PEMILU KETUA DAN WAKIL KETUA – BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN PERIODE 2022-2023

“A Leadership Is Not A Position or A Title, It Is Action and Example”

Gambar 1. Foto Bersama Technical Meeting pada tanggal 28 Agustus 2022.

Rangkaian acara Pemilu Ketua dan Wakil Ketua BEMF-TP Periode 2022-2023 dimulai dari tanggal 2 Agustus 2022 yang merupakan masa pendaftaran untuk Pasangan Calon Ketua dan Wakil Ketua BEMF-TP. Setelah masa pendaftaran ditutup, kemudian rangkaian acara Pemilu ini dilanjutkan dengan Technical Meeting yang diadakan secara daring menggunakan platform Zoom pada hari Jumat tanggal 26 Agustus 2022 pukul 19.00, yang diadakan dengan tujuan untuk memberikan pembekalan sekaligus pengarahan mengenai tata cara termasuk timeline, syarat, ketentuan, dan jenis pelanggaran yang tidak boleh dilakukan selama rangkaian acara Pemilu Ketua dan Wakil Ketua BEMF-TP Periode 2022-2023. Berselang beberapa hari setelah Techincal Meeting dilangsungkan, yaitu pada tanggal 28 Agustus 2022 pukul 10.00 WIB dilaksanakan pengundian secara acak terkait nomor urut dari Pasangan Calon Ketua dan Wakil ketua BEMF-TP 2022-2022. Dari pengundian nomor urut Pasangan Calon didapatkan hasil yaitu, Nomor Urut 1 mewakili Kotak Kosong dan Nomor Urut 2 yaitu Tiara Indah Permata S. (FTI 2020) sebagai Calon Ketua dan Bernadigtus Ananda P. P. (FTI 2020) sebagai Calon Wakil Ketua.

Gambar 2. Nomor Urut Pasangan Calon Ketua dan Wakil Ketua BEMF-TP.

Setelah Nomor Urut Pasangan Calon telah ditentukan dan disahkan, lalu dilanjutkan dengan kegiatan selanjutnya yaitu Masa Kampanye yang berjalan selama kurang lebih 19 hari, yaitu mulai tanggal 29 Agustus sampai 16 September 2022. Selama masa kampanye, Pasangan Calon Nomor Urut 2 terus mencari dukungan melalui Tim Sukses yang telah dibentuk. Setelah masa kampanye usai, kemudian kegiatan dilanjutkan dengan acara Debat Orasi yang diadakan pada hari Jumat, tanggal 16 September 2022 secara hybrid yaitu dengan diadakan secara luring pada kelas 2E Kampus Unika BSB, yang dihadiri oleh Ormawa FTP Periode 2021-2022, para panelis, serta 5 orang perwakilan dari Tim Sukses paslon Nomor Urut 2 serta secara bersamaan juga disiarkan langsung melalui Youtube Ormawa Fakultas Teknologi Pertanian yang dapat ditonton oleh seluruh mahasiswa FTP Unika Soegijapranata. Acara Debat Orasi dilakukan dengan tujuan untuk memberikan kesempatan interaksi berupa tanya jawab mengenai berbagai hal terkait dengan visi misi, motivasi, dan harapan untuk masa mendatang yang akan dilakukan oleh Pasangan Calon Nomor Urut 2. Pada kegiatan ini, pertanyaan yang ditujukan untuk Pasangan Calon dapat disampaikan langsung oleh para panelis maupun anggota Ormawa secara langsung maupun dituliskan pada kolom komentar dari siaran langsung Youtube. Pertanyaan yang berasal dari Youtube kemudian juga kemudian dibacakan oleh moderator pada saat sesi QnA. Setelah kegiatan Debat Orasi berlangsung, kemudian selama 2 hari berikutnya yaitu tanggal 17 dan 18 September 2022 dilanjutkan dengan adanya masa tenang, dimana selama 2 hari tersebut Pasangan Calon maupun Tim Sukses nya dilarang untuk melakukan kampanye dalam bentuk apapun.

Gambar 3. Sesi Tanya Jawab pada Debat Orasi Pemilu.

