Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Inilah 20+ Jenis Beasiswa di Unika Soegijapranata

Memasuki tahun 2024 ada berbagai peluang dan kesempatan yang bisa didapatkan dalam meraih impian, salah satunya melalui pendidikan unggulan tanpa beban finansial yang berlebihan. Saat ini SCU memiliki lebih dari 20 jenis beasiswa loh. Beasiswa ini terbagi ke dalam dua kategori, yakni Beasiswa Calon Mahasiswa dan Beasiswa Mahasiswa Aktif. Simak berbagai beasiswa berikut.

1.Beasiswa Prestasi Akademik

Beasiswa satu ini merupakan beasiswa yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang berkeinginan mendaftar di kampus SCU. Seperti namanya Beasiswa Prestasi Akademik, beasiswa ini dapat diperoleh dengan nilai akademik atau rapor selama SMA/SMK/MA kelas X dan kelas XI mulai dari semester 1 – 4 yang dikumpulkan pada awal pendaftaran. Calon Mahasiswa yang berhasil lolos seleksi beasiswa ini akan dibebaskan tes masuk dan mendapatkan Biaya Kuliah Semester (BKS) bagi peringkat 1-4.

2. Beasiswa Prestasi Olahraga

Sama seperti beasiswa sebelumnya yang menggunakan nilai rapor sebagai syarat seleksi. Beasiswa ini juga perlu melampirkan rapor dan persyaratan lagi, yakni piagam atau sertifikat olahraga. Calon mahasiswa yang berhasil lolos seleksi akan dibebaskan dari tes masuk dan mendapatkan Biaya Kuliah Semester (BKS) bagi peringkat 1 untuk juara tingkat Internasional/Nasional, peringkat 2 untuk juara di tingkat provinsi, peringkat 3 untuk juara di tingkat kabupaten/kota, serta peringkat 4 untuk yang pernah menjadi atlit di kegita tingkat yang mewakili cabang olahraganya.

3. Beasiswa OMK Paroki

Masih diperuntukkan  bagi calon mahasiswa, beasiswa ini terbuka bagi teman-teman OMK Paroki atau yang aktif di gereja seluruh Keuskupan di Indonesia. Benefit yang bisa didapatkan teman-teman saat berhasil lolos Beasiswa OMK Paroki adalah upgrage mendapatkan Biaya Kuliah Semester (BKS) menjadi peringkat 1. Calon mahasiswa yang tertarik beasiswa ini dapat melampirkan Surat rekomendasi Romo Paroki sebagai aktivis Gereja (OMK / pengurus Paroki / kelompok doa / dll), serta bersedia aktif dalam kegiatan kemahasiswaan di Kampus SCU.

4. Beasiswa Christian Youth

Sama seperti Beasiswa OMK Paroki, Beasiswa Christian Youth ini terbuka bagu teman-teman Christian yang aktif di gereja seluruh Indonesia. Calon mahasiswa dapat melampirkan surat rekomendasi Pendeta / Majelis yang menyatakan sebagai aktivias gereja  (Worship Leader / Tamborin / Singer / dll). Mereka yang lolos beasiswa ini akan mendapat upgrade Biaya Kuliah Semester (BKS) maksimal di peringkat 2.

5. Beasiswa Anak Guru

Beasiswa ini dapat diperoleh bagi teman-teman yang memiliki orang tua kandung  yang berprofesi sebagai Guru Aktif di seluruh jenjang hingga SMA/SMK/MA.Calon mahasiswa dapat melampirkan Surat Keputusan (SK) Guru yang masih aktif ketika melakukan pendaftaran. Benefit yang diperoleh bagi mahasiswa yang lolos beasiswa ini adalah upgrade peringkat Biaya Kuliah Semester (BKS) maksilmal peringkat 2.

