Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

My Happiness, My Way : Pelatihan Soft Skills Siap Kerja SSCC

Setelah mendapatkan 3 konsep bahagia, maka mahasiswa diminta untuk dapat menggambarkan kehidupan mereka, menganut “bahagia” dengan type siapa. Kembali ditampilkan tentang kebahagiaan – happiness, yaitu: Authentic Happiness, Happiness at Work dan IKIGAI. Itulah 3 konsep tentang bahagia.

Selanjutnya, bahagia menurutku adalah bahagia dengan caraku – dengan jalanku. Tidak ada satupun konsep yang diterapkan secara 100% utuh. Karena dalam kehidupan itu hanya dapat dilihat sebuah kecenderungan saja. Seperti halnya dalam IKIGAI, dimana ada 4 irisan kehidupan, apakah hanya mementingkan passion atau mementingan karir. Atau saat seseorang dapat menggambarkan tentang authentic happiness-nya, dia akan tetap berada pada irisan ikigai yang mungkin tidak terpikirkan. Sedangkan yang bahagia dengan setiap pekerjaan yang dilakukan, itupun dimungkinkan berada dalam irisan ikigai tertentu.

Pelatihan menjadi sangat interaktif ketika dimulai dengan pembahasan. Secara acak, fasilitator memancing satu dua mahasiswa untuk dapat mengidentifikasikan dirinya berada dengan cara menurut mereka. Lalu mahasiswa lainpun akan memberikan pendapatnya, menanyakan sesuatu dan hal-hal lain yang berkaitan dengan bahagia versi mereka.

Krisnawan, salah satu mahasiswa yang menyampaikan bahwa bahagia menurut dia adalah dapat bangun tidur dan proyek sudah selesai. Ketika diminta untuk menjelaskan lebih lanjut, ternyata mahasiswa ini sudah bekerja sambil kuliah. “Saya bahagia jika dapat bangun tidur siang hari, skitar jam 10 bu, tapi udah gak mikir tentang project lagi, karena sudah saya selesaikan sampai subuh meskipun deadline adalah 1 hari besok,” jelasnya. Artinya, menurut  Krisnawan, dia bahagia jika dapat menyelesaikan tugas-tugasnya jauh sebelum batas waktu, lalu dapat menikmati dengan istirahat lebih panjang.

Beda dengan Krisnawan, temannya yang lain mengekspresikan bahagia menurutnya dengan lebih sederhana lagi. Seperti Flo, yang bahagia jika dapat membantu ibunya berjualan meskipun hanya dengan membantu membungkus makanan. “Saya seneng banget men-stapless bungkus makanan dagangan ibu saya bu. Karena tugas saya banyak, tapi sambil belajar dan menyelesaikan tugas, saya bisa juga tetap mbantuin ibu… hehehe…”.

Bahagia menurutku – bahagia dengan jalanku, akan lebih diperdalam lagi bagi mahasiswa, ketika mereka memulai hal-hal baru saat mereka mulai bekerja. Untuk itu, tugas utama dari materi ini adalah semakin memahami diri sendiri untuk dapat melangkah lebih lanjut. (sscc-yoel)

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Selamat Memperingati Hari Kenaikan Yesus Kristus 

#KenaikanYesusKristus
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Segenap Sivitas Akademika Soegijapranata Catholic University (SCU), turut berduka cita atas meninggalnya Ir. Daniel Hartanto, S.T., M.T (Dosen Program Studi Teknik Sipil)

#RIP
Selamat Hari jadi ke-477 Kota Semarang ✨

#HUTSemarang
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional ✨

#HariPendidikanNasional
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Hari Buruh 2024

#HariBuruh

Share:

More Posts

Send Us A Message