di SCU. 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kuliahnya seasik ini di @dkvscu, tempat yang tepat buat explore kreativitasmu 🫰

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#DKV
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
This error message is only visible to WordPress admins
HTTP Error. Unable to connect to the Instagram API. Feed will not update.

Share:

More Posts

Send Us A Message