Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Peneliti Kolaborasi Unika Implementasikan Software Fin@count bagi UMKM

Unika Soegijapranata menyelenggarakan kegiatan Evaluasi dan Implementasi Software Fin@count bagi UMKM di wilayah Semarang pada hari Selasa (2/11) bertempat di Hotel Grand Candi Semarang.

Kegiatan ini merupakan penutup rangkaian pelatihan akuntansi dan keuangan bagi UMKM yang secara kontinyu diselenggarakan dalam tiga tahun terakhir, demikian disampaikan oleh Ketua Tim Penelitian Kolaborasi Unika Soegijapranata Dr Agnes Advensia C SE MSi Akt.

“Terealisasinya rangkaian pelatihan akuntansi dan keuangan bagi UMKM ini, merupakan hasil kolaborasi penelitian dari tim Program Studi Akuntansi yang dilakukan oleh saya sebagai ketua tim, bersama tim lainnya yaitu Vena Purnamasari SE MSi CPMA CPA , Alexandra Adriani Widjaja SE MSi Ak CPA, dan Stephana Dyah Ayu, S.E., M.Si, berkolaborasi dengan Program Studi Teknik Informatika  bersama Robertus Setiawan Aji N ST MComIT PhD yang didanai oleh Ristek Dikti, mengambil bentuk service learning,” papar Dr Agnes Advensia.

Disamping itu model ini juga mengintegrasikan penelitian dosen, pembelajaran mahasiswa dan pelatihan kepada para pelaku UMKM. Kegiatan ini juga dapat meningkatkan suasana joyfull learning dalam pembelajaran mahasiswa, output kegiatan diharapkan membantu UMKM bertahan terutama di masa Pandemi Covid-19.

Dengan tetap menggunakan prokes yang ketat, diskusi mengenai kondisi keuangan UMKM yang tercermin dari output software yang sudah diimplementasikan, berjalan dengan lancar dalam suasana kekeluargaan, lanjutnya.

Sementara Amadea Tirza, sebagai salah satu mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ini juga merasakan manfaat dari service learning ini. “Menyusun laporan keuangan dari nol bagi UMKM yang sama sekali tidak mempunyai sistem pencatatan dan pelaporan itu sesuatu banget,” ungkapnya.

Kami dapat mengalami sendiri aplikasi teori dalam praktek. Selain itu dengan kegiatan nyata terjun ke masyarakat mendampingi UMKM, dirasakan sangat berguna mengasah softskill mahasiswa seperti kesabaran, ketelitian dan komunikasi, pungkasnya. (FAS)

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Selamat Memperingati Hari Kenaikan Yesus Kristus 

#KenaikanYesusKristus
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Segenap Sivitas Akademika Soegijapranata Catholic University (SCU), turut berduka cita atas meninggalnya Ir. Daniel Hartanto, S.T., M.T (Dosen Program Studi Teknik Sipil)

#RIP
Selamat Hari jadi ke-477 Kota Semarang ✨

#HUTSemarang
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional ✨

#HariPendidikanNasional
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Hari Buruh 2024

#HariBuruh

Share:

More Posts

Send Us A Message