Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Temu Alumni 2022: SARAS 01 – Sambung Rasa Alumni dengan Dunia Kerja

Pada hari Kamis tanggal 20 Januari 2022, Lembaga Pengembangan Mahasiswa dan Alumni (LPMA) yang dikepalai oleh Dr. Siswanto, M.Si, Psikolog mengadakan temu alumni di awal tahun 2022. Kegiatan yang digawangi oleh Pusat Karir Mahasiswa dan Alumni atau SSCC ini mengangkat issue yang terjadi pada lulusan Unika sekitar 2-3 tahun ini.

Berawal dari evaluasi SSCC atas hasil tracer study yang menggambarkan kondisi terkini dari alumni, dimana terdapat sekian ratus lulusan yang belum mendapatkan pekerjaan dalam kurun waktu 6 bulan. Kondisi ini oleh LPMA dijadikan topik utama pada temu alumni, yang mempertemukan alumni yang telah bekerja dan yang belum, serta peluang-peluang usaha dengan menghadirkan Center of Soegijapranata Enterpreunership – CSE. Tampak pula dalam temu alumni ini, salah satu penggiat kepemudaan yaitu ibu Dr. Retnaningsih, dosen Fakultas Teknologi Pertanian.

Pak Siswanto membuka temu alumni ini dengan harapan bahwa antar alumni akan dapat menjadi penggerak jejaring alumni di tiap program studi, bahkan di tingkat universitas. “Mari kita kembali pada almamater kita, menjaga nama Unika dan bangga menjadi alumni dengan turut membangun Unika melalui sumbang saran kepada adik-adik mahasiswa ataupun alumni,” sambut beliau pada saat opening.

Sedangkan Ikatan Alumni Soegijapranata yang diwakili oleh mas Andy Sutanto, ST., menyatakan kegembiraannya akan adanya temu alumni SARAS 01 ini. Sebuah kegiatan yang berkesinambungan antara pihak mahasiswa – perguruan tinggi – lulusan dan dunia kerja. Bahwasanya dunia kerja sangat membutuhkan sumber daya manusia yang berkarakter dan memiliki soft skills baik.
“Bahkan terkadang perusahaan itu tidak terlalu memperhatikan latar belakang pendidikan kita (program study) setelah kita mampu menujukkan perilaku dan semangat yang baik. Seperti halnya saya yang berlatang belakang teknik-sipil, juga memperoleh kesempatan untuk dapat mengelola mengkoordinir SDM, lalu dirotasi lagi untuk dapat mengelola area yang berbeda, meskipun latar belakang pendidikan juga akan tetap dipakai.”

Kegiatan yang ini juga menghimpun permasalahan yang dialami oleh lulusan saat mereka mencari kerja, dengan memberikan presensi yang berisi pula umpan balik tantangan yang dihadapi saat mencari dan memulai kerja. “Ayo, siapa yang saat wawancara kurang PD?” pancing bu Yoel – mengawali sambung rasa itu. Pada umumnya menyatakan kalau kurang PD, nerveous, dada berdegup lebih kencang dan lain-lain. Dari pernyataan alumni yang merespon umpan balik juga ada yang menyatakan kalau mereka kebingungan menuliskan ‘pengalaman kerja’ pada curriculum vitae karena mereka fresh graduate. Atau beberapa alumni juga menuliskan bahwa ketrampilan yang dimiliki kurang mencukupi untuk lowongan kerja yang diinginkan.

Alumni juga berharap adanya temu alumni dengan mendatangkan para alumni yang sudah bekerja dan memberikan bimbingan tentang berbagai hal seperti: bagaimana menghadapi wawancara kerja, memberikan tips saat membuat CV bagi yang belum memiliki pengalaman kerja, serta hal-hal lain yang diperlukan oleh alumni. Selain itu, universitas maupun alumni juga berbagi info lowongan kerja.
Adanya usulan ini, Kepala SSCC juga telah memberikan keterangan bahwa untuk alumni yang menjadi mentor atau berbagi pengalaman kerja, sudah dijembatani oleh SSCC melalui Pelatihan Soft Skills siap kerja. Sedangkan untuk info lowongan kerja, juga sudah disediakan dengan sarana web unika.ac.id kolom Info Karir, serta melalui FB-IG ssccunikasoegijapranata ataupun IG karierku.unikasoegijapranata.

Pada kesempatan ini, dilakukan pula pengundian souvenir bagi alumni yang telah mengisi / merespon tracer study 2021. Aplikasi tracer study memberikan data bahwa sebanyak 1.105 alumni dari lulusan tahun 2017-2020 yang merespon pada tahun 2021. Perlu diketahui pula bahwa tracer study yang dilakukan tiap tahun ini sangat dibutuhkan bagi program study/ fakultas serta universitas dalam rangka evaluasi kurikulum, penilaian kinerja serta berbagai hal dalam pembinaan soft skills mahasiswa.

Kegiatan yang dimulai pukul 15.10 ini berakhir pada pukul 16.30 dengan berbagai catatan untuk menjadi agenda yang akan datang oleh LPMA. Temu Alumni atau SARAS 02 diharapkan dapat dilaksanakan pada bulan Juni-Juli dengan topik / pembahasan yang aktual dan semakin diminati oleh alumni. (sscc-yoel)

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Nih jawaban buat kalian yang masih bingung benefit beasiswa masuk di SCU dan biaya kuliahnya yang affordable. Kalau udah paham langsung gassss yaa! 

Daftar online
pmb.unika.ac.id 

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H ✨

#IdulAdha
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Gak usah galau SNBT ah, goyangin aja bareng D”CEMESH yuk 🤭

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Mau punya dosen asik - asik + suasana kuliah yang joyful? Yuk, buktikan sekarang!

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Namanya proses ada aja lika likunya, tapi jangan sampai salah pilihan, karna hanya SCU yang nyenengin ☺️ 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Hola ✨ yuk manfaatkan kesempatan mendapatkan Beasiswa Christian Youth di SCU. 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kuliahnya seasik ini di @dkvscu, tempat yang tepat buat explore kreativitasmu 🫰

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#DKV
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
This error message is only visible to WordPress admins
There has been a problem with your Instagram Feed.

Share:

More Posts

Send Us A Message