Pada tanggal 19 September 2022 dilaksanakan serangkaian acara yaitu Pemilu dan Pengumuman Hasil Pemilu. Sistem Pemilu Calon Ketua dan Wakil Ketua BEMF-TP Periode 2022-2023 dilaksanakan secara langsung di Ruang Kaca, Ground Floor Kampus Unika BSB sejak pukul 09.00 – 15.00 WIB. Terdapat 3 perangkat (laptop) yang disediakan oleh panitia untuk digunakan sebagai bilik suara. Untuk memeriahkan acara Pemilu dan Pengumuman Ketua dan Wakil BEMF-TP 2022-2023, maka dari panitia juga mengadakan 2 (dua) jenis lomba yaitu Lomba Pantun dan Lomba Tebak Total Suara pada saat jam Pemilu berlangsung. Lomba ini berhasil ikut dimeriahkan oleh sebagian mahasiswa aktif FTP, dan dari masing-masing lomba tersebut hanya akan diambil 1 orang pemenang yang kemudian mendapatkan hadiah dari panitia dalam bentuk e-money yang akan dimumunkan pada saat Pengumuman Hasil Pemilu pada pukul 19.00.

Pada pukul 15.00 secara resmi Pemilu Ketua dan Wakil Ketua BEMF-TP ditutup dan didapatkan total suara sebanyak 290 suara. Dari total suara yang masuk juga telah ditentukan pemenang dari Lomba Tebak Total Suara yaitu Winda Indriani (FTI 2020) yang telah menebak sebesar 287 suara. Sedangkan Lomba Pantun berhasil dimenangkan oleh Evanindya  Odilia (FTI 2018). Setiap pemenang akan dikontak oleh panitia SMF-TP melalui Direct Message (DM) Instagram Senat Mahasiswa FTP yang kemudian di transfer menuju saldo e-money pemenang dan bukti transfer kemudian juga di kirimkan melalui DM Instagram sebagai konfirmasi kepada para pemenang.

Gambar 4. Pemenang Lomba Pantun pada Masa Pemilu BEMF-TP.

 

Gambar 5. Pemenang Lomba Tebak Total Suara pada Masa Pemilu BEMF-TP.

Dari total 290 suara, didapatkan sebanyak 87 suara untuk Nomor Urut 1 yaitu kotak kosong dan sebanyak 203 suara untuk Pasangan Calon Nomor Urut 2 yaitu Pasangan Calon Tiara (FTI 2020) dan Bernad (FTI 2020). Dari hasil pengawasan Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) ditemukan adanya pelanggaran yang terjadi selama masa Kampanye berlangsung, yaitu pendaftaran Tim Sukses yang melebihi masa pendaftaran. Dari pelanggaran yang ditemukan oleh Bawaslu tersebut maka ditetapkan adanya pengurangan poin suara untuk Pasangan Calon Nomor Urut 2 sebanyak 5 suara, sehingga total suara akhir yang didapatkan oleh Paslon Nomor Urut 2 adalah sebesar 198 suara. Maka dari itu berdasarkan hasil suara akhir yang telah disahkan oleh Bawaslu yang bertugas, telah ditetapkan Pasangan Calon Nomor Urut 2 yaitu yaitu Tiara Indah Permata S. (FTI 2020) dan Bernadigtus Ananda P. P. (FTI 2020) sebagai Pasangan Ketua dan Wakil Ketua BEMF-TP Periode 2022-2023 terpilih. Semoga dengan terpilihnya Tiara dan Bernad sebagai Pasangan Ketua dan Wakil Ketua BEMF-TP, dapat menjadikan keluarga yang harmonis dan lebih baik lagi bagi keluarga besar FTP terutama Ormawa FTP di satu periode ke depannya. (#Inne Cristie Sanjaya)

Gambar 6. Hasil Suara Pemilu BEMF-TP Periode 2022-2023.

 

Gambar 7. Foto Bersama Pasangan Calon Nomor Urut 2, Ibu Lindayani, dan Ormawa FTP Periode 2021-2022.

 

 

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori

Share:

More Posts

Send Us A Message