Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

DKV Unika Selenggarakan Pameran Desain Perancangan Tugas Akhir

  

Kegiatan Pameran Tugas Akhir periode 20 telah diselenggarakan oleh Program Studi (Prodi) Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Arsitektur dan Desain Unika Soegijapranata selama dua hari mulai hari ini Rabu (29/6) dan besok Kamis (30/6) di lantai tujuh gedung Henricus Constance, kampus Unika Bendan Dhuwur.

Kegiatan pameran ini merupakan salah satu event selain sidang tugas akhir di Prodi DKV, yang membuat perancangan, demikian jelas Arwin Purnama Jati SSn MSn selaku Koordinator Proyek  Akhir DKV Unika.

“Jadi di Prodi DKV ada dua kegiatan yang dilaksanakan menjelang mahasiswa menyelesaikan studi, yaitu skripsi dan perancangan,” lanjutnya.

Dan sebagai seorang desainer, tentu harus membuat tugas perancangan yang harus diterapkan. Sehingga dalam perancangan ini, mahasiswa harus mempresentasikan dalam bentuk pameran karya.

Sedang tema perancangan memang tidak dibatasi, hanya untuk perancangan itu sendiri memang harus sesuai dengan standard karya akhir sidang DKV, ucap Arwin.

“Standard dimaksud adalah sudah berupa mockup, barangnya harus sama persis dengan aslinya, ukurannya juga sama dan lebih bagus lagi jika barang tersebut sudah merupakan produk yang sudah siap secara pasar serta sudah menjalin kerjasama dengan stake holder,” terangnya.

Dan terkait dengan stake holder, ternyata sudah beberapa kali karya-karya mahasiswa setelah lulus ini, menjadi benar-benar terpakai oleh stake holder baik kalangan industri atau perusahaan maupun untuk lembaga-lembaga pemerintah.

Sehingga ajang pameran ini arahnya juga supaya karya para mahasiswa ini bisa ditunjukkan nilai-nilai kemanfaatannya dan layak, apabila memang akan diterapkan sesuai kebutuhan pasar dan masyarakat, sambungnya.

“Dalam kegiatan sidang dan pameran ini diikuti oleh sekitar 51 peserta, dan standard pameran memang kita wajibkan ada,” jelas Arwin.

Secara garis besar memang tema-tema yang muncul dalam karya mahasiswa DKV Unika memang lebih banyak ke tema-tema sosial, seperti kesehatan mental, kampanye sosial, lingkungan budaya, selain yang komersial tentunya.

“Pameran ini juga sebagai eksibisi internal yang paling awal, sebagai tahap proses penciptaan desain perancangan DKV Unika. Dan saya berharap untuk ke depan kita bisa menyelenggarakan pameran di luar kampus supaya bisa dilihat oleh masyarakat atau menarik stake holder yang lebih banyak,” tandasnya. (FAS)

 

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Stop Galau! Masih ada Beasiswa Masuk di SCU, buruan! Gak pake tes cuma pakai nilai rapor ajah 😁

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kata siapa abis kuliah nganggur? Buktinya lulusan SCU kurang dari 2 bulan aja buat dapetin kerja! Jadi, masih ragu kuliah di SCU?

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Merayakan Paskah, Penuh Sukacita ✨

#Paskah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Jumat Agung 

#JumatAgung
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning

Share:

More Posts

Send Us A Message