Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

MENGUBAH SAMPAH PLASTIK MENJADI ECOBRICKS

Penjelasan mengenai Ecobrick oleh Tim Lestari

Mahasiswa-mahasiswi Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Unika Soegijapranata mengolah sampah-sampah plastik menjadi sebuah ecobricks bersama Bank Sampah LESTARI pada hari Minggu (2/12) yang bertempat di Kantor Kecamatan Gunung Pati, Semarang.

Ini merupakan tahun pertama mahasiswa FTP melakukan kunjungan sekaligus praktek secara langsung dalam mengolah sampah, yang merupakan salah satu tindak lanjut dari mata kuliah Pengelolaan Limbah Industri Pangan. “Latar belakang diadakanya kunjungan dan pembuatan ecobricks ini salah satunya karena saat ini sampah plastik sedang menjadi permasalahan utama di lingkungan” jelas Dr B Soedarini STP MP yang akrab dipanggil Ibu Rini selaku dosen dalam mata kuliah Pengelolaan Limbah.

Ecobricks merupakan salah satu solusi untuk mengurangi limbah plastik yang kita hasilkan sehari-hari yaitu dengan mengisi botol plastik dengan sampah plastik yang dipadatkan. Ecobricks tidak hanya asal dibuat saja, namun ada SOP (Standar Operasional Prosedur) untuk berat nya agar kuat untuk menahan beban. Caranya yaitu ukuran botol yang digunakan dikalikan 0,4. Misal ukuran botol 600 ml x 0,4 berarti berat minimal 1 botol ecobrick adalah 240 gram. Aplikasi dari ecobricks dapat dibentuk menjadi meja, kursi, bahkan rumah.

Para mahasiswa FTP Unika praktek membuat ecobricks

“Tujuan dari kegiatan ini bukan hanya mengajarkan cara membuat ecobricks dalam mengurangi sampah plastik, namun juga mengedukasi apa itu sampah plastik, mengapa plastik menjadi permasalahan utama di bumi, serta apa saja yang dapat kita lakukan untuk mengurangi sampah plastik,” ucap Ibu Rini.

“Harapannya dari kegiatan ini tidak hanya memberi manfaat bagi kalian para mahasiswa namun juga orang lain yang bersosialisasi dengan kalian,” tutup Ibu Rini. (Tata)

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Selamat Memperingati Kamis Putih 

#KamisPutih
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#joyfullearning
Nongsik #1
Kenapa SCU? Menurut kamu kenapa? 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat dan Sukses atas Kelulusan Ujian Doktor Ilmu Manajemen Dr. Bhimo Widyo Andoko. S.H., M.H di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. 

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Seru banget nih, lomba Mathematic Logic Competition 2024 yang diikuti dari berbagai pelajar SMA/SMK/Sederajat tingkat Pulau Jawa, sampai membekas di hati salah satu peserta gara-gara mbak MC. hihihi 🤭 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#TeknikInformatika
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Ayoooookk!!!! Gak usah ragu! Karena kamu bisa dapetin berbagai macam beasiswa masuk tanpa tes dengan benefit biaya kuliah semester yang udah include semuanya lho. Share ke temen-temen kamu informasi ini yaa. Kalau mau konsultasi lebih lanjut  DM mimin ya 😍

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning

Share:

More Posts

Send Us A Message