Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

VIRTUAL TALKSHOW “Pengalaman Studi Di Program Magister Teknologi Pangan”

VIRTUAL TALKSHOW “Pengalaman Studi Di Program Magister Teknologi Pangan”

Pada hari Jumat, (04/03) telah dilaksanakan kegiatan Virtual Talk Show Program Magister Teknologi Pangan PMTP) dengan topik “Pengalaman Studi Di Program Magister Teknologi Pangan” diselenggarakan oleh Mahasiswa Magister Teknologi Pangan Universitas Katolik Soegijapranata.

Rangkaian acara dibuka dengan doa yang dipimpin oleh Okti Ruenda. Kegiatan ini berlangsung melalui virtual zoom meeting yang di awali dengan pembukaan oleh Kepala Program Studi Magister PMTP Dr Ir Ch Retnaningsih MP. Kegiatan ini dihadiri kurang lebih 30 peserta yang terdiri dari peserta umum maupun mahasiswa.

Pelaksanaan kegiatan dilanjutkan dengan berdialog dengan alumnus sebagai pembicara pertama Christian Nathaniel H STP MTP dan Diode Yonata STP MTP dengan moderator Dr Ir  Ch Retnaningsih MP.

Perbicangan dimulai dari motivasi mengambil program magister di Unika Soegijapranata. Christian menjelaskan “Jurusan yang dapat menyediakan dua keilmuan yang diminati saya sejak SMA. Saya ingin melanjutkan S2 dan PMTP juga mengakomodasi keinginan dan minat tersebut salah satunya melalui program FastTrack.”

Sedangkan Diode mengatakan “Waktu menempuh kuliah di Unika Soegjipranata lebih fleksibel karena saya bekerja. Waktu menjadi salah satu perhatian khusus, dan Teknologi Pangan S2 yang satu-satunya yang ada di Jawa Tengah adalah PMTP Unika dan Unika memiliki mutu kualitas perkuliahan yang tidak kalah berbeda dengan PTN lainnya.

”Acara dilanjutkan dengan pembahasan Tips n Trick belajar berkuliah di PMTP, Christian menyampaikan “Manajemen waktu adalah hal penting dan berusaha mendalami materi setelah perkuliahan usai. Kunci utama saya adalah mencari topik penelitian yang berhubungan dengan penelitian S1 sehingga tidak harus berlama-lama mencari pustaka,” terangnya.

Sedangkan Diode Yonata menjelaskan “Semua dosen PMTP memiliki kredibilitas yang luar biasa, dan dosen juga memiliki banyak deretan berbagai macam penelitian, sehingga mahasiswa tidak perlu khawatir akan penelitian yang akan dilakukan.”

Kegiatan selanjutnya juga berdialog dengan alumnus sebagai pembicara kedua yaitu Josephine Claretta B STP MTP MSc dan Sonni Kurniawan STP dengan pembahasan pengalaman dan motivasi selama berkuliah di PMTP. Josephine menyampaikan “Saat kuliah melihat program Fast Track dan Double Degree merupakan suatu opportunity yang bagus, dan jika hanya melihat S1 masih butuh belajar lagi, sedangkan saya mengalami saat studi S2 itu lebih intens dan lebih memahami. Saat ditawari Double Degree menjadi kesempatan bagi saya untuk bisa melihat dinamika perkuliahan, perbedaan budaya dan mindset masyarakat di Taiwan, yang mungkin dapat diterapkan nantinya di Indonesia.”

Sedangkan Sonni menjelaskan “Setiap orang memiliki privilege masing-masing, awal saya memulai adalah saat saya masih lulusan S1 dan bagi saya ilmu pengetahuan di dunia kerja masih kurang, sehingga saya memberanikan dan percaya diri untuk mengambil S2 untuk meningkatkan ilmu dan mendalami pengetahuan yang lebih dalam lagi.”

Josephine juga mengungkapkan “Pasti ada segi ilmu yang dapat diterapkan, tetapi juga dari sisi mindsetnya yang dibentuk selama perkuliahan. Kita juga mendapat networking, mengenal orang banyak dan menambah relasi bersama teman teman di PMTP”.

Kaprodi selaku moderator juga menyampaikan “Dengan melanjutkan studi jenjang magister kita semakin bisa mengefektifkan waktu untuk mengatur semaksimal mungkin dan hal itu berdampak hasil yang maksimal. Perlu ditekankan pada diri sendiri tidak usah takut atau ragu walapun juga jika sudah berkeluarga  karena belajar itu tidak mengenal usia dan tidak ada kata terlambat untuk belajar.”

Kegiatan Virtual Talk Show ini meskipun dilakukan secara online, kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik. Tidak kalah seru, di akhir acara juga diadakan mini games dengan menjawab pertanyaan singkat dan tentunya setiap jawaban benar mendapat hadiah GoPay.

Akhir acara ditutup dengan doa penutup yang di pimpin oleh Okti Ruenda selaku ketua panitia. Pelaksanaan acara ini tentu tidak lepas dari upaya dan kerja keras seluruh panitia, penanggungjawab, serta pengawas yang bertugas selama acara. Dan di penghujung acara dilakukan sesi foto bersama.

Semoga kegiatan Virtual Talk Show ini dapat memberikan manfaat kepada semua peserta melalui pengalaman menarik dari pembicara yang hadir. Sampai berjumpa lagi dalam Virtual Talk Show PMTP sesi selanjutnya. (Arg)

 

 

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Nih jawaban buat kalian yang masih bingung benefit beasiswa masuk di SCU dan biaya kuliahnya yang affordable. Kalau udah paham langsung gassss yaa! 

Daftar online
pmb.unika.ac.id 

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H ✨

#IdulAdha
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Gak usah galau SNBT ah, goyangin aja bareng D”CEMESH yuk 🤭

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Mau punya dosen asik - asik + suasana kuliah yang joyful? Yuk, buktikan sekarang!

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Namanya proses ada aja lika likunya, tapi jangan sampai salah pilihan, karna hanya SCU yang nyenengin ☺️ 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Hola ✨ yuk manfaatkan kesempatan mendapatkan Beasiswa Christian Youth di SCU. 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kuliahnya seasik ini di @dkvscu, tempat yang tepat buat explore kreativitasmu 🫰

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#DKV
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
This error message is only visible to WordPress admins
There has been a problem with your Instagram Feed.

Share:

More Posts

Send Us A Message