Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Yogi: YouTube Ruang Pertunjukan Seni


Pegiat Pertunjukan Seni Harus Bertransformasi ke Bentuk Digital

Pegiat seni pertunjukan mau tidak mau harus bertransformasi ke bentuk digital selama pandemi Covid-19. Sebelumnya, hal itu tidak dilakukan. Namun demikian, pertunjukan virtual disebut sebagai perkembangan kesenian. Tentunya ada sedikit kagok ketika bermain peran di mata camera, bukan penonton. Walaupun tidak bisa memenuhi pengalaman batin dari interaksi fisik dengan seni pertunjukan secara langsung, namun seni virtual menjaga napas pelaku kesenian tetap panjang.

“Banyak pegiat seni, khususnya seni pertunjukan, kehilangan mata pencaharian. Saat ini, YouTube tidak hanya dimaknai sebagai platform digital, tetapi juga dapat dimaknai sebagai ruang seni pertunjukan di era digital,” kata dosen Program Studi Digital Performing Arts Fakultas Bahasa dan Seni, Unika Soegijapranata, Y Yogi Tegar Nugroho saat acara public lecture secara virtual, Sabtu (30/10).

Pada acara bertema Language, Arts and Creativity yang menggunakan Bahasa Inggris ini, Yogi Tegar memberikan pemaparan terkait Stage Management of Performing Arts in the Digital Era. Ia menjelaskan terkait efek pandemi terhadap kegiatan kesenian, terutama seni pertunjukan. Menyaksikan pertunjukan seni lewat Youtube, Zoom atau media sosial lain bukan hal baru lagi di kala pandemi. Kebiasaan barn itu diyakini akan tetap berjalan meskipun pandemi usai. Seniman dan penikmat seni sudah beradaptasi dengan situasi pandemi Covid-19. Kompromi itu ditambah kreativitas dan kemauan belajar hal baru, menghidupkan lagi denyut kesenian. Dalam pemaparannya, Yogi Tegar juga menyinggung mengenai manajemen produksi bagi pegiat seni rupa, penentuan tempat, ukuran panggung, jenis seni yang akan dipentaskan serta tema dan format yang akan ditampilkan.

“Dalam upaya membantu para pegiat seni rupa lokal di Semarang, serta mengelola karya seni yang ditayangkan secara virtual di Youtube live, kami telah melakukan penggabungan beberapa digital software seperti OBS dan digital platform yang bernama Saweria,” jelasnya.

Narasumber kedua, FX Ouda Teda Ena dari Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta memaparkan tentang bagaimana pandemi Covid-19 mengubah kegiatan belajar mengajar kelas drama konvensional menjadi metode pembelajaran drama digital atau online. “Perubahan yang terjadi akibat pandemi covid-19 telah membawa perspektif dan keterampilan baru bagi para guru dan siswa. Pertunjukan drama digital tidak hanya mengembangkan soft skills siswa tetapi juga digital dan future skills mereka,” tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan keuntungan utama kelas drama tentu saja adalah meningkatkan keterampilan berkomunikasi lisan. Selain itu juga mengembangkan kreativitas pemecahan masalah siswa, kolaborasi, karya mandiri, dan soft skills lain.

Sementara, Ketua penyelenggara Public Lecture Fakultas Bahasa dan Seni Unika Soegijapranata, Wuryani Hartanto menuturkan kegiatan tersebut digelar setiap awal tahun akademik atau annual event. “Tujuannya, untuk menyambut mahasiswa baru dan membekali mereka dengan wawasan dan orientasi akademik,” terangnya.

Menurutnya, kegiatan itu bukan hanya diperuntukkan bagi mahasiswa baru namun juga diwajibkan bagi mahasiswa aktif dari tiga program studi di FBS Unika yaitu Sastra Inggris, Englishpreneurship, dan Digital Performing Arts. Dalam rangka memperluas wawasan serta meningkatkan potensi mahasiswa utamanya dalam seni pertunjukan, kegiatan ini ditunjang dua orang narasumber yaitu Y Yogi Tegar Nugroho dan seorang narasumber dari Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, FX Ouda Teda Ena.

“Diharapkan dalam diri mahasiswa akan tumbuh kecakapan yang disebut softskill dan membentuk karakter mereka, melalui seni digital. Ini sangat relevan dengan situasi sekarang,” imbuhnya.

►Tribun Jateng 1 November 2021 hal. 8

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Nih jawaban buat kalian yang masih bingung benefit beasiswa masuk di SCU dan biaya kuliahnya yang affordable. Kalau udah paham langsung gassss yaa! 

Daftar online
pmb.unika.ac.id 

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H ✨

#IdulAdha
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Gak usah galau SNBT ah, goyangin aja bareng D”CEMESH yuk 🤭

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Mau punya dosen asik - asik + suasana kuliah yang joyful? Yuk, buktikan sekarang!

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Namanya proses ada aja lika likunya, tapi jangan sampai salah pilihan, karna hanya SCU yang nyenengin ☺️ 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Hola ✨ yuk manfaatkan kesempatan mendapatkan Beasiswa Christian Youth di SCU. 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kuliahnya seasik ini di @dkvscu, tempat yang tepat buat explore kreativitasmu 🫰

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#DKV
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
This error message is only visible to WordPress admins
There has been a problem with your Instagram Feed.

Share:

More Posts

Send Us A Message