Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Selamat Jalan Prof Andre

Selamat Jalan Prof Andre

Oleh: Budi Widianarko, Guru Besar UNIKA Soegijapranata

KETIKA hendak mengawali bimbingan daring dengan salah satu mahasiswa, Rabu pagi (23/2) pukul 08.58 saya dikejutkan oleh masuknya pesan dari salah satu lulusan Program Doktor Ilmu Lingkungan (PDIL) Unika Soegijapranata, Dr. Constantinus ke telepon genggam saya. Saya mencoba menepis isi pesan tentang berpulangnya sahabat-sejawat Prof. Andreas Lako. Muskil! Lha wong semalam Prof. Andre – begitu para sejawat memanggilnya – masih menyemangati beberapa dari kami yang sedang menjalani isoman.

Belum sempat memastikan kebenaran pesan itu, pada pukul 09.02 sebuah pesan dari nomor Prof. Andre saya terima “Pak Budi, bapak hari ini meninggal dunia Intan”. Pesan Intan putri Prof Andre – bagaikan “gempa” yang mengguncang kuat. Saya tak mampu berkata-kata untuk beberapa saat, penuh dengan perasaan yang campur aduk, terkejut, sedih dan tidak rela. Setelah guncangan mulai berlalu, mulailah gambar dan “video” kenangan tentang Prof. Andre mengatir seolah tidak terbendung.

Tiga tahun terakhir ini saya memang berinteraksi cukup intens dengan Prof. Andre yang memimpin PDIL. Saya berkesempatan menyaksikan bagaimana komitmen, dedikasi, dan prestasi Prof. Andre dalam mengembangkan sebuah program doktor benar benar dari awal. Dalam mengembangkan dan mematangkan PDIL, Prof. Andre bukan hanya mengandalkan dorongan obsesif belaka – tetapi benar-benar berhasil menyeimbangkan antara keinginan, rasa memiliki dan substansi. Bukan sekali, dua kali secara terbuka saya sampaikan dalam perbincangan dengan para sejawat bahwa Prof. Andre benar-benar sosok yang tepat untuk “babat alas” PDIL. Perjuangan Prof. Andre mengembangkan dan mematangkan PDIL sungguh-sungguh from the scratch  selalu berhasil menggugah kekaguman saya padanya.

Episode PDIL hanyalah ujung kecil persahabatan kami. Saya mengenalnya sejak tahun 1994 segera setelah kami berdua bergabung dengan Unika Soegijapranata. Sejak awal perjumpaan kami, saya sudah menaruh hati pada dosen muda dari Flores itu. Dengan kecerdasan yang dibungkus keramahan dan kerendahan hati sulit untuk mengabaikan kehadiran seorang Andreas Lako. Ia cukup sering menyambangi ruang kerja saya untuk berdiskusi tentang banyak hal. Rupanya minat yang sama dalam dunia tulis-menulis mengakrabkan kami dengan cepat. Kedekatan kami semakin terwujud melalui minat ilmiah yang beririsan di bidang lingkungan.

Secara keilmuan saya sungguh kagum dan terinspirasi oleh evolusi kepakaran yang dijalani oleh seorang Andreas Lako. Saya beruntung mengikuti dari dekat kiprah akademik dan intelektualnya, sejak S1 hingga S3 – dan akhirnya meraih jabatan akdemik tertinggi, Guru Besar.

Prof. Andre bukan hanya seorang yang sangat produktif dalam menulis terbukti dari puluhan buku dan publikasi ilmiah serta ribuan artikel di media masa – tetapi Ia juga sangat gigih. Pengalamannya berjuang belasan tahun untuk menembus halaman opini salah satu koran nasional utama sungguh sangat menggetarkan. Tidak banyak orang yang begitu gigih dan tekun mengirimkan tulisan ke media yang telah menolaknya puluhan kali  apalagi pada saat itu tulisan Prof. Andre sudah tersebar luas di hampir semua koran dan majalah nasional.

Dalam sebuah perbincangan santai, Prof. Andre sempat berbagi tentang “jurus rahasia” yang diterapkannya sehingga mampu menembus ibentengi editorial koran nasional Temyata yang Prof. Andre lakukan tidak main-main. Dia menganalisis ratusan artikel opini yang dimuat di koran itu. Selain mempelajari struktur dan alur isi artikel-artikel itu, Prof. Andre juga melakukan analisis paragraf demi paragraf di dalamnya. Dan yang semakin membuat saya terkagum-kagum, Prof. Andre membedah artikel-artikel itu bukan demi mencontohnya tetapi justru berusaha menemukan ceruk yang khas yang tidak ada dalam artikel-artikel itu. Bahkan, saya dikejutkan oleh ketepatan analisis Prof. Andre tentang kekuatan dan kelemahan tulisan-tulisan saya – dan menemukan alasan mengapa artikel saya di muat di koran yang sama.

Terus-terang, hingga Saat ini saya belum mendapatkan kawan berdebat secermat dan seteliti Prof Andre. Terima kasih dan selamat jalan sahabatku. Tuhan pasti punya rencana indah untukmu.

# Suara Merdeka 25 Februari 2022 hal. 2

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Nih jawaban buat kalian yang masih bingung benefit beasiswa masuk di SCU dan biaya kuliahnya yang affordable. Kalau udah paham langsung gassss yaa! 

Daftar online
pmb.unika.ac.id 

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H ✨

#IdulAdha
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Gak usah galau SNBT ah, goyangin aja bareng D”CEMESH yuk 🤭

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Mau punya dosen asik - asik + suasana kuliah yang joyful? Yuk, buktikan sekarang!

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Namanya proses ada aja lika likunya, tapi jangan sampai salah pilihan, karna hanya SCU yang nyenengin ☺️ 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Hola ✨ yuk manfaatkan kesempatan mendapatkan Beasiswa Christian Youth di SCU. 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kuliahnya seasik ini di @dkvscu, tempat yang tepat buat explore kreativitasmu 🫰

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#DKV
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
This error message is only visible to WordPress admins
There has been a problem with your Instagram Feed.

Share:

More Posts

Send Us A Message