Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

FTP Unika Sambut dan Lepas Mahasiswa Peserta Program MBKM

Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Unika Soegijapranata, pada Senin (7/3) bersamaan mengawali perkuliahan semester genap 2021-2022, telah menyelenggarakan ‘Penyambutan dan Pelepasan Mahasiswa Program MBKM’ yang dilaksanakan secara daring melalui platform zoom.

Turut hadir dalam acara tersebut Dekan FTP Unika Dr Laksmi Hartajanie MP, kemudian juga Ketua Program Studi S-1 FTP Unika Dea Nathania Hendryanti S TP MS yang sekaligus menjadi moderator dalam acara tersebut.

Dalam pesan sambutannya, Dr Laksmi menyambut baik terlaksananya proses pembelajaran semester genap di FTP Unika Soegijapranata. “ Saya senang sekali ada banyak peserta yang mengikuti program MBKM ini. Termasuk diantaranya ada program magang ke beberapa perusahaan dan lembaga pemerintah,” ungkap Dr Laksmi.

Demikian pula untuk yang outbound ke beberapa perguruan tinggi negeri dan ke salah satu perguruan tinggi di luar negeri. Serta para mahasiswa yang mengikuti inbound di FTP Unika, yang berasal dari perguruan tinggi swasta dan perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia.

“Selamat datang untuk peserta mahasiswa inbound, dan selamat belajar bagi para mahasiswa outbound yang akan mengikuti pembelajaran di perguruan tinggi yang dituju. Serta bagi peserta magang selamat menjalani magang, semoga dari program MBKM ini para mahasiswa bisa mendapatkan manfaat yang sebesar-besarnya,” ucap Dr Laksmi menutup sambutannya.

Sedang Ketua Program Studi S-1 FTP Unika Dea Nathania lebih lanjut juga menyampaikan bahwa FTP Unika Soegijapranata telah mengimplementasikan program MBKM ke dalam kurikulum yang sudah berjalan.

“Implementasi MBKM di kurikulum prodi S-1 Teknologi Pangan FTP Unika, bertujuan untuk memberikan wadah agar mahasiswa bisa mendapatkan hak belajarnya, dan tentunya untuk menajamkan kompetensi lulusan,” jelasnya.

Dan untuk itu kita akan melepaskan mahasiswa S-1 Teknologi Pangan yang akan melakukan MBKM magang yaitu sejumlah tujuh mahasiswa yang akan magang di tiga perusahaan yaitu CV Tirta Makmur, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), dan PT Agritama Sinergi Inovasi.

Sedangkan untuk program pertukaran pelajar (outbound) dalam negeri terdapat kurang lebih 11 mahasiswa yang akan melakukan aktifitas outbound di tiga perguruan tinggi partner Unika yaitu di UNS, UNDIP dan UNSOED. Demikian pula terdapat satu mahasiswa FTP Unika yang akan melakukan pertukaran pelajar (outbound) ke Luar Negeri, yaitu di Chang Jung Christian University, Taiwan.

“Saya berharap apa yang mahasiswa lakukan di perusahaan atau universitas penerima dapat berlangsung dengan lancar dan bisa mendapatkan banyak pengalaman, tidak hanya dari sisi akademis tetapi juga relasi,” ucap Dea.

Adapun jumlah mahasiswa yang akan bergabung (inbound) dalam perkuliahan di Program S-1 Teknologi Pangan ada sekitar 15 mahasiswa, dari beberapa universitas mitra, antara lain dari Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Sains Nahdlatul Ulama, Institut Teknologi Sumatra, Universitas Bakrie, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dan UNSOED.

“Saya juga ucapkan selamat bergabung di FTP Unika Soegijapranata, dan selamat berdinamika bersama dalam perkuliahan di semester genap 2021-2022 secara daring,” tuturnya.

Sebelum acara ditutup, kepada para mahasiswa inbound diperkenalkan para dosen dan pejabat Dekanat FTP Unika Soegijapranata, serta tidak lupa diperkenalkan pula BEM dan Senat Mahasiswa FTP Unika Soegijapranata. (FAS)

 

Penjelasan MBKM:

Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) adalah program yang diluncurkan oleh Nadiem Anwar Makarim Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2020 lalu dalam rangka menyiapkan lulusan pendidikan tinggi yang tangguh dalam menghadapi perubahan.
Baik perubahan sosial, budaya, dunia kerja, dan teknologi yang semakin cepat di era Revolusi Industri 4.0, seperti yang tercantum dalam aturan mengenai Program MBKM dalam Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi Pasal 18.
Dalam aturan tersebut disebutkan bahwa mahasiswa program sarjana diperbolehkan untuk memilih pembelajaran maksimal 3 semester di luar program studinya (dalam satu Perguruan Tinggi (PT) maupun di PT lain).

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Nih jawaban buat kalian yang masih bingung benefit beasiswa masuk di SCU dan biaya kuliahnya yang affordable. Kalau udah paham langsung gassss yaa! 

Daftar online
pmb.unika.ac.id 

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H ✨

#IdulAdha
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Gak usah galau SNBT ah, goyangin aja bareng D”CEMESH yuk 🤭

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Mau punya dosen asik - asik + suasana kuliah yang joyful? Yuk, buktikan sekarang!

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Namanya proses ada aja lika likunya, tapi jangan sampai salah pilihan, karna hanya SCU yang nyenengin ☺️ 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Hola ✨ yuk manfaatkan kesempatan mendapatkan Beasiswa Christian Youth di SCU. 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kuliahnya seasik ini di @dkvscu, tempat yang tepat buat explore kreativitasmu 🫰

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#DKV
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
This error message is only visible to WordPress admins
There has been a problem with your Instagram Feed.

Share:

More Posts

Send Us A Message