Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Fakultas Hukum dan Komunikasi SCU Gelar Pelatihan Pemasaran Sekolah di Kota Semarang

Rabu, 17 Mei 2023 Fakultas Hukum dan Komunikasi (FHK) Soegijapranata Catholic University (SCU) atau lebih dikenal dengan Unika Soegijapranata menyelenggarakan Pelatihan Pemasaran Sekolah Kepada Pimpinan Sekolah di Kota Semarang di Gedung Thomas Aquinas (TA) Lantai 5, Kampus 1 SCU, Bendan.

Selain bertujuan untuk memberikan pengetahuan bagaimana cara memasarkan sekolah dari sudut pandang ilmu komunikasi, tidak dipungkiri nantinya lewat kegiatan ini juga akan menjadi pintu gerbang bagi SCU dalam memperluas jejaring ke sekolah-sekolah yang ada di Semarang, “ilmu yang kami pelajari, sudah kami riset, secara praktisnya bagaimana sih bisa dimanfaatkan oleh sekolah-sekolah,” terang E. Agra Sarika Kurnia Dewi, S.I.Kom., M.A., selaku dosen Program Studi Ilmu Komunikasi SCU sekaligus narasumber dalam pelatihan ini.

Dalam pemaparannya, Agra menjelaskan bahwa pentingnya bagi sekolah, khususnya sekolah swasta untuk terus melakukan kegiatan branding dan marketing untuk menarik para siswa. Dalam memasarkan sekolah, perlu adanya keterlibatan seluruh aspek dalam sekolah, “misal kalau mau mem-branding sekolah yang go-green, tapi para petugas kebersihannya tidak tahu, percuma melakukan pemasaran (branding),” jelasnya.

Ia juga mengingatkan kepada para audiens terkait penting dan dekatnya internet modern ini, sehingga sangat penting bagi sekolah untuk melakukan pemasaran berbasis digital, “bangun website sekolah, update, kembangkan dengan desain yang menarik,” jelasnya.

Selain menggunakan platform digital seperti website dan media sosial, Agra dan narasumber lain yang juga salah satu dosen Program Studi Ilmu Komunikasi SCU, Abraham Wahyu Nugroho S.I.Kom., M.A., juga menekankan pentingnya memaksimalkan relasi media untuk menciptakan komunitas, contohnya seperti Alumni, “hanya mentok di awareness, tapi tidak meningkatkan dan memaksimalkan di engagement,” tegas Abraham.

Abraham menuturkan pelatihan yang baru pertama kali diselenggarakan oleh FHK SCU ini kedepannya akan diselenggarakan secara bertahap dan berkelanjutan, tentunya juga bukan hanya di tingkat Fakultas melainkan juga Universitas, “satu pertemuan saja tidak cukup untuk melakukan pelatihan manajemen pemasaran, … , apalagi jika dikolaborasikan dengan tingkat universitas tentu sumber dayanya juga akan lebih banyak dan bervariasi,” jelasnya.

Salah satu perwakilan dari SMA Kolese Loyola, Jati, berharap kegiatan pelatihan promosi sekolah ini berkelanjutan agar sekolah bisa terbantu untuk bisa tumbuh dan berkembang, “kami dibekali akan dasar-dasar dari promosi, apa yang seharusnya dan nanti dilakukan untuk dievaluasi kembali,” tambahnya.

Abraham dan Agra berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut kedepannya dan dapat memberikan sudut pandang serta insight yang baru bagi para audiens yang hadir. [Humas SCU/Hil]

Stop Galau! Masih ada Beasiswa Masuk di SCU, buruan! Gak pake tes cuma pakai nilai rapor ajah 😁

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kata siapa abis kuliah nganggur? Buktinya lulusan SCU kurang dari 2 bulan aja buat dapetin kerja! Jadi, masih ragu kuliah di SCU?

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Merayakan Paskah, Penuh Sukacita ✨

#Paskah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Jumat Agung 

#JumatAgung
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning

Acara yang Lain:

VIDEO