logopt

KBM FTP 2022: “Grab Your Dreams Like a Balloon”

Gambar 1. Dokumentasi Acara KBM FTP 2022

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian 2021/2022 mengadakan KBM yang diketuai oleh Jeanne Wiguna (FTI’ 20) dari Departemen Kaderisasi BEMF-TP. Kemah Bakti Mahasiswa atau KBM merupakan sebuah kegiatan yang diadakan oleh Fakultas Teknologi Pertanian Unika Soegijapranata dalam rangka meningkatkan keakraban dalam satu angkatan di antara mahasiswa baru Fakultas Teknologi Pertanian Unika Soegijapranata Semarang. Tema yang melatarbelakangi acara KBM FTP 2022 kali ini adalah Grab your dreams like a balloon. Makna dari tema ini yaitu ayunan dilambangkan sebagai perumpamaan luapan semangat dan kerja keras dari seseorang. Balon dilambangkan sebagai impian dan cita-cita yang semakin berjalannya waktu akan berkurang karena pemikiran masing-masing sehingga akan beterbangan beberapa impian yang kurang diharapkan. Anak kecil dilambangkan sebagai jiwa kita masing-masing yang harus dapat memberikan tenaga dan kemampuan untuk mengayunkan ayunan semakin tinggi dan menggenggam balon. Tahun ini, KBM FTP diadakan secara offline di Villa Pinus, Salatiga dengan tetap mematuhi protokol kesehatan setelah 2 tahun diadakan secara online. Kegiatan dilaksanakan selama 3 hari yaitu pada hari Jumat, 9 September 2022 hingga hari Minggu, 11 September 2022.

Pada hari pertama yaitu hari Jumat, 9 September 2022, acara diawali dengan presensi, check kelompok tenda, dan pengangkutan barang. Kemudian, dilanjutkan dengan perjalanan menuju ke tempat KBM. Sesampainya di tempat, seluruh peserta melakukan check barang bawaan dan makan siang terlebih dahulu. Lalu, para peserta diminta mendirikan tenda bersama kelompok tenda masing-masing. Setelah proses pendirian tenda, dilakukan sambutan oleh Jeanne Wiguna (FTI’ 20) selaku ketua acara KBM FTP. Selanjutnya, ada perkenalan panitia dan pembagian kelompok outbond. Kemudian, acara dilanjutkan dengan adanya TP Chef dimana para peserta diminta untuk mempersiapkan makanan dengan bahan makanan yang disediakan dan dimasak oleh para peserta kemah sendiri untuk melatih kemandirian para peserta. Ketika sudah malam, panitia memberikan ice breaking kepada para peserta dilanjutkan dengan adanya sharing dosen oleh Dr. Ir. Lindayani, MP. Tidak hanya itu, para peserta juga dilatih mengenai pentingnya kerjasama dalam kegiatan outbound yang diikuti.

Gambar 2. Dokumentasi Acara KBM FTP 2022

Pada hari kedua yaitu hari Sabtu, 10 September 2022, acara diawali dengan senam pagi dan sarapan. Kemudian, dilanjutkan dengan ice breaking dan sharing dari komting. Lalu, dilakukan outbound siang dan sharing hal-hal yang didapat selama menjalani outbound. Menjelang malam hari, acara dilanjutkan dengan makan malam dan pentas seni. Para mahasiswa baru menampilkan bakat yang dimiliki bersama dengan kelompoknya. Puncak acara berada ketika peneguhan peserta diiringi dengan adanya api unggun dan diakhiri dengan penerbangan lampion. Pada hari ketiga yaitu hari Minggu, 11 September 2022, acara diawali dengan makan pagi dan nominasi panitia dari peserta. Kemudian, dilanjutkan dengan adanya game angkatan dan awarding bagi peserta. Sebelum mengakhiri acara, tak lupa panitia memberikan video kenang-kenangan dan foto bersama. (#Olivia Zierra)

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori

Share:

More Posts

Send Us A Message