Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

PPI Bahas Metode Geoframe dalam Forum Diskusinya

 

Sebuah acara Forum Diskusi Bulanan yang diselenggarakan oleh Program Studi Program Profesi Insinyur (PPI) berkolaborasi dengan Kelompok Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil (KMTS) Fakultas Teknik Unika Soegijapranata telah diselenggarakan pada Kamis (10/2) secara daring melalui ruang virtual Unika, dengan tema “Penggunaan Metode Geoframe Pada Tanah Berkontur Di Kawasan Proyek Pembangunan Perumahan BPI Housing Batang.”

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut Whisnu Alam Tirtana ST sebagai Project Produksi Manager pada PT Adhi Persada Gedung beserta moderator acara diskusi oleh Dr Ir Florentinus Budi Setiawan MT yang merupakan dosen PPI Unika.

Dalam sambutannya, Ir Widija Suseno MT sebagai Koordinator kegiatan Forum Diskusi, kembali menegaskan perlunya asupan pengetahuan di luar perkuliahan yang bersifat terapan di lapangan untuk memperkuat khasanah pengetahun dan wawasan keahlian.

“Kondisi pandemi covid-19 yang belum usai di Indonesia telah mendorong perkuliahan di PS PPI Unika Soegijapranata dilakukan secara online. Dan dalam kondisi tersebut, maka PS PPI Unika masih membuka kesempatan bagi peminat studi PPI untuk bisa bergabung, karena perkuliahan masih secara online meski para mahasiswa berada di luar Jawa,” ungkapnya.

Sedang narasumber dalam acara forum diskusi ini mengawali paparannya mengenai teknis perencanaan dan pelaksanaan proyek agar selesai tepat waktu atau sesuai kontrak.

“Keberhasilan project itu tergantung pada tiga hal, yaitu mutu, biaya dan waktu. Sedangkan untuk mutu dan waktu adalah menjadi tanggungjawab saya selaku Project Produksi Manager (PPM),” kata Whisnu.

Dan project yang dibangun di area kecamatan Kondeman, Kabupaten Batang adalah perumahan yang akan diperuntukkan bagi karyawan PLTU Batang sebanyak kurang lebih 100 unit.

Di area tersebut, tanahnya berkontur sehingga kita menggunakan metode perkuatan lereng Geoframe. Sedangkan struktur Geoframe bersifat go green yang bisa ditanami tumbuhan rambat, oleh karena itu diterapkan pada perumahan supaya terlihat lebih alami, lanjutnya.

Disamping itu dengan metode Gepframe ini dari sisi biaya relatif lebih murah dibanding pondasi batu kali.

Hal lain, Geoframe ini juga berfungsi menstabilkan lereng dengan menahan gaya pada lereng, sebagai penahan lapisan tanah dan penyaring agar butiran tanah tidak teresorsi serta memungkinkan air keluar dari sistem dinding Geoframe dan sebagai material pembeku.

Adapun metode Geoframe sendiri, terdiri dari tiga pokok, yaitu (1) geoframe sebagai penutup permukaannya (facing), (2) Geosintetik Enkagrid untuk penjangkaran, dan (3) Geosintetik Geotekstil non-woven, sebagai separator penahan tanah, jelas Whisnu.

Pada tahap persiapan lahan, tahap awal kita perlu melakukan clearing area. Selanjutnya, area existing digali dengan jarak per 10 meter dari sebelah kiri. Kabaikan dari sistem Geoframe ini sudut kemiringannya itu mendekati tegak atau tidak memerlukan kemiringan yang ekstrem, jadi seperti tanah yang alami, pungkasnya. (FAS)

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Stop Galau! Masih ada Beasiswa Masuk di SCU, buruan! Gak pake tes cuma pakai nilai rapor ajah 😁

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kata siapa abis kuliah nganggur? Buktinya lulusan SCU kurang dari 2 bulan aja buat dapetin kerja! Jadi, masih ragu kuliah di SCU?

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Merayakan Paskah, Penuh Sukacita ✨

#Paskah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Jumat Agung 

#JumatAgung
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning

Share:

More Posts

Send Us A Message