Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Kenalkan Pajak E-Commerce di Era Ekonomi Digital

Saat ini, dunia telah mengalami perkembangan yang cukup pesat, terutama dalam bidang teknologi. Ada suatu perubahan dan peralihan yang sebelumnya tidak terpikirkan, terutama dalam kegiatan perekonomian. Saat ini, di tengah kemajuan teknologi, ada banyak kemudahan akses untuk dapat melakukan kegiatan jual-beli tanpa harus bertatap muka secara langsung. Hal tersebut disampaikan Rektor Unika Soegijapranata, Prof. Dr. Ridwan Sanjaya, MS.IEC dalam sambutannya pada seminar “Taxation Aspect on Digital Economy”. Seminar tersebut diadakan pada Selasa (24/10) di Ruang Theater Gedung Thomas Aquinas Unika Soegijapranata.
Seminar ini menghadirkan pakar perpajakan, Prof. Dr. Poltak Maruli John Liberty Hutagaol, M.Acc, M.Ec (Hons), SE. Ak, CA yang merupakan Direktur Perpajakan Internasional kantor pusat DJP serta dimoderatori oleh Dr Angelina Ika Rahutami.
Menurutnya inisiatif untuk ikut berpartisipasi dalam seminar ini, bisa sekaligus menjadi bagian sosialisasi perpajakan, terutama mengenai topik yang saat ini sedang tren yakni mengenai era ekonomi digital.
Prof. John Hutagaol menyampaikan beberapa materi terkait pengenalan terhadap apa itu ekonomi digital, seperti apa pajak dalam era ekonomi digital, serta aspek pajak dalam e-commerce. “Kebijakan pajak untuk e-commerce tidak berbeda dengan transaksi konvensional yang mengacu pada SE-62/PJ/2013. Sebab, prinsip dasar kebijakan pajak adalah adil, sederhana, tidak diskriminatif, dan memberikan kepastian hukum,”jelasnya.
“Seminar ini terselenggara sebagai bagian dari kerjasama antara Kanwil DJP Jateng I (Kantor Wilayah Direktoral Jenderal Pajak Jawa Tengah I) dengan Unika Soegijapranata melalui Tax Center yang berada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis,” ujar Ibu Agnes Arie Mientary Christie, SE, M.Si, Akt, BKP, CA selaku penanggung jawab acara ini.
“Persiapan untuk acara seminar ini sekitar 2 minggu, tentunya Himpunan Mahasiswa Program Studi Perpajakan sebagai panitia sekaligus mahasiswa Unika yang ditunjuk langsung oleh DJP mempersiapkan acara ini dengan sebaik-baiknya,” ungkap Geggy Puput sebagai salah satu panitia yang berasal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi Perpajakan.
Terkait rencana kegiatan serupa, Ibu Agnes mengatakan bahwa kegiatan seperti ini pasti akan kembali dilaksanakan sebagai bentuk kerja sama Unika dengan Kanwil DJP Jateng I yang dapat berbentuk seminar maupun penyelenggaran lomba pajak. (SF)

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Kalau ke SCU, berasa kaya lagi vacation deh, suasana kampusnya asyik, bisa praktik bikin candy, AI, belajar anatomi tubuh manusia dan masih banyak lagi. Pokoknya fun banget. Hayuk! Sekolahmu juga bisa! 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#KampusTur
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Segenap Sivitas Akademika Soegijapranata Catholic University (SCU), turut berduka cita atas meninggalnya Ir. Daniel Hartanto, S.T., M.T (Dosen Program Studi Teknik Sipil)

#RIP
Selamat Hari jadi ke-477 Kota Semarang ✨

#HUTSemarang
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional ✨

#HariPendidikanNasional
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Hari Buruh 2024

#HariBuruh
Stop Galau! Masih ada Beasiswa Masuk di SCU, buruan! Gak pake tes cuma pakai nilai rapor ajah 😁

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning

Share:

More Posts

Send Us A Message