Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Berbagai Macam Tradisi saat Tahun Baru Imlek, Tak Hanya Bagi Angpao

Suasana Imlek

Tahun Baru Cina atau yang biasa kita sebut dengan Imlek, orang-orang juga biasa menyebutnya dengan Tahun Baru Imlek. Pada tahun 2024 imlek jatuh di 10 Februari tepat di hari Sabtu. Tahun 2024 ini merupakan tahun Shio Naga yaitu Naga Kayu, dalam budayanya sendiri naga dipercaya sebagai lambang dari keberuntungan, kehormatan dan memiliki bakat yang tak tertandingi. Saat Tahun Baru Imlek ada beberapa tradisi yang dilakukan rutin dari tahun ke tahun, dengan melakukan tradisi ini dipercaya bisa mendatangkan keberuntungan sepanjang tahun, berikut tradisi yang rutin dilakukan :

  1. Semua Serba Warna Merah

Imlek biasanya identik dengan warna merah. Mall dan tempat wisata pun dipenuhi dengan dekorasi imlek warna merah. Rumah juga dipenuhi dengan dekorasi warna merah dan biasanya mereka menggantung lentera berwarna merah di depan rumah, tujuannya untuk mengusir roh jahat dan hal negatif lainnya. Warna merah sering digunakan saat imlek karena dipercaya sebagai warna pembawa keberuntungan. Saat makan bersama keluarga besar, baju yang dipakai juga biasanya berwarna merah

  1. Angpao

Angpao mungkin salah satu hal yang sudah tidak asing bagi kalian semua, hal yang satu ini biasanya menjadi hal yang di nanti-nanti. Angpao sendiri merupakan sebuah amplop berwarna merah dan berisi sejumlah uang, biasanya anggota keluarga yang sudah menikah wajib memberi angpao kepada anak-anak dan anggota keluarga yang belum menikah. Memberikan angpao ini biasanya dilakukan saat makan bersama.

  1. Pertunjukan Barongsai dan Liong

Barongsai

Tradisi selanjutnya yang selalu ada dan identik adalah pertunjukan Barongsai dan Liong, kalian bisa menemukan berbagai pertunjukan ini di Mall maupun saat kirab imlek. Biasanya Mall akan menggelar sebuah pertunjukan Barongsai dan Liong untuk menarik pengunjung. Dalam legenda, barongsai ini dulunya dipercaya masyarakat Tiongkok untuk mengusir dan menakut-nakuti Nian (makhluk mengerikan yang biasa muncul di tahun baru imlek). Barongsai ini melambangkan hewan singa dan liong melambangkan hewan naga, yang mana keduanya dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan.

  1. Petasan dan Kembang Api

Tahun baru tak lengkap rasanya jika tidak ada petasan dan juga kembang api. Menyalakan petasan dan kembang api dimulai sejak adanya legenda makhluk Nian yang  menyeramkan dan sering mengganggu manusia saat di tahun baru imlek ini. Kembang api dan petasan ini biasanya memiliki suara yang keras sehingga dipercaya bisa mengusir Nian dan juga roh-roh jahat.

  1. Membersihkan Rumah

Sebelum Tahun Baru Cina ada sebuah tradisi yang biasanya juga dilakukan yaitu membersihkan rumah, hal ini harus dilakukan sebelum hari Imlek karena dipercaya bisa membuang hal yang buruk namun saat sudah hari H Imlek dilarang untung membersihkan rumah karena bisa diartikan menolak keberuntungan. Banyak juga masyarakat yang merayakan Imlek ini memotong rambut mereka sebelum Tahun Baru Cina untuk membuang hal yang buruk.

  1. Makanan Khas

Yu Sheng

Saat Imlek tiba biasanya banyak keluarga yang mengadakan makan bersama sekaligus menjadi reuni keluarga. Ada beberapa makanan yang wajib disajikan saat imlek seperti yu sheng yang berisi berbagai macam sayur dan ikan segar, sebelum dimakan biasanya yu sheng ini akan di campur secara bersamaan dan diangkat setinggi mungkin karena dipercaya semakin tinggi semakin banyak juga keberuntungan yang didapat. Hidangan mie juga pasti disajikan karena mie mempunyai bentuk yang panjang-panjang sehingga dipercaya membawa panjang umur.

 

Nah itu beberapa tradisi-tradisi yang dilakukan baik sebelum maupun saat imlek, tradisi ini dilakukan secara turun temurun dan pastinya setiap tahun akan dilakukan bagi yang merayakan, karena bagi mereka melakukan tradisi ini merupakan salah satu bagian untuk menghormati leluhur dan bisa mendatangkan keberuntungan melimpah.

Selamat Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili!

unika.ac.id

Referensi :

https://www.detik.com/sumbagsel/berita/d-7172543/kapan-tahun-baru-imlek-2024-begini-tradisi-dan-perayaannya

https://www.detik.com/jateng/budaya/d-7185114/tradisi-dan-ritual-unik-perayaan-tahun-baru-imlek-ada-apa-saja

https://kumparan.com/berita-terkini/tradisi-perayaan-dan-tema-imlek-2024-22748HdPKWK/full

Sumber Foto :

Suasana Imlek

Barongsai

Yu Sheng

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
REQUIESCAT IN PACE

Segenap Civitas Academica Soegijapranata Catholic University turut berdukacita atas meninggalnya Prof. Dr. Michael Sastrapratedja, S.J (Rektor Soegijapranata Catholic University 1989 - 1993 dan 2004-2025)

#RestinPeace
Pesan ini buat kita generasi muda ✨

#Pemilu2024
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Isra Miraj 2024 🙏

#IsraMiraj
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus 
#JoyfulLearning
Segenap Civitas Academica Soegijapranata Catholic University Mengucapkan Selamat Kepada Mgr. Fransiskus Nipa (Uskup Agung Koajutor Keuskupan Agung Makassar).

#KeuskupanMakassar
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Gong xi… Gong xi🧧 

Bentar lagi IMLEK nih ❤️ It’s time to SCU Chinese New Year Celebration. Uhuuyy ✨

Saatnya kamu bisa dapetin angpau Biaya Pendaftaran Mahasiswa Baru 2024 hanya 75.000, Konsultasi Pendidikan, Games, Palms Line Reading, Pertunjukan dari berbagai UKM dan masih banyak lagi. Catet tanggalnya nih:

🗓️ 1-5 Februari 2024
⏰ 10.00 - 22.00
📍@clsemarang (lantai 1)

Yuk, kenal SCU lebih dekat. Jangan sampai kelewatan ya ❤️

#Imlek2024
#Citralandmallsemarang
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#joyfullearning
Kalau bahagiamu gimana? 

#PMB2024
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kalau kuliah di SCU kamu bisa dapetin beragam beasiswa masuk tanpa tes yang udah include semuanya. Yakin gak mau nyoba?

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PMB2024
#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Nah, kali ini kita bakal nantangin games di @smantisa_ofc
siapa yang bakal menang?

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#SMANegeri3Salatiga
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning

Share:

More Posts

Send Us A Message