6. Beasiswa Laudato Si

Beasiswa ini merupakan beasiswa yang terbuka bagi calon mahasiswa baru dengan pilihan Program Studi Rekayasa Insfrastruktur atau Teknologi Energi. Nantiny mahasiswa yang berhasil lolos beasiswa ini akan memperoleh biaya pendidikan selama 8 semester. Namun, mereka juga harus bersedia untuk aktif dalam kegiatan pemeliharaan keutuhan alam ciptaan di lingkungan kampus, serta bersedia menjadi mahasiswa yang bekerja paruh waktu di pengelola Program Rekayasa Infrastruktur & Lingkungan atau Teknologi Energi atau di Lembaga Pengembangan Mahasiswa & Alumni.

7. Beasiswa KIP-Kuliah

Siapa yang tidak mengenal beasiswa satu ini? Pastinya sudah banyak yang tak asing lagi mendengar beasiswa satu ini. Beasiswa KIP-Kuliah atau yang dikenal dengan Beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah adalah beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah dan terbuka untuk seluruh calon mahasiswa baru. Melalui beasiswa ini mahasiswa akan mendapatkan biaya pendidikan selama 8 semester. Calon mahasiswa yang mengajukan diri untuk mengikuti seleksi penerimaan Program Beasiswa KIP-Kuliah ini dapat melakukan pendaftaran pada laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id yang kemudian dapat dikonfirmasikan unit kemahasiswaan SCU.

8. Beasiswa Keluarga

Beasiswa ini ditujukan bagi calon mahasiswa yang memiliki anggota keluarga yang sedang kuliah / alumni di Soegijapranata Catholic University. Calon mahasiswa yang memiliki saudara kandung / alumni akan akan mendapatkan keringanan Biaya Kuliah Semester (BKS). Bagi Program Non Kedokteran akan mendapatkan keringanan 3,5% dari Biaya Kuliah Semester (BKS) Reguler jika memiliki 1 saudara kandung / alumni. Apabila memiliki 2 atau lebih saudara kandung / alumni akan mendapatkan Biaya Kuliah Semester (BKS) peringkat 4. Calon mahasiswa dapat melampirkan Akta kelahiran calon mahasiswa, Akta kelahiran saudara kandung / alumni, Kartu keluarga, dan Kartu mahasiswa / kartu alumni / ijazah terbitan Soegijapranata Catholic University sebagai persyaratannya.

9. Beasiswa Sandjojo Prestasi

Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa aktif yang memiliki kejuaraan pada tingkat provinsi, nasional, maupun internasional. Setiap 6 bulan sekali, yakni pada September-Oktober dan Maret-April, beasiswa ini dibuka dengan subsidi biaya SKS sebesar maksimal RP 2.100.000. Mahasiswa yang tertarik untuk mendaftar beasiswa ini dapat mengumpulkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), Piagam Penghargaan, Dokumentasi Kejuaraan dan Surat pernyataan bersedia aktif dalam penugasan Universitas.

10. Beasiswa Sandjojo PKM

Beasiswa ini dibuka setahun sekali, yakni pada bulan Maret / April dan diperuntukan sebagai subsidi biaya SKS Genap. Bagi mahasiswa yang menerima Beasiswa Sandjojo PKM akan mendapatkan subsidi biaya SKS Genap sebesar maksimal Rp. 2.100.000. Beasiswa ini diperuntukan hanya bagi ketua PKM dan ketua PKM wajib mengupload proposal PKM hingga ke simbelmawa. Mahasiswa dapat mengirimkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), Proposal PKM, dan Surat Pernyataan PKM sebagai persyaratan.

11. Beasiswa Sandjojo Peduli

Beasiswa ini dibuka 4 kali setahun setiap masa pembayaran UKP dan SKS, yakni pada bulan Juli / Agustus, September / Oktober, Desember / Januari, dan Maret / April. Mahasiswa yang menerima beasiswa ini akan mendapatkan subsidi biaya UKP / SKS Genap sebesar maksimal Rp. 2.100.000. Adapun persyaratan yang harus lampirkan, yakni Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), Transkrip Nilai, Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM), Slip Gaji/Surat Pendapatan Orang Tua, Surat Rekomendasi Dekan/Wakil Dekan Kemahasiswaan, serta Surat Pernyataan bersedia aktif dalam penugasan Universitas.

