Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Kontribusi Unika Soegijapranata Dalam Pesta Demokrasi

Talenta Pro Patria et Humanitate, bakat terbaik dipersembahkan untuk bangsa, negara dan kemanusiaan. Kiranya semangat inilah yang selalu dibawa oleh Soegijapranata Catholic University (SCU) atau Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang dalam menghidupi nilai-nilai patronnya, uskup pribumi pertama, Mgr. Albertus Soegijapranata.

Berbagai upaya nyata sekecil apapun terus dilakukan dalam menghidupi semangat ini. Salah satunya dengan memberikan ruang bagi mahasiswanya untuk hadir dalam setiap kegiatan kebangsaan maupun kemanusiaan. Hal ini pun sekaligus menjadi penghidupan semangat “100% Katolik 100% Indonesia” yang terus digaungkan Mgr. Albertus Soegijapranata.

Keterlibatan Mahasiswa SCU Melalui KKN Tematik

Hal ini pun diwujudkan SCU dalam Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Tahun Akademik 2023/2024. Mengusung tema “Pemantauan Alat Peraga Kampanye Pemilu Tahun 2024,” SCU bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Semarang mendukung keterlibatan dan peran aktif mahasiswa dalam proses demokrasi yang sedang berjalan melalui pemantauan pengadaan alat peraga kampanye. Mereka ikut berperan aktif dalam mengidentifikasi alat peraga kampanye yang tersebar di 11 kecamatan di Kota Semarang selama sebulan, pada 22 Desember 2023-23 Januari 2024. Kecamatan tersebut antara lain Pedurungan, Tembalang, Semarang Timur, Banyumanik, Candisari, Gajahmungkur, Semarang Selatan, Semarang Utara, Semarang Barat, Ngaliyan, Gunungpati.

Mereka menemukan berbagai pelanggaraan pengadaan alat peraga kampanye, di antaranya yaitu pemasangan baliho kampanye di fasilitas publik, pohon, dan tiang listrik, serta pelanggaraan lainnya seperti bentuk visual dan isi dari alat peraga itu sendiri. Walau begitu, tidak semua pengadaan alat peraga kampanye melakukan pelanggaran, masih ada yang taat terhadap peraturan yang berlaku.

Hasil temuan 67 mahasiswa tersebut dilaporkan ke Bawaslu Kota Semarang untuk ditindaklanjuti. Temuan mereka juga dipamerkan dalam Expo KKN Tematik di Kampus 1 SCU Bendan pada Senin (5/2). Pameran tersebut merupakan capaian program KKN Tematik Tahun Akademik 2023/2024.

Program ini merupakan wadah SCU dalam memberikan pengetahuan sekaligus kesadaran politik, baik kepada mahasiswa maupun masyarakat. SCU pun menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Kota Semarang yang ikut berkontribusi nyata dalam kontestasi demokrasi yang sedang berjalan.

Keterlibatan Dosen SCU Sebagai Panelis Debat Capres

Bukan hanya mahasiswa, dosen SCU juga turut menghidupi semangat Talenta Pro Patria et Humanitate dengan hadir di berbagai agenda kenegaraan. Adalah Drs JC Tukiman Tarunasayoga, MS, PhD, dosen Program Doktor Ilmu Lingkungan (PDIL) sekaligus Ketua Kehormatan Dewan Penyantun SCU yang ikut ambil bagian sebagai panelis dalam Debat Pamungkas Calon Presiden pada Minggu (4/2) lalu di Jakarta Convention Center (JCC) pada Minggu (4/2). Hadirnya beliau pun merupakan wujud nyata kehadiran SCU mengiringi jalannya proses demokrasi menyambut pekan Pemilu 2024.

Mengusung “Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi,” tema tersebut tentunya sejalan dengan Tukiman yang telah lama berkecimpung di dunia pendidikan. Ia pun juga banyak menyuarakan pemikirannya dalam berbagai karya tulis, beberapa di antaranya “Pendidikan Nasional dalam Reformasi Politik dan Kemasyarakatan” dan “Belajar 150 Peribahasa Pembiasaan Menuju Karakter.” [Humas SCU]

REQUIESCAT IN PACE

Segenap Civitas Academica Soegijapranata Catholic University turut berdukacita atas meninggalnya Prof. Dr. Michael Sastrapratedja, S.J (Rektor Soegijapranata Catholic University 1989 - 1993 dan 2004-2025)

#RestinPeace
Pesan ini buat kita generasi muda ✨

#Pemilu2024
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Isra Miraj 2024 🙏

#IsraMiraj
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus 
#JoyfulLearning
Segenap Civitas Academica Soegijapranata Catholic University Mengucapkan Selamat Kepada Mgr. Fransiskus Nipa (Uskup Agung Koajutor Keuskupan Agung Makassar).

#KeuskupanMakassar
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Gong xi… Gong xi🧧 

Bentar lagi IMLEK nih ❤️ It’s time to SCU Chinese New Year Celebration. Uhuuyy ✨

Saatnya kamu bisa dapetin angpau Biaya Pendaftaran Mahasiswa Baru 2024 hanya 75.000, Konsultasi Pendidikan, Games, Palms Line Reading, Pertunjukan dari berbagai UKM dan masih banyak lagi. Catet tanggalnya nih:

🗓️ 1-5 Februari 2024
⏰ 10.00 - 22.00
📍@clsemarang (lantai 1)

Yuk, kenal SCU lebih dekat. Jangan sampai kelewatan ya ❤️

#Imlek2024
#Citralandmallsemarang
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#joyfullearning
Kalau bahagiamu gimana? 

#PMB2024
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kalau kuliah di SCU kamu bisa dapetin beragam beasiswa masuk tanpa tes yang udah include semuanya. Yakin gak mau nyoba?

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PMB2024
#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Nah, kali ini kita bakal nantangin games di @smantisa_ofc
siapa yang bakal menang?

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#SMANegeri3Salatiga
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning

Acara yang Lain:

VIDEO