Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Program Studi Teknologi Pangan Mempersiapkan Lulusan dengan Skill Mumpuni Melalui Lab Skill Workshop

Program Studi Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Unika Soegijapranata mengadakan Lab Skill Workshop yang diadakan pada tanggal 22-26 Agustus 2022 khusus mahasiswa S1 Teknologi Pangan dengan Konsentrasi Food Technology and Innovation, serta Nutrition and Culinary Technology angkatan 2019 hingga angkatan 2017-2018. Workshop ini diadakan di Kampus BSB Unika Soegijapranata selama 5 hari dengan 5 tema workshop yang berbeda setiap harinya. Kegiatan Lab Skill dalam satu hari diadakan di satu laboratorium. Kemudian kegiatan workshop terbagi dalam 2 kloter atau sesi dalam satu harinya dengan kapasitas 50 mahasiswa per laboratorium.

  • Sesi Pertama atau batch 1 diadakan pukul 09.00-12.00
  • Sesi Kedua atau batch 2 diadakan pukul 13.00-16.00

 

FTP menyiapkan 5 laboratorium yang secara menyeluruh merupakan bidang atau klaster riset yang penting dalam industri pangan, seperti:

  1. Laboratorium Eksperimen
  2. Laboratorium Mutu dan Keamanan Pangan
  3. Laboratorium Rekayasa dan Pengolahan Pangan
  4. Laboratorium Mikrobiologi dan Bioteknologi Pangan
  5. Laboratorium Kuliner dan Bakery

 

Workshop ini juga diadakan untuk mempersiapkan lulusan Teknologi Pangan khususnya agar dapat memasuki dunia kerja dengan penuh kesiapan. Selaras dengan yang diucapkan Mellia Harumi S.TP., M.Sc menyatakan bahwa “Secara menyeluruh workshop ini membahas mengenai skill-skill yang diperlukan oleh lulusan Teknologi Pangan untuk menyiapkan mahasiswa memasuki dunia kerja.”

Workshop yang diadakan oleh FTP ini mempunyai banyak sekali manfaatnya yaitu untuk mengenalkan kepada mahasiswa mengenai peralatan dan metode laboratorium sekaligus mendapatkan E-certificate. Mellia juga menargetkan angkatan 2019 ke atas untuk mengikuti Lab Skill ini. Hal ini berkaitan dengan adanya beberapa praktikum yang sempat berlangsung secara online pada saat pandemi, sehingga pihak FTP menyusun kegiatan Lab Skill untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa terkait “Hands on experience.”

“Dengan diadakannya kegiatan ini mampu memberikan pengalaman kepada mahasiswa terkait hand on experience. Sehingga lulusan teknologi pangan bisa fasih untuk bekerja di laboratorium menggunakan berbagai alat-alat yang ada di laboratorium, alat-alat analisis pangan, serta alat-alat sintesis beberapa produk pangan, yang bisa menjawab tantangan atau kebutuhan di industri pangan nantinya.” tutur Mellia

Kegiatan workshop ini harapannya dapat memupuk mahasiswa menjadi lulusan Teknologi Pangan yang mumpuni, khususnya mengenai skill laboratorium. Skill ini menjadi sangat penting untuk dimiliki oleh setiap mahasiswa lulusan FTP Unika Soegijapranata. Skill laboratorium ini juga menekankan mengenai operasi dan prinsip alat-alat analisis di laboratorium di Teknologi Pangan. Pengalaman-pengalaman ini dihadirkan oleh pihak program studi Teknologi Pangan Unika Soegijapranata agar setiap mahasiswa memahami dengan baik serta menemukan experience secara langsung. Sehingga lulusan FTP Unika Soegijapranata mampu menjadi lulusan yang memiliki skill yang mumpuni sehingga siap bersaing di dunia kerja dengan siapapun serta mampu berkembang dengan pesat. (Kris)

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Selamat Memperingati Hari Kenaikan Yesus Kristus 

#KenaikanYesusKristus
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Segenap Sivitas Akademika Soegijapranata Catholic University (SCU), turut berduka cita atas meninggalnya Ir. Daniel Hartanto, S.T., M.T (Dosen Program Studi Teknik Sipil)

#RIP
Selamat Hari jadi ke-477 Kota Semarang ✨

#HUTSemarang
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional ✨

#HariPendidikanNasional
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Hari Buruh 2024

#HariBuruh

Share:

More Posts

Send Us A Message