Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

SCU Bersama Bawaslu Dorong Keterlibatan Mahasiswa dalam Pemilu 2024

Soegijapranata Catholic University (SCU) melepas 67 mahasiswa yang akan menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Semester Genap 2022/2023. Mereka berkumpul dalam Upacara Pelepasan KKN Tematik di Lapangan Albertus, Kampus 1 SCU Bendan pada Jumat, 22 Desember 2023.

Mengusung tema “Pemantauan Alat Peraga Kampanye Pemilu Tahun 2024,” SCU mengundang keterlibatan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) dalam program KKN Tematik semester ini. “Tema ini disepakati sebagai bentuk menanggapi tahun politik yang saat ini berjalan,” ujar Robertus Setiawan Aji N, PhD, Wakil Rektor Bidang Inovasi, Riset, dan Publikasi SCU.

Rudy Elyadi, MM, Ketua Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (P3M) SCU menilai tema ini penting guna mendukung keterlibatan mahasiswa untuk ikut mengiringi jalannya proses demokrasi. Dalam hal ini, khususnya lewat pemantauan penyelenggaraan kampanye pemilu. Lebih dari itu, tema ini dinilai dapat meningkatkan pemahaman mereka mengenai proses demokrasi yang sedang berjalan. “Jadi diharapkan juga dapat memberikan manfaat nyata sekaligus edukasi bagi masyarakat tentang penyelenggaraan pemilu tahun 2024,” tambah Rudy.

Mahasiswa juga sebelumnya telah mengikuti pembekalan selama 2 hari bersama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang beserta Bawaslu Kota Semarang.

Mereka bakal ditempatkan di 11 kecamatan di Kota Semarang. Adapun 11 kecamatan tersebut antara lain Pedurungan, Tembalang, Semarang Timur, Banyumanik, Candisari, Gajahmungkur, Semarang Selatan, Semarang Utara, Semarang Barat, Ngaliyan, Gunungpatu. Total ada 11 kelompok mahasiswa KKN Tematik yang akan berdinamika dengan masyarakat di sana selama satu bulan, yaitu pada 23 Desember 2023 hingga 24 Januari 2024.

“Semestinya teman-teman (mahasiswa) juga ikut berbangga karena ini merupakan bentuk partisipasi kita. Harapannya kita dapat memberikan kontribusi untuk ikut bersama-sama menyukseskan pesta demokrasi di tahun 2024 nanti,” harap Rudy.

Sejalan dengan itu, Robertus berpesan untuk menjaga netralitas selama menjalani program KKN Tematik sebulan ke depan. [Humas SCU]

Selamat Merayakan Paskah, Penuh Sukacita ✨

#Paskah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Jumat Agung 

#JumatAgung
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Kamis Putih 

#KamisPutih
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#joyfullearning
Nongsik #1
Kenapa SCU? Menurut kamu kenapa? 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat dan Sukses atas Kelulusan Ujian Doktor Ilmu Manajemen Dr. Bhimo Widyo Andoko. S.H., M.H di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. 

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning

Acara yang Lain:

VIDEO