Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

556 Mahasiswa SCU Pasarkan Produk UMKM di Festival Penelitian Pengabdian Masyarakat

Setelah mengikuti rangkaian kegiatan Kuliah Kerja Usaha (KKU)/Kuliah Kerja Sinergis (KKS), 556 mahasiswa Soegijapranata Catholic University (SCU) atau Unika Soegijapranata berpartisipasi dalam memasarkan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Festival Penelitian Pengabdian Masyarakat (FPPM).

Kegiatan yang rutin diselenggarakan tiap semester ini diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) SCU di Lapangan Futsal Gedung Albertus, Kampus 1 SCU, Bendan pada Jumat, 7 Juli.

Rudy Elyadi, S.E., M.M., selaku Kepala Pusat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (P3M) SCU menjelaskan kegiatan ini merupakan penutup dari rangkaian kegiatan KKU/KKS yang telah dilakukan selama 10 minggu terhitung pada 9 Mei lalu.

Ada 76 UMKM dari 10 wilayah mitra binaan KKU/KKS SCU yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. 10 wilayah mitra binaan tersebut antara lain Kandri, Kemijen, Mangunharjo, Tegalsari, Bululor, Sampangan, PSE Krapyak, PSE Bongsari, PSE Karangpanas, PSE Sambiroto, serta wilayah Lembaga Pendamping Usaha Buruh Tani Nelayan (LPUBTN), dan wilayah Center for Student Entrepreneurship (CSE) SCU.

Kegiatan ini dilengkapi dengan workshop pengembangan UMKM yang dipaparkan oleh Rahmad Aji Maulana, S.STP, selaku Sub Koordinator Fasilitasi Usaha Mikro serta pelatihan fotografi produk UMKM dari Kepala Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) SCU, Bayu Widiantoro, S.T., M.S.n.

Selain itu, para praktisi SCU juga berkesempatan untuk memaparkan hasil temuan serta gagasannya dalam memecahkan permasalahan masyarakat pesisir di Kota Semarang dalam seminar bertajuk “Kajian Bahari dalam Karya Penelitian dan Pengembangan Masyarakat.”

Rektor SCU, Dr. Ferdinadus Hindiarto, S.Psi., M.Si. memaknai FPPM merupakan wujud kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilakukan SCU benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“LPPM ini sebagai sarana SCU menyampaikan kepada publik karyanya SCU apa saja dan apakah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas,” jelas Dr. Y Trihoni Nalesti Dewi, SH., M. Hum, selaku Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) SCU.

Sejauh ini, ada lebih dari 1.000 mitra UMKM KKU/KKS yang telah merasakan dampingan pemberdayaan dari para mahasiswa serta dosen SCU.

Rudy berharap FPPM merupakan langkah awal bagi para pelaku UMKM dampingan merasakan dampak kegiatan pemberdayaan yang dilakukan oleh SCU, “karena kontribusi inilah yang ingin kita wujudkan kepada masyarakat,” tambahnya.

Selamat Memperingati Hari Kenaikan Yesus Kristus 

#KenaikanYesusKristus
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Segenap Sivitas Akademika Soegijapranata Catholic University (SCU), turut berduka cita atas meninggalnya Ir. Daniel Hartanto, S.T., M.T (Dosen Program Studi Teknik Sipil)

#RIP
Selamat Hari jadi ke-477 Kota Semarang ✨

#HUTSemarang
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional ✨

#HariPendidikanNasional
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Hari Buruh 2024

#HariBuruh

Acara yang Lain:

VIDEO