Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Tim Unika Bersama APBTN DPD Jateng Buat Portal E-Commerce batiksentral.com

Unika Soegijapranata bekerja sama dengan Asosiasi Profesi Batik dan Tenun Nusantara (APBTN) Bhuana DPD Jawa Tengah, telah menyelenggarakan pelatihan membuat portal e-commerce dengan nama batiksentral.com untuk edukasi warna alam untuk penguatan asosiasi profesi batik dan tenun, pelatihan bertempat di Hotel Grasia Semarang, akhir pekan lalu.

Pelatihan ini terselenggara sebagai bagian dari pengabdian dari tim yang diketuai oleh Dr Rustina Untari Msi, beserta tim yaitu Prof Dr Ridwan Sanjaya MS IEC dan Agus Cahyo Nugroho MT. “Kami membuat portal IT untuk e-commerce dan edukasi agar dapat memfalitasi teman-teman dan profesi batik dan tenun melakukan aktivitas e-commerce, perdagangan serta pendidikan,” ungkap Dr Rustina Untari.

Portal yang dirancang oleh tim IT Unika ini bisa menjadi solusi atas krisis yang dialami oleh para perajin batik dan tenun dapat digunakan untuk diskusi dan edukasi antar anggota yang tersebar di seluruh Jawa Tengah. Dengan tersedianya portal IT ini, diharapkan aktivitas yang dilakukan oleh APBTN dapat lebih intens dilakukan dalam perdagangan secara online, meskipun portal ini harus dihubungkan lagi dengan fasilitas marketplace yang sudah ada seperti tokopedia, Shopee, dan sebagainya.

“Setelah kita bangun portalnya, kemudian kita latih para peserta dari APBTN Bhuana DPD Jawa Tengah yang berjumlah 90 orang dan dibagi dalam tiga hari pelatihan. Untuk hari pertama diikuti oleh perserta dari Karesidenan Semarang, Karesidenan Pati, dan Karesidenan Pekalongan. Hari kedua, diikuti dari Karesidenan Surakarta, hari terakhir dari Karesidenan Kedu dan Banyumas,” jelas Dr Rustina. Kegiatan pengabdian ini didanai oleh Program Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa PTS Ditjen Ristek tahun anggaran 2021.

Merespons penyelenggaraan kegiatan pelatihan portal e-commerce dan edukasi ini, Abdul Kholiq Fauzi selaku Sie Diklat, didampingi oleh Ketua APBTN Bhuana Jateng Tamzis Al Anas, mengungkapkan rasa optimistis terhadap manfaat dari penggunaan Portal IT ini.

“Kami merasa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk anggota APBTN Bhuana DPD Jateng. Dengan portal ini, kami bisa memanfaatkan untuk berinteraksi antaranggota, internal pengurus, maupun untuk memperluas pasar yang dimiliki oleh pengrajin dan penenun anggota asosiasi,” ungkap Tamsiz.

►Suara Merdeka 31 Desember 2021 hal. 10

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Kabar baik buat kamu friends! Jalur Beasiswa masih dibuka sampai 30 Juni 2024. Daftarnya cuma pakai nilai rapor tanpa tes! Ayo dapatkan beasiswa masuk (Biaya Kuliah Semester) yang udah include semuanya! Buktikan sekarang juga! ✨

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Kenaikan Yesus Kristus 

#KenaikanYesusKristus
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Segenap Sivitas Akademika Soegijapranata Catholic University (SCU), turut berduka cita atas meninggalnya Ir. Daniel Hartanto, S.T., M.T (Dosen Program Studi Teknik Sipil)

#RIP
Selamat Hari jadi ke-477 Kota Semarang ✨

#HUTSemarang
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional ✨

#HariPendidikanNasional
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Hari Buruh 2024

#HariBuruh

Share:

More Posts

Send Us A Message