Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Kamu Mau Jago Public Speaking? Pakai Tips Ini!

Kemampuan berbicara di depan umum atau yang bisa juga disebut dengan public speaking merupakan salah satu kemampuan penting dan banyak dibutuhkan pada masa ini. Seperti kamu para mahasiswa pasti sudah tidak asing lagi dengan kemampuan berbicara di depan umum karena sering digunakan dalam presentasi di dalam kelas, rapat, maupun saat ingin bertanya di dalam perkuliahan maka dari itu penting sekali untuk bisa jago public speaking. Jika kamu bisa menguasai skill ini, pasti akan mudah nantinya untuk membangun personal branding, membangun koneksi baru dan juga mencairkan suasana yang ada.

Public speaking tidak hanya sekedar tentang berbicara di depan umum, tetapi tentang apa yang disampaikan, bagaimana cara penyampaiannya, bagaimana gestur tubuh yang benar dan masih banyak lagi hal yang harus diperhatikan sehingga terkadang membuat kita merasa takut dan grogi saat akan melakukan public speaking. Banyak faktor yang harus diperhatikan dalam public speaking agar bisa berjalan dengan lancar, ada banyak tips juga yang bisa kamu coba agar kemampuan berbicara di depan umum ini bisa semakin jago.

Berikut ada beberapa tips dari salah satu dosen di Program Studi Ilmu Komunikasi SCU, Cecilia Grafiani S.I.Kom., M.I.Kom. Dosen yang satu ini sudah juaranya di bidang public speaking  dibuktikan dengan telah menjadi pembicara di beberapa seminar maupun pelatihan tentang personal branding, digital marketing dan dunia ilmu komunikasi lainnya, jadi skillnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Kira-kira apa aja sih tips biar bisa jago public speaking kaya gitu? Buat kamu yang mau jago public speaking jangan lupa dicoba ya!

  1. Persiapkan materi yang akan disampaikan dengan baik

Buat kamu yang mau jago public speaking, tips pertama ini wajib banget kamu coba yaitu persiapkan materi yang akan disampaikan dengan baik sehingga saat kamu menyampaikan materi di depan umum kamu sudah siap dan tidak lagi merasa grogi. Tak sekedar hanya menyiapkan materi tapi kamu juga harus paham dengan materinya sehingga jika nanti ada pertanyaan dari audiens kamu tentu bisa menjawab pertanyaan tersebut dengan baik.

  1. Mengenali audiens

Setelah menyiapkan materi dengan baik, penting juga buat mengenali siapa audiensnya nanti karena hal ini berpengaruh dalam cara penyampaian materi dan juga bagaimana nantinya materi itu disampaikan. Mengenali audiens ini juga sangat penting agar materi yang disampaikan bisa diterima dengan baik oleh audiens. “Biar kita menyampaikannya juga tahu apa yang harus disampaikan, dengan bahasa yang seperti apa, karena menyampaikan materi di depan ibu-ibu dan di depan anak-anak itu berbeda caranya” ujar dosen yang mengajar di Ilmu Komunikasi SCU.

  1. Latihan

Jangan lupa untuk melakukan tips kali ini, latihan. Kalau ingin latihan bisa dicoba dengan latihan di depan kaca seperti seolah-olah berbicara dengan sendiri, dengan berlatih didepan kaca ini kamu bisa melihat gestur tubuh yang sesuai untuk digunakan agar public speaking kamu makin jago!

  1. Pakaian yang rapi dan sopan

Penampilan memang salah satu faktor yang utama. Sebelum hari H kamu wajib banget menyiapkan pakaian yang akan kamu pakai untuk public speaking ini, pastikan pakaian yang kamu pakai rapi sopan dan sesuai dengan tema acara agar membantu kamu untuk semakin percaya diri. “Seperti contohnya acara di outdoor seperti lapangan terbuka dan acara di gedung hotel, outfit kita pasti harus menyesuaikan dong biar kita nyaman saat berbicara” ujar dosen yang sudah sering menjadi public speaker ini.

  1. Adaptif

Tips terakhir yang perlu diperhatikan juga yaitu adaptif. Adaptif disini maksudnya semisal saat sedang persiapan dan tiba-tiba ada hal tak terduga, kamu harus bisa adaptasi dan menyesuaikan diri dengan situasi yang ada. Jika saat hari H ada perubahan mendadak seperti perubahan susunan acara, kamu tidak perlu panik yang kamu perlukan adalah tetap fokus dan tenang dengan apa yang akan kamu sampaikan, jangan sampai perubahan mendadak ini membuat fokus terpecah.

 

Setelah mencoba tips-tips yang diberikan oleh dosen Program Studi Ilmu Komunikasi diatas dijamin kamu makin jago public speaking, jangan lupa untuk selalu mengasah kemampuan public speaking karena semakin sering berlatih pasti akan semakin terbiasa dan tidak lagi merasa takut maupun grogi. Jangan lupa juga untuk menyiapkan makan dan minum sebelum berbicara di depan umum agar kamu punya tenaga yang cukup.

Buat kamu yang ingin belajar lebih dalam lagi terkait public speaking dan hal terkait komunikasi lainnya bisa bergabung bersama kami di Program Studi Ilmu Komunikasi, Soegijapranata Catholic University tempat dimana kamu bisa memperdalam ilmu tentang public speaking dan komunikasi lainnya, tak hanya belajar terkait teori namun juga akan di imbangi dengan praktek. Salah satu kampus swasta yang berada di Jawa Tengah ini juga sudah Terakreditasi UNGGUL (BAN-PT) dan juga menjadi PTS Terbaik Jawa Tengah, ada berbagai macam pilihan program studi yang bisa kamu jadikan pilihan. Tak perlu khawatir terkait biaya karena ada banyak kesempatan untuk mendapatkan beasiswa yang beragam. Yuk segera bergabung bersama kami di SCU!

Informasi lebih lanjut terkait PMB bisa mengunjungi website https://pmb.unika.ac.id/

(Fara Dewi, Ilmu Komunikasi 2021)

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Nih jawaban buat kalian yang masih bingung benefit beasiswa masuk di SCU dan biaya kuliahnya yang affordable. Kalau udah paham langsung gassss yaa! 

Daftar online
pmb.unika.ac.id 

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H ✨

#IdulAdha
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Gak usah galau SNBT ah, goyangin aja bareng D”CEMESH yuk 🤭

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Mau punya dosen asik - asik + suasana kuliah yang joyful? Yuk, buktikan sekarang!

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Namanya proses ada aja lika likunya, tapi jangan sampai salah pilihan, karna hanya SCU yang nyenengin ☺️ 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Hola ✨ yuk manfaatkan kesempatan mendapatkan Beasiswa Christian Youth di SCU. 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kuliahnya seasik ini di @dkvscu, tempat yang tepat buat explore kreativitasmu 🫰

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#DKV
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
This error message is only visible to WordPress admins
There has been a problem with your Instagram Feed.

Share:

More Posts

Send Us A Message