Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

LPPM SCU Kenalkan Pusat Studi Kepada Dosen Muda

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Soegijapranata Catholic University (SCU) menyelenggarakan pertemuan bersama para dosen muda di Gedung Mikael, Kampus 1 SCU pada 6 Januari 2024.

Kegiatan ini dilakukan untuk memperkenalkan berbagai jenis pusat studi yang dimiliki SCU kepada dosen muda. Mereka diberikan penjelasan mengenai LPPM dan berbagai kegiatan penelitian dan pengabdian yang dilakukan. 

LPPM SCU berupaya menjalankan amanat perutusannya dengan mendorong para dosen untuk melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Hal ini diwujudkan melalui 5 jenis pusat studi yang dimiliki SCU.

 

Pusat Studi SCU

Lima jenis pusat studi SCU, diantaranya Pusat Studi Wanita (PSW), Pusat Studi The Java Institute (TJI), Pusat Studi Manusia, Lingkungan, dan Teknologi (MLT), Pusat Studi Desa dan Kawasan (PSDK), serta Pusat Studi Daerah Tertinggal, Perbatasan, dan Kepulauan (DTPK). Masing-masing pusat studi ini memiliki kajian yang berbeda-beda.

Pertama, PSW lebih berfokus pada analisis persepsi, peran, dan tantangan yang dihadapi perempuan dan anak dalam dinamika pembangunan bangsa dan negara dengan mayoritas budaya patriarki. Kedua, TJI berfokus pada penelitian dan pengabdian masyarakat multidisipliner dan interdisipliner yang melihat pulau Jawa sebagai entitas spasial, ekologi, sosial, ekonomi, budaya dan sumber dayanya. 

Ketiga, MLT mengkaji aspek-aspek mengenai manusia, lingkungan, dan teknologi. Keempat, PSDK dibentuk agar para dosen SCU dapat turut berperan dalam program-program pengembangan pedesaan dan kawasan. Kelima, DTPK merupakan pusat studi yang berperan dalam mengkaji pengaruh aspek sosial budaya di berbagai daerah yang spesifik membutuhkan eksplorasi lebih lanjut, baik pada aspek makro maupun mikro yang secara konkrit terwujud dalam pembangunan sistem perawatan kesehatan di daerah-daerah tertinggal, perbatasan dan kepulauan.

Melalui kegiatan ini Dr. Yustina Trihoni ND, SH.M.Hum, selaku Kepala LPPM SCU mengajak para dosen muda untuk berkolaborasi bersama  dalam mempertajam keilmuan mereka dalam berbagai penelitian yang dilakukan. 

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Selamat Memperingati Hari Kenaikan Yesus Kristus 

#KenaikanYesusKristus
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Segenap Sivitas Akademika Soegijapranata Catholic University (SCU), turut berduka cita atas meninggalnya Ir. Daniel Hartanto, S.T., M.T (Dosen Program Studi Teknik Sipil)

#RIP
Selamat Hari jadi ke-477 Kota Semarang ✨

#HUTSemarang
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional ✨

#HariPendidikanNasional
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Hari Buruh 2024

#HariBuruh

Share:

More Posts

Send Us A Message