Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Kuliah Kerja Nyata, Belajar Bersama Masyarakat dengan Penuh Sukacita

Setelah melakukan pembekalan KKN live in yang diadakan pada 16-17 Januari 2023, Kini Soegijapranata Catholic University (SCU) melepaskan mahasiswa untuk KKN. Pelepasan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini dilaksanakan pada 2 Februari 2023, di Lapangan Albertus, SCU. 

Kegiatan KKN live in ini akan diadakan selama 20 hari pada 2 – 22 Februari 2023. Kegiatan KKN ini akan melibatkan 6 desa dengan jumlah 18 kelompok mahasiswa. Desa tersebut antara lain Desa Nyatnyono, Desa Kalisidi, Desa Branjang, Desa Keji, Desa Gogik, dan Desa Lerep, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. 

Tema KKN live in tahun ini yakni “Pendampingan Mitra Dengan Sukacita.”.  Harapannya mahasiswa dapat menghayati nilai sukacita tersebut dan mengaplikasikannya selama di lingkungan masyarakat.

Rudi Elyadi SE., MM, Ketua Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (P3M) SCU menyampaikan, “KKN ini mahasiswa akan belajar hidup dengan masyarakat dan juga tentang banyak hal. Aspek yang kami tekankan ialah aspek pemberdayaan masyarakat. Suksesnya program teman-teman ini harus melibatkan banyaknya masyarakat untuk diberdayakan,” tuturnya.

Selain itu, Rektor SCU, Dr. Ferdinandus Hindiarto S.Psi., M.Si juga menekankan kepada nilai sukacita yang harus dibawa oleh setiap mahasiswa yang melakukan KKN di desa.

“Mari kita lakukan dengan sukacita. Mahasiswa Soegijapranata Catholic University (SCU) itu nyenengake, wajahnya, cara interaksi, dan cara diskusi program juga nyenengke,” tutur Ferdinandus dalam bahasa Jawa, saat pembukaan pelepasan mahasiswa KKN (2/2/2023).

Dr. Ferdinan juga menyampaikan bahwa Satuan Kredit Semester (SKS) untuk mata kuliah KKN secara tertulis ialah 2 SKS. Ia lalu menambahkan,“Sesungguhnya teman-teman akan mendapatkan 20 SKS. Pertama terkait bagaimana belajar menerima anggota kelompok akan mendapatkan 3 SKS. Kemudian Mengenal Pak kades dan lurah 4 SKS, mengenal lingkungan masyarakat 5 SKS, dan mengidentifikasi problem dan mencari alternatif solusi 8 SKS,” terang Rektor SCU.

SKS yang dimaksud oleh Ferdinan ini merupakan pembelajaran yang nantinya akan membawa mahasiswa mengenal setiap pribadi dengan sukacita dan belajar menerima dengan rendah hati.

Harapannya, mahasiswa yang mengikuti KKN dapat belajar dari masyarakat dan dapat mengupayakan dengan penuh sukacita sehingga mendapatkan pembelajaran dengan membentuk soft skill mahasiswa. [Humas SCU/Kris]

Kata siapa abis kuliah nganggur? Buktinya lulusan SCU kurang dari 2 bulan aja buat dapetin kerja! Jadi, masih ragu kuliah di SCU?

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Merayakan Paskah, Penuh Sukacita ✨

#Paskah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Jumat Agung 

#JumatAgung
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Kamis Putih 

#KamisPutih
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#joyfullearning
Nongsik #1
Kenapa SCU? Menurut kamu kenapa? 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning

Acara yang Lain:

VIDEO