Ambassador of Communication and Law 2022: Joyful Learning

Pemenang AOCL 2022

Ambassador of Communication and Law (AOCL) merupakan salah satu program kerja dari BEM Fakultas Hukum dan Komunikasi (FHK) yang bertujuan untuk menghasilkan duta fakultas yang kemudian akan maju menjadi  perwakilan FHK  dalam ajang Student Of The Year (SOTY) Universitas Katolik Soegijapranata. Setelah dua tahun acara ini diselenggarakan secara daring akhirnya pada tahun ini AOCL kembali diselenggarakan secara luring di Unika Soegijapranata. AOCL tahun ini mengusung tema “Joyful Learning” dengan harapan peserta yang terpilih menjadi duta FHK nantinya dapat berkontribusi dalam menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan di Universitas Katolik Soegijapranata khususnya dalam Fakultas Hukum dan Komunikasi.

AOCL 2022 diikuti oleh 6 peserta, yaitu Diva Diani Aramita Maylafayza dari Prodi Ilmu Hukum angkatan 2021, Ayu Dian Lokeswara dari Prodi Ilmu Hukum angkatan 2021, Alessandro Manuel Wijaya dari Prodi Ilmu Komunikasi angkatan 2021, Bianca Luthita Noelee Shakila dari Prodi Ilmu Komunikasi angkatan 2021, dan Michelle Catarina Hariyanto dari Prodi Ilmu Komunikasi angkatan 2021, serta Immanuel Tadeo Evan Prihatmanto dari Prodi Ilmu Hukum angkatan 2021.

Acara ini terbagi menjadi beberapa rangkaian acara, yaitu Technical Meeting pada tanggal 17 Juni 2022 dilakukan secara online. Kemudian karantina diselenggarakan pada tanggal 2 Juli 2022 bertempat di ruang kelas 206 Gedung Antonius. Pada masa karantina, peserta mendapat pelatihan dari beberapa narasumber. Pelatihan yang diberikan adalah berupa pengenalan tema, public speaking, legal drafting, sharing alumni, pengenalan fakultas dan personal branding. Pada tanggal 30 juli 2022 dilanjut dengan uji pra publik yang bertempat di Teater Gedung Thomas Aquinas. Pada uji pra publik kali ini peserta mempertanggungjawabkan hasil karya tulis yang telah mereka buat sebelumnya bersama dengan konsultasi dari dosen pembimbing.

Di saat uji pra publik peserta dinilai oleh 3 orang juri yang berasal dari alumni AOCL tahun sebelumnya, yaitu Timothea Sharleen winner AOCL 2021, Kwee, Marcela winner AOCL 2020, dan Helena Mutiara Utomo runner up AOCL 2021. Lalu kegiatan terakhir dari AOCL ini adalah uji publik yang diselenggarakan pada tanggal 3 agustus 2022 bertempat di teater Gedung Thomas Aquinas. Pada agenda kali ini, peserta kembali diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil dari karya tulis dan menampilkan bakatnya masing-masing di hadapan para dewan juri. Pada uji publik yang menjadi juri adalah Fidelis Aggiornameto Saintio, S. Fil., M.I.Kom., Hotmauli Sidabalok, SH., CN., M.Hum.,  dan Marcella Elwina Simandjuntak, SH., CN., M.Hum.

Berdasarkan akumulasi penilaian dewan juri dari uji pra publik dan uji publik, maka winner AOCL 2022 dimenangkan oleh Alessandro Manuel Wijaya dari Prodi Ilmu Komunikasi angkatan 2021. Kemudian Tadeo Evan Prihatmanto dari Prodi Ilmu Hukum angkatan 2021 sebagai juara kedua dan Michelle Catarina Hariyanto dari Prodi Ilmu Komunikasi angkatan 2021 sebagai juara ketiga. Ibu Marcella Elwina Simandjuntak, SH., CN., M.Hum selaku Dekan FHK sekaligus juri uji publik mengatakan “Siapapun yang menang mereka adalah orang yang paling terbaik diantara yang terbaik, sistem penilaian yang lakukan bukan hanya melihat aspek eksternal saja namun melihat kemampuan yang dimiliki setiap peserta”. (#Priscilla Syelby Julieta)

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori

Share:

More Posts

Send Us A Message