Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Berbagai Macam Tradisi saat Tahun Baru Imlek, Tak Hanya Bagi Angpao

Suasana Imlek

Tahun Baru Cina atau yang biasa kita sebut dengan Imlek, orang-orang juga biasa menyebutnya dengan Tahun Baru Imlek. Pada tahun 2024 imlek jatuh di 10 Februari tepat di hari Sabtu. Tahun 2024 ini merupakan tahun Shio Naga yaitu Naga Kayu, dalam budayanya sendiri naga dipercaya sebagai lambang dari keberuntungan, kehormatan dan memiliki bakat yang tak tertandingi. Saat Tahun Baru Imlek ada beberapa tradisi yang dilakukan rutin dari tahun ke tahun, dengan melakukan tradisi ini dipercaya bisa mendatangkan keberuntungan sepanjang tahun, berikut tradisi yang rutin dilakukan :

  1. Semua Serba Warna Merah

Imlek biasanya identik dengan warna merah. Mall dan tempat wisata pun dipenuhi dengan dekorasi imlek warna merah. Rumah juga dipenuhi dengan dekorasi warna merah dan biasanya mereka menggantung lentera berwarna merah di depan rumah, tujuannya untuk mengusir roh jahat dan hal negatif lainnya. Warna merah sering digunakan saat imlek karena dipercaya sebagai warna pembawa keberuntungan. Saat makan bersama keluarga besar, baju yang dipakai juga biasanya berwarna merah

  1. Angpao

Angpao mungkin salah satu hal yang sudah tidak asing bagi kalian semua, hal yang satu ini biasanya menjadi hal yang di nanti-nanti. Angpao sendiri merupakan sebuah amplop berwarna merah dan berisi sejumlah uang, biasanya anggota keluarga yang sudah menikah wajib memberi angpao kepada anak-anak dan anggota keluarga yang belum menikah. Memberikan angpao ini biasanya dilakukan saat makan bersama.

  1. Pertunjukan Barongsai dan Liong

Barongsai

Tradisi selanjutnya yang selalu ada dan identik adalah pertunjukan Barongsai dan Liong, kalian bisa menemukan berbagai pertunjukan ini di Mall maupun saat kirab imlek. Biasanya Mall akan menggelar sebuah pertunjukan Barongsai dan Liong untuk menarik pengunjung. Dalam legenda, barongsai ini dulunya dipercaya masyarakat Tiongkok untuk mengusir dan menakut-nakuti Nian (makhluk mengerikan yang biasa muncul di tahun baru imlek). Barongsai ini melambangkan hewan singa dan liong melambangkan hewan naga, yang mana keduanya dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan.

  1. Petasan dan Kembang Api

Tahun baru tak lengkap rasanya jika tidak ada petasan dan juga kembang api. Menyalakan petasan dan kembang api dimulai sejak adanya legenda makhluk Nian yang  menyeramkan dan sering mengganggu manusia saat di tahun baru imlek ini. Kembang api dan petasan ini biasanya memiliki suara yang keras sehingga dipercaya bisa mengusir Nian dan juga roh-roh jahat.

  1. Membersihkan Rumah

Sebelum Tahun Baru Cina ada sebuah tradisi yang biasanya juga dilakukan yaitu membersihkan rumah, hal ini harus dilakukan sebelum hari Imlek karena dipercaya bisa membuang hal yang buruk namun saat sudah hari H Imlek dilarang untung membersihkan rumah karena bisa diartikan menolak keberuntungan. Banyak juga masyarakat yang merayakan Imlek ini memotong rambut mereka sebelum Tahun Baru Cina untuk membuang hal yang buruk.

  1. Makanan Khas

Yu Sheng

Saat Imlek tiba biasanya banyak keluarga yang mengadakan makan bersama sekaligus menjadi reuni keluarga. Ada beberapa makanan yang wajib disajikan saat imlek seperti yu sheng yang berisi berbagai macam sayur dan ikan segar, sebelum dimakan biasanya yu sheng ini akan di campur secara bersamaan dan diangkat setinggi mungkin karena dipercaya semakin tinggi semakin banyak juga keberuntungan yang didapat. Hidangan mie juga pasti disajikan karena mie mempunyai bentuk yang panjang-panjang sehingga dipercaya membawa panjang umur.

 

Nah itu beberapa tradisi-tradisi yang dilakukan baik sebelum maupun saat imlek, tradisi ini dilakukan secara turun temurun dan pastinya setiap tahun akan dilakukan bagi yang merayakan, karena bagi mereka melakukan tradisi ini merupakan salah satu bagian untuk menghormati leluhur dan bisa mendatangkan keberuntungan melimpah.

Selamat Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili!

unika.ac.id

Referensi :

https://www.detik.com/sumbagsel/berita/d-7172543/kapan-tahun-baru-imlek-2024-begini-tradisi-dan-perayaannya

https://www.detik.com/jateng/budaya/d-7185114/tradisi-dan-ritual-unik-perayaan-tahun-baru-imlek-ada-apa-saja

https://kumparan.com/berita-terkini/tradisi-perayaan-dan-tema-imlek-2024-22748HdPKWK/full

Sumber Foto :

Suasana Imlek

Barongsai

Yu Sheng

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Kabar baik buat kamu friends! Jalur Beasiswa masih dibuka sampai 30 Juni 2024. Daftarnya cuma pakai nilai rapor tanpa tes! Ayo dapatkan beasiswa masuk (Biaya Kuliah Semester) yang udah include semuanya! Buktikan sekarang juga! ✨

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Kenaikan Yesus Kristus 

#KenaikanYesusKristus
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Segenap Sivitas Akademika Soegijapranata Catholic University (SCU), turut berduka cita atas meninggalnya Ir. Daniel Hartanto, S.T., M.T (Dosen Program Studi Teknik Sipil)

#RIP
Selamat Hari jadi ke-477 Kota Semarang ✨

#HUTSemarang
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional ✨

#HariPendidikanNasional
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Hari Buruh 2024

#HariBuruh

Share:

More Posts

Send Us A Message