Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Bersama Pemkot, SCU Gelar Seminar Sebagai Andil dalam Mewujudkan Kota Semarang “Smart City”

Sebagai bentuk perayaan ulang tahun Kota Semarang ke-476 yang jatuh pada Selasa, 2 Mei 2023 lalu, Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang bersama dengan setiap kelurahan dan kecamatan, serta sekolah dan instansi pendidikan, khususnya perguruan tinggi, menggelar rangkaian acara seminar serentak di lingkup daerahnya masing-masing secara paralel selama seminggu sebagai langkah pembaharuan konsep “Smart City” di Kota Semarang, dengan mengalihkan semua hal yang bersifat konvensional menjadi serba digital.

Ir. Hj. Hevearita G. Rahayu, M. Sos., selaku Walikota Semarang dalam sambutannya mengatakan bahwa perlunya banyak inovasi dan perubahan untuk mendukung era digitalisasi sebagai bentuk diterapkannya konsep Kota Semarang sebagai “Smart City,” karena namanya digitalisasi tidak bisa berdiri hanya sekali sudah selesai,” jelasnya.

Tidak ketinggalan untuk ikut memeriahkan Hari Jadi Kota Semarang, Soegijapranata Catholic University (SCU) atau lebih dikenal Unika Soegijapranata lewat Program Studi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer (FIKom) bersama dengan SIEGA (Sistem Informasi, E-Commerce, Game Techonology, Akuntasi & Sistem Informasi) menyelenggarakan seminar yang bertajuk “Perkembangan Realitas Tanpa Batas di Dunia Bisnis, Pendidikan, dan Olahraga di Ruang Theater, Gedung Thomas Aquinas Lantai 3, Kampus 1 SCU, Bendan pada Kamis, 4 Mei 2023.

Mengangkat tema digitalisasi, seminar ini mengundang dua alumni FIKom SCU sebagai narasumber, yaitu Maria Kineta, S.Kom. yang tergabung dalam project pembuatan metaverse fasilitas publik Kota Semarang dan metaverse Batik Lasem, Rembang dan Caesarius M., S.Kom., yang membuat pengalaman baru bersepeda di rumah menggunakan Oculus. Selain itu, salah satu mahasiswa FIKom SCU yang juga turut bergabung dalam pembuatan metaverse Batik Lasem, Rembang, Caren Lorenza, juga dihadirkan sebagai narasumber.

Bukan pertama kali, Stephani Inggrit Swastini Dewi, S.Kom., MBA., selaku ketua panitia dari perwakilan dosen, menjelaskan bahwa SCU juga sebelumnya sudah banyak bekerjasama dengan Pemkot Semarang. Salah satunya yang terbaru adalah SCU ikut menampilkan hasil karya mahasiswanya dari FIKom dalam kegiatan Google Day, “kita juga banyak penelitian yang terkait dengan Pemkot,” tambahnya. “Dengan Arpus (Lembaga Arsip dan Perpustakaan), kita juga mau bikin metaverse untuk mereka, untuk men-digitalisasi perpustakaan supaya orang-orang lebih tertarik,” tanggapannya terkait kerjasama dengan Pemkot kedepan.

Beliau juga berharap hubungan kerjasama dengan Pemkot dapat terus berjalan dengan baik, “bisa lebih banyak kesempatan untuk mengadakan banyak penelitian yang membantu,” tambahnya.

Sejalan dengan itu, Steven Nathanael Juliano Soerjo, selaku ketua panitia dari perwakilan mahasiswa juga berharap diselenggarakannya kegiatan seminar ini dapat mendorong teman-teman mahasiswanya untuk mengembangkan inovasi serta ide-ide kreatif mereka yang tentunya bermanfaat di era digitalisasi ini.

Selamat Memperingati Hari Kenaikan Yesus Kristus 

#KenaikanYesusKristus
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Segenap Sivitas Akademika Soegijapranata Catholic University (SCU), turut berduka cita atas meninggalnya Ir. Daniel Hartanto, S.T., M.T (Dosen Program Studi Teknik Sipil)

#RIP
Selamat Hari jadi ke-477 Kota Semarang ✨

#HUTSemarang
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional ✨

#HariPendidikanNasional
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Hari Buruh 2024

#HariBuruh
Stop Galau! Masih ada Beasiswa Masuk di SCU, buruan! Gak pake tes cuma pakai nilai rapor ajah 😁

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning

Acara yang Lain:

VIDEO