Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Unika Sebagai Host International Conference ELFA 2021

“Unika Soegijapranata beberapa waktu lalu telah menyelenggarakan kegiatan International Conference, yang dalam kegiatan tersebut Unika telah ditunjuk sebagai host. International Conference ini diselenggarakan oleh E-Learning Forum Asia (ELFA) yang pelaksanaannya sudah yang ke-16, dan dipercayakan kepada Unika Soegijapranata sebagai host”, papar Dr Heny Hartono SS MPd sebagai Ketua panitia penyelenggara International Conference saat dijumpai di sela-sela kegiatan, pada awal Bulan Desember 2021.

Lebih jauh, Dr Heny menjelaskan kegiatan International Conference ini sebelumnya selalu offline, dan baru penyelenggaraan tahun ini yang pertama kali dilaksanakan secara online. Sedangkan penyelenggaraan International Conference oleh ELFA di Indonesia juga baru pertama kalinya, kebetulan Unika Soegijapranata ditunjuk untuk menjadi host-nya.

“Acara yang diselenggarakan selama dua hari ini, terbuka bagi bagi anggota ELFA maupun setiap orang pemerhati pendidikan dan juga e-learning,” lanjutnya.

Tema yang dipilih adalah ‘Augmenting the Virtual Environment’ lalu ada pula di dalamnya, technology, innovation, humanity. Tema tersebut dipilih supaya setiap orang yang terlibat didalamnya bisa merefleksi sejauh mana selama pandemi bisa digunakan sebagai supporting tools.

Untuk peserta International Conference awalnya adalah sekitar 100 peserta, tetapi antusiasmenya sangat tinggi sehingga jumlahnya meningkat menjadi 166 yang mengirimkan abstract, namun oleh panitia hanya diambil  149 saja meski sebetulnya semua materi sangat berkualitas.

Sedangkan jumlah peserta non presenter adalah sekitar 713 peserta yang masuk melalui attendify. Dengan attendify para peserta ini bisa memilih room  dalam 3 plenary session yang ingin diikuti, dan ditawarkan sebanyak 10 room dalam setiap plenary session.

Kebanyakan para peserta mengikuti di masing-masing room yang ternyata pelaksanaan kegiatan diskusinya cukup seru, “Hal tersebut mungkin karena  yang mengikuti acara bukan hanya karena harus presentasi  tetapi juga memiliki perhatian dan ketertarikan terhadap e-learning,” jelas Dr Heny.

Pelaksanaan kegiatan International conference ini juga didukung dan menjalin kerjasama dengan United Board  for Christian Higher Education in Asia. Jadi Unika Soegijapranata adalah perguruan tinggi yang pertama masuk ke dalam ELFA dan ditunjuk sebagai host dalam penyelenggaraan International conference ini, terang Dr Heny saat menjelaskan jumlah perguruan tinggi yang tergabung dalam E-Learning Forum Asia (ELFA).

“Dengan jejaring ini, kita jadi punya banyak kesempatan untuk mengenal partner atau mitra dari luar negeri, khususnya yang di Asia dan dari situ kita juga punya kesempatan untuk melakukan kolaborasi-kolaborasi untuk kesempatan yang akan datang,” tandasnya.

Dalam kegiatan ini juga diumumkan beberapa penghargaan yang diberikan kepada para peserta yang terpilih dalam beberapa kategori. Kategori pertama adalah Community Outreach Award (2021), Gold Award diberikan kepada Peter, Ng (Hongkong Polytechnic University), Silver Award diberikan pada Theresa, Kwong (Centre For Holistic Teaching and Learning, Hongkong Baptist University), dan  Bronze Award diraih oleh Kamolrat. Intaratat (CCDKM, STOU).

Sedangkan kategori Exemplary Teaching and Learning Award (2021), untuk Gold Award diterima oleh Wong, Yau Hsiung (Taylor’s University), Silver Award  diraih oleh Wing Yong, Foo (Institute of Technical Education), dan Bronze Award diberikan kepada Christopher, See (The Chinese University of Hongkong).

Untuk kategori Technology Innovation Award (2021), para pemenang yang terpilih adalah Gold Award diberikan kepada Dongkun, Han (The Chinese University of Hong Kong), selanjutnya Silver Award diberikan pada Jessie, Tan (Ngee Ann Polytechnic), dan Bronze Award diraih oleh Chee Leung, Mak (The Hong Kong Polytechnic University), (FAS)

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Stop Galau! Masih ada Beasiswa Masuk di SCU, buruan! Gak pake tes cuma pakai nilai rapor ajah 😁

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kata siapa abis kuliah nganggur? Buktinya lulusan SCU kurang dari 2 bulan aja buat dapetin kerja! Jadi, masih ragu kuliah di SCU?

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Merayakan Paskah, Penuh Sukacita ✨

#Paskah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Jumat Agung 

#JumatAgung
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning

Share:

More Posts

Send Us A Message