Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Kemah Bakti Mahasiswa (KBM) FTP SCU 2023

Kamis (7/9) hingga Sabtu (9/9), Departemen Kaderisasi yang berada di bawah naungan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian SCU melaksanakan rangkaian acara Kemah Bakti Mahasiswa (KBM). Acara tersebut diselenggarakan di Gua Maria Kerep Ambarawa (GMKA), Ambarawa yang dihadiri sebanyak 94 peserta.

Kemah Bakti Mahasiswa merupakan kegiatan yang bersifat wajib oleh seluruh mahasiswa baru dan mahasiswa yang sebelumnya tidak mengikuti kegiatan ini. Acara KBM tahun ini mengangkat tema yaitu Building Individuals with Character and Critical Thinking to Achieve Shared Dreams. Tujuan dilaksanakannya kegiatan KBM FTP ini ialah sebagai tempat untuk mendekatkan mahasiswa baru dengan satu angkatan dan mengenalkan kekeluargaan di FTP. 

Acara KBM day 1 diawali dengan pembukaan oleh Iona Mayraputri FTI’22 dan Claribel Oscarina NCT’22 selaku Master of Ceremony, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Wakil Dekan 3 Fakultas Teknologi Pertanian, Dr. Ir. Lindayani, MP. Setelah itu, persiapan keberangkatan para peserta dimulai. Sesampainya di GMKA, Ambarawa, para peserta melakukan pendirian tenda, kemudian para peserta dibangkitkan kembali semangatnya dengan penyeruan jargon dan ice breaking. Kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian sambutan dari Gregorius Nelsen H. NCT’21 selaku Ketua KBM FTP 2023 dan perkenalan seluruh panitia KBM. 

Selanjutnya, para peserta dibagi diacak menjadi beberapa kelompok yang berbeda lagi untuk melakukan kegiatan TP Chef, games malam, dan pentas seni. Setelah itu, peserta KBM diberi pembekalan dengan sesi sharing dari dosen diselingi dengan satu kali ice breaking dan dilanjutkan dengan materi PKM yang dibawakan oleh alumni FTP yaitu Hendra Liem. 

Kemudian game malam dimulai dan diakhiri dengan sesi sharing di tenda yang dipandu oleh kakak-kakak pendamping tenda dari panitia. Kegiatan terakhir di day 1 ini ditujukan untuk merefleksikan kembali kegiatan yang telah dilakukan dan mengungkapkan ketakutan, harapan, ataupun tujuan. 

Acara KBM day 2 dipandu oleh Febriyani Astuti FTI’21 dan Gabriella Agustine S. FTI’22 selaku Master of Ceremony. Acara ini dimulai dengan senam, makan dan ice breaking yang memunculkan senyuman dan semangat dari peserta KBM. Selanjutnya, sharing dari Bernadigtus Ananda P. P. FTI’20 selaku komting angkatan 2020 dan Steven Daniel Thendy FTI’22 selaku komting 2022 membagikan pengalamannya dalam menjadi komting di angkatannya. Setelah itu, pemilihan komting dimulai dengan pengajuan calon komting, orasi dan perhitungan suara. Dalam pemilihan tersebut, komting untuk angkatan 2023 yang terpilih adalah Nehemia Agustyant P.  FTI’23. Setelah itu, para peserta mempersiapkan pentas seni dan menyaksikan api unggun bersama para panitia sebagai penutup acara di malam hari tersebut. Kemudian para peserta mengikuti outbond siang dan dilanjutkan dengan pentas seni untuk meningkatkan rasa kekeluargaan antar angkatan. 

Acara KBM day 3 dipandu oleh Gabriela Agustin S. FTI’22 dan Jocelyn Putri S. FTI’22 selaku Master of Ceremony. Acara ini diawali dengan pengisian nominasi untuk para peserta KBM dan dilanjutkan dengan outbond siang. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pembacaan nominasi juara. Dalam sesi ini, para peserta yang memenangkan nominasi akan diberikan penghargaan oleh kakak panitia. Selanjutnya, after movie ditayangkan dan ditonton oleh seluruh peserta dan panitia KBM. Acara KBM day 3 ini diakhiri dengan foto bersama sebagai kenang-kenangan angkatan 2023. 

Jocelyn Putri S. FTI’22 selaku salah satu panitia dari divisi acara mengungkapkan “Acara KBM FTP 2023 pastinya sangat seru. Saya mendapatkan pengalaman baru melalui acara ini. Semua panitianya sangat kompak. Saya berharap acara KBM di tahun depan dapat semakin seru dan menyenangkan lagi”.

Banyak hal berkesan selama KBM FTP 2023 menurut Anastasia Arum Dani NCT’23 yang merupakan salah satu peserta KBM. “KBM kemarin acaranya seru terlebih waktu lomba-lomba pos dan pas acara api unggunnya. Rasanya pas ikut KBM ada suka dan ada dukanya. Dukanya adalah waktu tidur yang pastinya kurang nyaman dan kebetulan kelompokku gagal masak nasinya. Enak dan serunya bisa lebih kenal teman-teman angkatan dan kakak-kakak panitia, bisa belajar membuat tenda, dan karena banyak bermain air. Untuk kakak panitianya sendiri, saya merasa mereka perhatian dan menjaga kita sekali. Walaupun saya merasa beberapa teman angkatan saya cukup merumitkan, termasuk saya sendiri, tetapi mereka tetap sabar terhadap kita. Ada hal yang paling berkesan seperti waktu penyiraman air. Intinya panitianya sangat seru,” ungkapnya.

Gregorius Nelsen H. NCT’21 selaku ketua KBM FTP 2023 menyampaikan beberapa kesan dan pesan. “Saya ingin mengucapkan banyak terima kasih untuk seluruh panitia KBM dan sekaligus para peserta. Semoga dari kegiatan KBM ini dapat menjadi kenangan yang tak terlupakan serta bermanfaat untuk teman-teman peserta. Saya ucapkan selamat datang teman-teman di keluarga besar FTP UNIKA, sampai ketemu di kampus,” tambah Nelsen. [BEMFTP]

 

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Nih jawaban buat kalian yang masih bingung benefit beasiswa masuk di SCU dan biaya kuliahnya yang affordable. Kalau udah paham langsung gassss yaa! 

Daftar online
pmb.unika.ac.id 

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H ✨

#IdulAdha
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Gak usah galau SNBT ah, goyangin aja bareng D”CEMESH yuk 🤭

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Mau punya dosen asik - asik + suasana kuliah yang joyful? Yuk, buktikan sekarang!

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Namanya proses ada aja lika likunya, tapi jangan sampai salah pilihan, karna hanya SCU yang nyenengin ☺️ 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Hola ✨ yuk manfaatkan kesempatan mendapatkan Beasiswa Christian Youth di SCU. 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kuliahnya seasik ini di @dkvscu, tempat yang tepat buat explore kreativitasmu 🫰

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#DKV
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
This error message is only visible to WordPress admins
There has been a problem with your Instagram Feed.

Share:

More Posts

Send Us A Message