Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

IUP SCU Persiapkan Mahasiswa Terjun ke Dunia Internasional

Jeremy A. Purwo, alumnus Food Science Pennsylvania State University Amerika Serikat berkunjung ke Soegijapranata Catholic University (SCU). Ia hadir di tengah mahasiswa International Undergraduate Program (IUP) SCU dalam acara Mentoring Session. Kegiatan ini diselenggarakan di Kampus 2 SCU, BSB pada Kamis, 4 Januari 2024.

Jeremy yang saat ini berkarier di Mars Wrigley berkesempatan menceritakannya pengalamannya meniti karier di luar negeri. Ia membagikan pengalamannya berkuliah sekaligus bekerja di Amerika Serikat. Mulai dari peluang hingga tantangan yang dihadapi ikut dibagikan Jeremy. Ia turut menceritakan pengalamannya beradaptasi selama menetap di Amerika Serikat. 

“Bagaimana kehidupan di luar negeri, bagaimana berjuang di sana, serta skill seperti apa yang perlu dipersiapkan. Pertanyaan-pertanyaan tersebut muncul melihat antusiasme mahasiswa,” ujar Peter Ardhianto, PhD, Direktur IUP SCU.

Kegiatan ini diselenggarakan IUP SCU tiap 2 bulan sekali. Sebelumnya, IUP SCU juga telah menghadirkan pembicara dari Okhlahoma dan Lithuania. 

Mendatangkan praktisi dan akademisi yang mempunyai pengalaman di luar negeri, IUP SCU mempersiapkan mahasiswanya untuk bisa berkarier di dunia internasional. “Membekali mahasiswa dengan me-maintenance goal setting mereka. Karena mereka memang basic-nya kita persiapkan untuk bisa bersaing di dunia internasional dan bekerja di luar negeri,” tambah Peter.

Hadirnya Mentoring Session merupakan upaya IUP SCU dalam memperluas sudut pandang mahasiswanya. Selain itu, adanya kurikulum khas, General Education mendukung tercapainya Whole Person Education yang menjadi fokus IUP SCU. Kurikulum ini didukung melalui 4 pilar, yaitu People Skills, Sustainability and Happiness, Global Citizenship and Cultural Intelligence, dan Science, Technology, and Society.  

Kurikulum tersebut menghadirkan berbagai mata kuliah di tahun pertama studi mahasiswa. Beberapa di antaranya Happiness, Creative Minds, Food, Body dan Mind, Indonesia Tradition & Multi-Ethnicity yang dipelajari mahasiswa di semester pertama. Selain itu, mata kuliah Eco-Lifestyle and Sustainability, ⁠Indonesia and The World, Digital Literacy and Competency, dan Journey of Thoughts juga dipelajari mahasiswa di semester kedua.

“IUP SCU mempersiapkan mentalitas dan pola pikir mahasiswa yang global lewat pembelajaran mendalam. Maka kami hadirkan berbagai keilmuan yang berguna saat mereka ada di luar,” tegas Peter.

Kegiatan ini diharapkan dapat mempersiapkan mahasiswa untuk bisa bersaing di dunia internasional. Hal ini sejalan dengan fokus IUP SCU untuk mencetak lulusan yang dapat berkarya di luar negeri. “Menjadi proaktif dan jangan takut gagal menjadi hal yang harus kalian pegang untuk bisa berkarya di luar negeri,” pesan Jeremy kepada mahasiswa SCU.

Ada 5 program kelas internasional yang dihadirkan IUP SCU. Adapun di antaranya Visual Interactive Design, Food Technology and Innovation, Artificial Intelligence (AI) and Big Data, Global Architecture, dan International Accounting. 

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Selamat Hari jadi ke-477 Kota Semarang ✨

#HUTSemarang
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional ✨

#HariPendidikanNasional
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Hari Buruh 2024

#HariBuruh
Stop Galau! Masih ada Beasiswa Masuk di SCU, buruan! Gak pake tes cuma pakai nilai rapor ajah 😁

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning

Share:

More Posts

Send Us A Message