Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

BERBAGI CERITA BERSAMA WEBINAR THE GROWTH OF DIGITAL TECHNOLOGY AS A FUTURE JOB OPPORTUNITY

BERBAGI CERITA BERSAMA WEBINAR THE GROWTH OF DIGITAL TECHNOLOGY AS A FUTURE JOB OPPORTUNITY
Gambar 1. Sesi Pembukaan Acara Webinar The Growth of Digital Technology as a Future Job Opportunity

Pada 5 Maret 2022 Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Unika Soegijapranata melangsungkan acara webinar dengan tema “The Growth of Digital Technology as a Future Job Opportunity”. Webinar ini merupakan kegiatan yang diadakan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Unika Soegijapranata yang bekerja sama dengan 15 media partner, diantaranya madingevent.id, events.ina, event.list, sejuta.id, infowebinar.event, dan masih banyak lagi. Kegiatan ini diharapkan memiliki tujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas mengenai peluang kerja di masa depan dalam bidang teknologi. Acara ini diselenggarakan secara online melalui platform Zoom, dimulai pukul 10.00 sampai 14.30 WIB.

Webinar kali ini dihadiri oleh dua narasumber yang sangat berkompeten dan berpengalaman di bidangnya yaitu kak Feraldo Lorenzo yang merupakan seorang Data Analyst di Tokopedia. Dan yang tak kalah menarik juga ada kak Farel Van Tony, ia merupakan seorang Cyber Security Analyst yang bekerja di PT Bank Central Asia Tbk. Kegiatan webinar ini juga dihadiri oleh Dekan Fakultas Ilmu Komputer yaitu bapak Dr. Bernardinus Harnadi ST., MT yang mana beliau juga memberikan sambutan kepada semua peserta pada yang turut hadir dalam acara kali ini. Webinar The Growth of Digital Technology as a Future Job Opportunity dihadiri oleh lebih dari 350 peserta yang tidak hanya berasal dari dalam kampus, tetapi juga berasal dari luar kampus. Para pesertapun terlihat sangat antusias dalam mengikuti webinar.

Gambar 2. Sesi Pembicara dan Games Kahoot
Gambar 2. Sesi Pembicara dan Games Kahoot

Kak Feraldo Lorenzo selaku pembicara pertama memberikan materi mengenai Data Analyst sesuai dengan pekerjaannya saat ini. Beliau menjelaskan dengan rinci bagaimana menganalisis data dan apa itu Data Analystics. Pada kesempatan kali ini kak Feraldo juga menyampaikan bahwa untuk menjadi seorang data analyst itu tidak perlu hebat di bidang coding tetapi hanya cukup paham dasarnya, khususnya pada sql dan tau bagaimana cara mengambil data yang akan di analisis. Jadi untuk menjadi seorang data analyst tidak hanya dari lulusan komputer, tetapi dari jurusan lainnya juga bisa. Di luar pekerjaan, menurut pengalaman beliau kehidupan seorang Data Analyst adalah seseorang yang sangat sulit dibantah karena mereka akan berbicara berdasarkan data yang ada agar mereka bisa mempertanggungjawabkan apa yang mereka bicarakan kepada orang banyak. Seorang data analystics juga akan menganggap ketika seseorang meminta bantuan adalah sebuah kesempatan untuk belajar lebih dalam lagi. Menurutnya hal ini penting bagi kita semua khususnya mahasiswa Unika Soegijapranata bahwa bakat yang kita miliki harus didedikasikan untuk bangsa dan manusia sesuai dengan motto Unika Soegijapranata.

Kak Feraldo juga menyampaikan bahwa kegagalan merupakan hal yang wajar tapi kita tetap harus terus mencoba dan coba lagi sampai keberhasilan itu menjadi nyata. Diakhir sesi dengan pembicara pertama, Kak Feraldo juga memberi pesan kepada para peserta bahwa apapun yang ingin kita jangan takut untuk memulai dan kalau gagal coba dan terus coba lagi, jangan mudah menyerah dan jangan sampai kita kalah dengan keadaan.

