Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

SCU Bantu Pengrajin Batik Ciptakan Ragam Pola Baru dengan Kecerdasan Buatan

Perkembangan teknologi Artificial Intelligence (AI) membawa dampak positif pada berbagai sektor, tidak terkecuali industri batik di Indonesia. Dipimpin Gustav Anandhita, MT, Tim Kerja Sama Dunia Usaha dan Kreasi Reka (Kedaireka) Soegijapranaat Catholic University (SCU) menggunakan teknologi kecerdasan buatan ini untuk menciptakan motif batik tulis. Ia bersama 6 dosen SCU lainnya mengerjakan inovasi ini di Desa Bakaran, Kabupaten Pati. “Teknologi AI kami manfaatkan untuk mengembangkan motif batik bakaran sehingga dapat bersaing dengan tren batik kekinian,” kata Gustav.

Dalam upaya ini, Tim Kedaireka SCU menciptakan aplikasi Jurnatif Design. Aplikasi berbasis AI ini mempelajari pola batik sudah ada untuk menciptakan pola baru. Walau begitu, aplikasi ini hanya berfokus pada pembuatan pola, sedangkan produksinya tetap dilakukan secara manual. “Proses pembatikan tetap dilakukan secara manual, sehingga para pengrajin dan pekerja lainnya tetap diperlukan dan tidak digantikan oleh AI,” tegas Gustav.

Di sisi lain, temuan ini dinilai dapat menghemat waktu dan biaya produksi. “Menghemat 50% waktu, karena pola yang dihasilkan AI adalah pola kustom. Sehingga konsumen yang meminta motif batik baru, dengan AI ini bisa memberikan banyak pilihan motif sehingga bisa menghemat waktu pengerjaan,” ungkap Gustav.

Sejalan dengan itu, Peter Ardhianto, PhD, dosen anggota Tim Kedaireka SCU menekankan kehadiran teknologi di tengah industri batik justru meningkatkan efisiensi. “Pola yang dihasilkan melalui pemanfaatan AI ini lebih terukur, sehingga dapat dievaluasi efisiensi bahan dan dampak limbah yang dihasilkan,” tegas Peter.

Lebih dari itu, ia juga setuju pentingnya mempertahankan nilai budaya dan keunikan batik yang telah mengakar di masyarakat. Hal ini menurutnya penting agar tidak mengurangi kreativitas dan inovasi dari pengrajin tradisional. “Penggunaan AI khususnya di Batik Bakaran kami batasi, biar sang pembatik ini tetap bisa memunculkan kekhasannya masing-masing. Karena mereka kan punya gayanya sendiri-sendiri,” tambahnya. Tanpa meninggalkan hal tersebut, ia juga berharap temuan ini dapat memenuhi kebutuhan batik yang lebih inovatif di pasaran. [Humas SCU]

REQUIESCAT IN PACE

Segenap Civitas Academica Soegijapranata Catholic University turut berdukacita atas meninggalnya Prof. Dr. Michael Sastrapratedja, S.J (Rektor Soegijapranata Catholic University 1989 - 1993 dan 2004-2025)

#RestinPeace
Pesan ini buat kita generasi muda ✨

#Pemilu2024
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Isra Miraj 2024 🙏

#IsraMiraj
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus 
#JoyfulLearning
Segenap Civitas Academica Soegijapranata Catholic University Mengucapkan Selamat Kepada Mgr. Fransiskus Nipa (Uskup Agung Koajutor Keuskupan Agung Makassar).

#KeuskupanMakassar
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Gong xi… Gong xi🧧 

Bentar lagi IMLEK nih ❤️ It’s time to SCU Chinese New Year Celebration. Uhuuyy ✨

Saatnya kamu bisa dapetin angpau Biaya Pendaftaran Mahasiswa Baru 2024 hanya 75.000, Konsultasi Pendidikan, Games, Palms Line Reading, Pertunjukan dari berbagai UKM dan masih banyak lagi. Catet tanggalnya nih:

🗓️ 1-5 Februari 2024
⏰ 10.00 - 22.00
📍@clsemarang (lantai 1)

Yuk, kenal SCU lebih dekat. Jangan sampai kelewatan ya ❤️

#Imlek2024
#Citralandmallsemarang
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#joyfullearning
Kalau bahagiamu gimana? 

#PMB2024
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kalau kuliah di SCU kamu bisa dapetin beragam beasiswa masuk tanpa tes yang udah include semuanya. Yakin gak mau nyoba?

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PMB2024
#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Nah, kali ini kita bakal nantangin games di @smantisa_ofc
siapa yang bakal menang?

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#SMANegeri3Salatiga
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
This error message is only visible to WordPress admins
HTTP Error. Unable to connect to the Instagram API. Feed will not update.

Acara yang Lain:

VIDEO