12. Beasiswa UKT (DIKTI)

Beasiswa UKT (Dikti) adalah beasiswa dari Pemerintah / Dikti. Jadwal seleksi dan pembukaan beasiswa menunggu informasi dari pemerintah. Besaran subsidi Rp. 2.400.000 dan diperuntukan bagi mahasiswa yang mengalami kendala finansial.

13. Beasiswa VDMI

Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa D3/D4/S1 dengan berbagai multidisiplin ilmu yang memiliki keterbatasan secara ekonomi. Mahasiswa yang mendaftar beasiswa ini akan mendapatkan biaya setiap bulan sebesar Rp 750.000 dan mendapatkan kesempatan untuk bergabung dalam program pelatihan. Pendaftaran beasiswa ini dimulai pada 10 Februari – 10 Maret 2024 melalui laman ers.vdms-scholarship.org.

14. Beasiswa ADARO

Beasiswa ini diperuntukan untuk mahasiswa Fakultas Saintek, yakni Fakultas Teknologi Pangan, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Teknologi Lingkungan, Fakultas Arsitektur dan Desain, Fakultas Kedokteran mulai semester 2 hingga 6. Pembukaan Beasiswa Adaro dilaksanakan pada semester genap, yakni Maret-Juni. Sedangkan penerimaan beasiswa ini dilakukan di semester ganjil, yakni pada Bulan Agustus. Beasiswa ini membuka kuota sebanyak 20 anak pertahun dengan penerimaan biaya sebesar Rp. 2.250.000 setiap triwulan selama satu tahun.

15. Beasiswa Djarum

Beasiswa Djarum diperuntukan bagi strata S1 di semua jurusan dengan Indeks Prestasi Kumulatif minimum 3.00 pada semester III dan aktid mengikuti kegiatan organisasi baik dalam maupun di luar kampus. Pendaftaran beasiswa ini dapat dilakukan secara mandiri melalui website djarumbeasiswaplus.org yang dibuka sekitar Bulan Maret – Juni.

16. Beasiswa CSR

17. Beasiswa APTIK Pandemi

18. Beasiswa DUTA (Alumni)

19. Beasiswa Salim

20. Beasiswa Pandemi

21. Beasiswa Hidup Bahagia

Cek detail informasi terkait beasiswa – beasiswa ini pada laman  pmb.unika.ac.id

REQUIESCAT IN PACE

Segenap Civitas Academica Soegijapranata Catholic University turut berdukacita atas meninggalnya Prof. Dr. Michael Sastrapratedja, S.J (Rektor Soegijapranata Catholic University 1989 - 1993 dan 2004-2025)

#RestinPeace
Pesan ini buat kita generasi muda ✨

#Pemilu2024
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Isra Miraj 2024 🙏

#IsraMiraj
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus 
#JoyfulLearning
Segenap Civitas Academica Soegijapranata Catholic University Mengucapkan Selamat Kepada Mgr. Fransiskus Nipa (Uskup Agung Koajutor Keuskupan Agung Makassar).

#KeuskupanMakassar
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Gong xi… Gong xi🧧 

Bentar lagi IMLEK nih ❤️ It’s time to SCU Chinese New Year Celebration. Uhuuyy ✨

Saatnya kamu bisa dapetin angpau Biaya Pendaftaran Mahasiswa Baru 2024 hanya 75.000, Konsultasi Pendidikan, Games, Palms Line Reading, Pertunjukan dari berbagai UKM dan masih banyak lagi. Catet tanggalnya nih:

🗓️ 1-5 Februari 2024
⏰ 10.00 - 22.00
📍@clsemarang (lantai 1)

Yuk, kenal SCU lebih dekat. Jangan sampai kelewatan ya ❤️

#Imlek2024
#Citralandmallsemarang
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#joyfullearning
Kalau bahagiamu gimana? 

#PMB2024
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kalau kuliah di SCU kamu bisa dapetin beragam beasiswa masuk tanpa tes yang udah include semuanya. Yakin gak mau nyoba?

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PMB2024
#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Nah, kali ini kita bakal nantangin games di @smantisa_ofc
siapa yang bakal menang?

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#SMANegeri3Salatiga
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning

Acara yang Lain:

VIDEO