Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Mahasiswi Arsitektur Unika Soegijapranata Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional

Talenta pro patria et humanitate, spirit yang dihidupi Unika Soegijapranata inilah yang juga hidup dalam seorang Velicha Elenagaretha Ami, mahasiswa prodi arsitektur 2018. Melalui talenta dan kegemarannya di bidang arsitektur, Velicha mampu memberikan ide dan gagasan terbaiknya dalam menanggapi permasalahan yang ada di desa adat kampung Takpala, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur.

Velicha mengikuti sebuah perlombaan karya tulis ilmiah dengan subyek arsitektur vernakular tingkat nasional. Gadis kelahiran Singkawang berhasil menyabet juara satu di tingkat nasional. Lomba tersebut diadakan oleh Yayasan Profesor Gunawan Tjahjono dengan tenggat waktu pengumpulan karya tulis 10 Juni – 10 Agustus 2022 dan total hadiah sebesar Rp. 36.500.000.

“Menurut saya, arsitektur itu tidak hanya desain saja tetapi ada juga karya tulisnya. Karena kebetulan dari dulu SMA saya ingin ikut lomba karya tulis. Oleh karena itu, dengan mengikuti lomba ini bisa juga mengasah saya tentang penulisan ilmiah,” terangya.

Velicha menyampaikan, bahwa sebenarnya hasil karya tulis ini merupakan bagian penelitian skripsi yang sudah digarap pada tahun 2021 lalu. Sehingga, ia tinggal meringkas sedikit menjadi karya tulis yang akan dilombakan. Subjek penelitian pada karya tulisnya adalah desa adat kampung Takpala, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur.

Adapun judul karya tulis ilmiah yang diusung adalah “Mitigasi Kebencanaan dalam Tata Ruang di Kampung Takpala”. Velicha ketika survey ke lokasi mendapat informasi dari penduduk setempat apabila daerah Alor kerap terjadi bencana alam. Kemudian, ia melakukan analisa melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Alor untuk mendapati data.

“Saya tertarik dengan keadaan Alor yang sebenarnya bisa dibilang pusat bencana. Dalam analisa saya ketika di BPBD Kabupaten Alor terdapat sepuluh bencana alam yang intensitasnya terjadi setiap tahun, bahkan gempa bumi terjadi minimal tiga kali dalam setahun. Berangkat dari keadaan bencana itu saya berpikir, kenapa rumah-rumah di Alor ini dan kondisi orang-orangnya bisa terbiasa atau bisa dibilang tidak panik ketika bencana terjadi,” ucapnya.

“Lalu, saya ada kesempatan untuk berkunjung ke salah satu desa adat yaitu kampung Takpala. Jadi, Takpala ini sudah cukup terkenal karena desa ini adalah desa adat. Kemudian, yang menarik adalah ketika sering terjadi gempa kampung ini tidak hancur tapi malah bertumbuh,” sambungnya.

Setelah Velicha berdinamika dengan penduduk setempat, hal yang menarik yang ia temui yakni para penduduk setempat mempunyai kebudayaan adat dengan menggunakan misba untuk acara adat dan area persembahan. Misba merupakan susunan batuan andesit yang disusun melingkar atau temuleng. Misba biasanya berfungsi sebagai area persembahan dan upacara adat. Pada bagian tengah misba terdapat beberapa batuan tegak (Menhir) yang melabangkan jumlah suku yang tedapat di wilayah tersebut.

Melalui Misba dan budaya adat dari penduduk desa Takpala, Velicha mencoba untuk merepresentasikan dengan mitigasi kebencanaan. Mitigasi sendiri ialah upaya yang dilakukan untuk mengurangi risiko dan dampak yang diakibatkan oleh bencana terhadap masyarakat di kawasan rawan bencana, baik itu bencana alam, atau akibat ulah manusia. Sebab mitigasi kebencanaan menurut penelitiannya terdapat tiga tahapan berupa prabencana, tanggap darurat, dan pasca bencana. Terdapat aspek penting yang perlu diperhatikan ketika mitigasi yakni mengenai sistem komunikasi untuk menyampaikan kondisi tanggap darurat serta memiliki peranan penting dalam menyebarkan informasi mengenai kondisi. Selain itu, sistem aksesibilitas sebagai penghubung setiap zona harus mudah diakses dan aman, sehingga mempermudah proses evakuasi.

Oleh karena itu, terbentuknya sistem tata ruang kampung Takpala serta pemanfaatan ruang komunikasi yang menghubungkan setiap bangunan mendorong untuk memenuhi aspek mitigasi. Hal ini terlihat dari sistem komunikasi yang berpusat di misba. Maka hasil penelitian yang disusun Velicha, melalui tata ruang di kampung Takpala yang mendukung proses mitigasi dan menjaga komunikasi dapat memberikan dampak positif saat terjadi bencana. Sehingga tidak menimbulkan kepanikan saat proses evakuasi terjadi, bahkan evakuasi terjadi secara alamiah dengan berkumpulnya masyarakat di satu titik. Alhasil, memberikan kesempatan bagi masyarakat kampung Takpala mampu bertahan menghadapi bencana alam.

“Mengacu sesuai dengan salah satu Visi dari program studi Fakultas Arsitektur dan Desain, yang mendorong mahasiswa untuk terus berprestasi. Jadi kami patut bangga dengan hasil yang telah dicapai Velicha atau Icha ini. Maka setidak dengan prestasi yang dicapai nantinya dapat mengisi portofolio atau mendapatkan pekerjaan yang baik,” terang Sekprodi Arsitektur, Gustav Anandhita S.T., M.T.

[Humas Unika Soegijapranata/Dim]

 

Sumber: FB. Gustav Anandhita

 

 

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Selamat Memperingati Kamis Putih 

#KamisPutih
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#joyfullearning
Nongsik #1
Kenapa SCU? Menurut kamu kenapa? 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat dan Sukses atas Kelulusan Ujian Doktor Ilmu Manajemen Dr. Bhimo Widyo Andoko. S.H., M.H di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. 

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Seru banget nih, lomba Mathematic Logic Competition 2024 yang diikuti dari berbagai pelajar SMA/SMK/Sederajat tingkat Pulau Jawa, sampai membekas di hati salah satu peserta gara-gara mbak MC. hihihi 🤭 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#TeknikInformatika
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Ayoooookk!!!! Gak usah ragu! Karena kamu bisa dapetin berbagai macam beasiswa masuk tanpa tes dengan benefit biaya kuliah semester yang udah include semuanya lho. Share ke temen-temen kamu informasi ini yaa. Kalau mau konsultasi lebih lanjut  DM mimin ya 😍

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning

Share:

More Posts

Send Us A Message