Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Bahas Perilaku Ramah Lingkungan Siswa Sekolah Susana Adi Astuti Raih Gelar Doktor

Program Doktor Ilmu Lingkungan (PDIL) Fakultas Ilmu dan Teknologi Lingkungan Unika Soegijapranata pada Selasa (22/3) kembali menyelenggarakan Ujian Terbuka Disertasi Promosi Doktoral dengan Promovenda Susana Adi Astuti S Pi MM MSi, bertempat di ruang Teater gedung Thomas Aquinas, Unika Soegijapranata.

Dengan topik perilaku ramah lingkungan untuk anak SMA di sekolah adiwiyata (sekolah yang berbasis lingkungan) di kota Semarang, Susana Adi Astuti yang mengawali studi S-3 mulai bulan Juli 2019 di PDIL Unika Soegijapranata, dalam disertasinya mengupas tentang “Pengaruh kecerdasan eksistensial, kepribadian dan determinasi motivasi diri terhadap perilaku ramah lingkungan, dengan perilaku terencana sebagai pemediasi”

Dijelaskan dalam penelitiannya, bahwa semakin meningkat kecerdasan eksistensial peserta didik maka semakin meningkat pula perilaku ramah lingkungan peserta didik. Begitu juga dengan respon dari variabel kepribadian dan motivasi determinasi diri, terbukti berpengaruh positif terhadap perilaku ramah lingkungan.

Kepribadian dengan tipe ENTJ (ekstrover intuitif thinking judging) yang dikenal sebagai sosok ekstrovert yang tegas, berjiwa pemimpin, percaya diri, visioner, dan blak-blakan, ENFP (ekstrover intuitif feeling perceiving) atau kepribadian yang sangat suka mengumpulkan ide-ide positif yang bisa mencerminkan harapan dan niat baiknya terhadap orang lain, ESFP (ekstrover sensing feeling perceiving) sebagai pribadi yang ramah dan punya banyak teman, INFP (introver intuitif feeling perceiving) yaitu sosok introvert yang cenderung memiliki sifat peduli dan suka membantu orang lain, dan ISTJ (introver sensing thinking judging) atau merupakan kepribadian yang hangat, penuh kasih sayang, dan memiliki integritas, berlaku rendah hati dan dapat memahami orang lain.

Lima tipe kepribadian tersebut, menurutnya yang mampu mengembangkan diri sebagai pemimpin lingkungan, karena dari 16 tipe kepribadian hanya lima diatas yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku ramah lingkungan.

Sedang untuk motivasi determinasi diri, peserta didik sebagai pemimpin lingkungan mampu mengembangkan motivasi intrinsik yang merupakan motivasi kuat bagi otonomi diri dalam membentuk perilaku ramah lingkungan. Faktor-faktor tadi diperkuat dengan mediasi dari perilaku terencana yaitu sikap, norma subjektif, perceived behavior control (kontrol perilaku dari para siswa) serta intensi dari peserta didik yang memberikan efek mediasi secara signifikan pada perilaku ramah lingkungan.

Dengan demikian menurut Susana Adi, hasil penelitian ini bisa diaplikasikan dalam kebijakan yang diambil sekolah dalam mendukung ekoliterasi. Ekoliterasi juga membutuhkan peserta didik yang mempunyai kecerdasan eksistensial, motivasi determinasi diri yang tinggi, serta tipe kepribadian yang sesuai. Namun ketiga hal tersebut, akan semakin berkembang ketika ada variabel yang memediasi yaitu sikap, norma subjektif, kemudian kontrol diri dari siswa tersebut serta intensi.

Sementara KoPromotor Susana Adi Astuti yaitu Dr Margaretha Sih Setija Utami MKes menyampaikan komentarnya terkait penelitiannya.

Dalam penjelasannya, Dr Margaretha mengungkapkan ada kebaharuan dalam penelitian Susana Adi Astuti. “ Bu Susana berani mengeksplore tentang Theory of Planned Behavior dan menambahkan variabel lain yaitu tentang intelgensi, kepribadian, kemampuan motivasi untuk menentukan diri sendiri,”ungkapnya.

Kelebihan lainnya, Susana Adi Astuti bisa menerapkan ilmu psikologi untuk perilaku lingkungan pada siswa-siswa SMA, yang menurut saya merupakan sesuatu yang bagus dan menunjukkan perbedaan perilaku para siswa dari sekolah-sekolah adiwiyata dengan yang bukan, lanjutnya.

Dalam Ujian Terbuka Disertasi Promosi Doktoralnya, Susana Adi Astuti yang promotornya adalah Alm Prof Dr Andreas Lako dan KoPromotor Dr Margaretha Sih Setija Utami MKes, diuji oleh tim penguji yang diketuai oleh Rektor Unika Soegijapranata Dr Ferdinandus Hindiarto SPSi MSi, Sekretaris Penguji Dr Florentinus Budi Setiawan MT, serta penguji internal oleh Prof Dr Y Budi Widianarko MSc, dan Dr Tukiman Taruno Sayogo dan penguji eksternal dari UNDIP yaitu Prof Dian Ratna Sawitri SPSi MSi PhD. (FAS)

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Nih jawaban buat kalian yang masih bingung benefit beasiswa masuk di SCU dan biaya kuliahnya yang affordable. Kalau udah paham langsung gassss yaa! 

Daftar online
pmb.unika.ac.id 

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H ✨

#IdulAdha
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Gak usah galau SNBT ah, goyangin aja bareng D”CEMESH yuk 🤭

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Mau punya dosen asik - asik + suasana kuliah yang joyful? Yuk, buktikan sekarang!

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Namanya proses ada aja lika likunya, tapi jangan sampai salah pilihan, karna hanya SCU yang nyenengin ☺️ 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Hola ✨ yuk manfaatkan kesempatan mendapatkan Beasiswa Christian Youth di SCU. 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kuliahnya seasik ini di @dkvscu, tempat yang tepat buat explore kreativitasmu 🫰

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#DKV
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
This error message is only visible to WordPress admins
There has been a problem with your Instagram Feed.

Share:

More Posts

Send Us A Message