Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

LLDIKTI 6 Menerima 8 Mahasiswa Magang Dari Unika Soegijapranata

Pada Senin pagi tanggal 17 Januari 2022, telah dimulai kegiatan magang untuk kurun waktu 3 bulan di LLDIKTI wilayah VI. Bertempat di ruang meeting LLDIKTI di jalan Pawiyatan Luhur I No.1, Bendan Duwur, Gajahmungkur, Bendan Duwur, Semarang, sebanyak 8 mahasiswa Unika dari berbagai program study memulai magang mereka.

Didahului dengan briefing awal, 8 mahasiswa yang menggunakan hem putih dan bawahan gelap tersebut tampak agak gugup. Kemudian mereka melakukan pengenalan ruangan dan area yang ada di kantor LLDIKTI. Hampir tiap divisi didatangi, begitu juga dengan fasilitas olah raga dan seni. Setelah itu, mahasiswa menuju ruang masing-masing divisi untuk memulai magang mereka.

Pengenalan awal adalah mempelajari tentang LLDIKTI wilayan VI, berikut dengan jobdes mereka sesuai dengan fungsinya. Melalui supervisi dari PIC ataupun langsung kepala divisinya, mahasiswa mulai melakukan praktik kerja sesuai dengan latar belakang program studi mereka.

Kegiatan magang ini bermula dari kontak kerja biasa antara Humas LLDIKTI dengan Pusat Karir Mahasiswa dan Alumni Unika atau lebih dikenal dengan nama SSCC, yaitu ibu Yuliana. Bulan Desember lalu, bertepatan dengan VUJIF ke 5 (Virtual Job Fair Unika yang ke-5), bapak Natanael – humas LLDIKTI menyampaikan bahwa LLDIKTI membuka lowongan mahasiswa magang untuk kurang lebih 3-6 bulan. Gayung bersambut, SSCC sendiri juga sedang mencarikan tempat magang bagi mahasiswa yang akan mengisi waktu jeda semester gasal – genap.

Poster segera dibuat dan dipublikasikan secara internal di kampus Unika melalui IG-FB SSCCunikasoegijapranata, IG karierku.unikasoegijapranata dan WAgrup mahasiswa-ormawa, sehingga SSCC sendiri mengalami kewalahan menerima lamaran dari mahasiswa yang jumlahnya puluhan. Kemudian dilakukanlah desk evaluation terlebih dulu, agar yang diundang wawancara kerja /job interview adalah yang benar-benar lolos seleksi. Kemudian di awal Januari tahun 2022, dilakukanlah job interview secara online oleh masing-masing user di LLDIKTI sesuai fungsinya. Job interview online ini dikelola oleh SSCC sejak pukul 08.00 sampai dengan 12.00 pada tanggal 3 Januari.

Kedelapan mahasiswa yang terjaring dalam Magang ini adalah :

  1. Hierro Megantara (NIM. 17.N1.0022), Fungsi Kelembagaan
  2. Enrico Aurelius Salim (NIM. 19.K1.0014), Fungsi Kelembagaan
  3. Airlangga Anantya W (NIM. 19.M1.0077), Fungsi Humas
  4. Riskyana Kusumawardani (NIM. 19.M1.0057), Fungsi Humas
  5. Kirana Pridyaningrum (NIM. 19.D1.0168), Fungsi Sarpras
  6. Maria Mariana (NIM. 19.D1.0211), Fungsi HKTL
  7. Verena Leony Kartika (NIM. 19.E1.0117), Fungsi HKTL
  8. Samuel Wahyu Kristianto (NIM. 19.N1.0004), Fungsi Kemahasiswaan


Menurut kedelapan mahasiswa tersebut menceritakan pengalaman 5 hari pertama mereka ke SSCC ke dalam sebuah tulisan, disertai dengan foto saat mereka berada di area kerja LLDIKTI. Umumnya, mereka sangat gugup dan belum mengerti bagaimana harus bekerja. Namun atas arahan dari para Supervisor, mereka mulai memahami akan langkah-langkah yang harus diambil. “Kami mencoba untuk berdamai dengan waktu, harus bangun pagi karena sekarang kami harus magang. Tahu susahnya cari uang”, ucap salah satu mahasiswa magang.

Kepala Pusat Pengembangan Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian – pak Marlon Leong, mengatakan bahwa magang seperti ini merupakan kesempatan emas bagi mahasiswa dalam mengembangkan dan mengasah soft skills mereka di dunia kerja secara nyata. “Dengan bekal pengalaman bekerja – berinteraksi dengan orang lain selama kurang lebih 3-6 bulan, mahasiswa akan lebih siap lagi memasuki dunia kerja yang sebenarnya setelah dia lulus.”

Magang ini merupakan magang pertama kali yang dihadirkan Unika oleh SSCC secara terbuka dan langsung bekerja sama dengan instansi magang. Ke depan, LLDIKTI akan mengevaluasi kerjasama magang ini dan diharapkan akan berkelanjutan ke mahasiswa yang lain di periode mendatang. (yoel-sscc)

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Nih jawaban buat kalian yang masih bingung benefit beasiswa masuk di SCU dan biaya kuliahnya yang affordable. Kalau udah paham langsung gassss yaa! 

Daftar online
pmb.unika.ac.id 

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H ✨

#IdulAdha
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Gak usah galau SNBT ah, goyangin aja bareng D”CEMESH yuk 🤭

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Mau punya dosen asik - asik + suasana kuliah yang joyful? Yuk, buktikan sekarang!

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Namanya proses ada aja lika likunya, tapi jangan sampai salah pilihan, karna hanya SCU yang nyenengin ☺️ 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Hola ✨ yuk manfaatkan kesempatan mendapatkan Beasiswa Christian Youth di SCU. 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kuliahnya seasik ini di @dkvscu, tempat yang tepat buat explore kreativitasmu 🫰

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#DKV
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
This error message is only visible to WordPress admins
There has been a problem with your Instagram Feed.

Share:

More Posts

Send Us A Message