Selanjutnya, kak Farel Van Tony selaku pembicara kedua memberikan materi mengenai Cyber Security. Di awal sesi beliau memberikan informasi bahwa bank BCA membuka program yang bernama “BCA IT Trainee” dimana dalam program ini kita akan dididik selama 6 bulan dan akan ada pelatihan tentang perbankan di dalamnya. Setelah lulus dari program ini kita tidak akan lagi menjadi staff tetapi kita akan menjadi supervisor yang dimana berarti kita melewati dua sampai tiga di jenjang karir pada umunya. Dalam dunia pekerjaan, apa yang kita pelajari di perkuliahan akan berbeda dengan apa yang akan kita butuhkan dalam dunia pekerjaan. Pada dasarnya masa perkuliahan yang dipelajari adalah dasar, dan perubahan pola pikir agar lebih siap dalam mengahadapi dunia pekerjaan.

Untuk memulai menekuni dalam bidang IT menurutnya kita harus mempelajari dasarnya dulu. Ada banyak bahan-bahan yang bisa kita pelajari yang bisa kita dapatkan secara gratis. Dalam webinar kali ini kak Farel juga membahas perbedaan dan hubungan antara red team dan blue team dalam cyber security. Simplenya blue team merupakan “polisi” dan red team merupakan “penjahat” data disuatu perusahaan. Pada sesi ini beliau juga mengatakan bahwa cyber security itu sangat penting dalam suatu perusahaan, karena menurutnya untuk menjaga keamanan suatu data itu membutuhkan proses yang sulit.

Seorang cyber security akan tetap bekerja dan menjaga keamanan data selama dua puluh empat jam, menurut pengalamannya pencurian data biasanya dilakukan pada jam-jam malam atau hari-hari libur panjang. Karena mereka menganggap bahwa penjagaan data akan lemah pada saat itu. Dan pada akhir sesi, disampaikan  beberapa tips kepada para peserta untuk berbuat lebih dalam masa-masa pandemi sekarang ini untuk tidak minder hanya karna nilai kita lebih rendah dibandingkan teman kita, nilai itu memang penting tetapi skill yang kita punya lebih penting dalam dunia pekerjaan nanti. Mencari pengalaman sebanyak mungkin, karena pada kenyataannya perusahaan akan lebih memilih pegawai yang lebih banyak pengalaman dan skillnya dibandingkan nilai yang tinggi tanpa skill.

Tiba di penghujung acara setelah mendengarkan dua pembicara di lanjut dengan games kahoot, yang dimana pertanyaannya mengenai seputar acara webinar The Growth of Digital Technology as a Future Job Opportunity. Dalam games kali ini terlihat para peserta yang sangat antusias mengikuti permainan ini dan terdapat 3 pemenang games yang mendapatkan hadiah. (#Maria Dyan P.N)

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Nih jawaban buat kalian yang masih bingung benefit beasiswa masuk di SCU dan biaya kuliahnya yang affordable. Kalau udah paham langsung gassss yaa! 

Daftar online
pmb.unika.ac.id 

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H ✨

#IdulAdha
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Gak usah galau SNBT ah, goyangin aja bareng D”CEMESH yuk 🤭

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Mau punya dosen asik - asik + suasana kuliah yang joyful? Yuk, buktikan sekarang!

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Namanya proses ada aja lika likunya, tapi jangan sampai salah pilihan, karna hanya SCU yang nyenengin ☺️ 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Hola ✨ yuk manfaatkan kesempatan mendapatkan Beasiswa Christian Youth di SCU. 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kuliahnya seasik ini di @dkvscu, tempat yang tepat buat explore kreativitasmu 🫰

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#DKV
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
This error message is only visible to WordPress admins
There has been a problem with your Instagram Feed.

Share:

More Posts

Send Us A Message