Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search
Close this search box.

Mahasiswa Psikologi Meraih Juara Dua POMNAS 2022 Cabang Olahraga Tarung Derajat

Cantika Novita Engel – Psikologi 2021

Cantika Novita Engel, mahasiswa berprestasi cabang olahraga Tarung Derajat berhasil meraih juara dua. Prestasi pada pertandingan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) 2022 XVII di Padang, Sumatera Barat. Perempuan Fakultas Psikologi Angkatan 2021 ini mulai menggeluti Tarung Derajat pada tahun 2018 sebagai ekstrakulikuler saat duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA).

Tarung Derajat merupakan seni bela diri yang berasal dari Indonesia yang didirikan oleh Achmad Dradjat atau yang akrab dikenal dengan Aa Boxer. Tarung Derajat sendiri menekankan kepada agresivitas serangan dalam memukul dan menendang, terlepas dari itu, teknik terkait bantingan, kuncian dan sapuan kaki juga termasuk dalam metode pelatihannya.

Perempuan yang akrab disapa Cantika ini telah meraih beberapa kejuaraan diantaranya:

  1. Juara 1 Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Provinsi (BK POPROV), Oktober 2022 Tarung Putri, Kelas 45,1-50kg, Gedung Islamic Center, Brebes.
  2. Juara 2 Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS), 17-26 November 2022, Tarung Putri, Kelas 50,1-54 kg, Universitas Padang
  3. Juara 2 Pekan Olahraga Mahasiswa Provinsi (POMPROV) 6-7 September 2022 Tarung  Putri, Kelas 45,1-50kg, UMK Kudus
  4. Juara 1 Kejuaraan Provinsi (KEJURPROV) 4-7 Juli 2019, Tarung Putri , Kelas 49,1-51 kg, Gedung Dom Boyolali

Kisah Cantika

Cantika bercerita bahwa dirinya semula bergabung di club dancer saat di Yogyakarta. “Awalnya aku ikut dancer waktu di Yogyakarta, terus waktu SMA masuk kegiatan baris-berbaris dan akhirnya diajak teman ikut Tarung Derajat. Tetapi akhirnya saya yang niat melanjutkan sendiri dan teman saya pada sendiri-sendiri” terang Cantika saat diwawancara (8/12/22)

Cantika sendiri merasakan kebahagiaan bisa mewakili Unika Soegijapranata hingga dapat bertanding pada ajang Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) dan membawa pulang medali Perak. Perempuan ini juga berterus terang bahwa dukungan dari orangtua tidak pernah putus sehingga ia bisa terus maju dan mencoba yang terbaik.

“Latihan POMNAS sendiri itu memakan waktu satu bulan, Tetapi perasaannya senang akhirnya bisa ikut sampai nasional dan bisa kenal sama teman-teman dari kelas lain.” jelas Cantika

“Karena menang ini saya tidak berhenti di sini saja, lebih giat latihan lagi, bisa menghasilkan yang terbaik, dan tidak mengecewakan pelatih yang percaya sama saya,” tutup Cantika.

[Humas Unika Soegijapranata/Kris]

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Stop Galau! Masih ada Beasiswa Masuk di SCU, buruan! Gak pake tes cuma pakai nilai rapor ajah 😁Daftar onlinepmb.unika.ac.id#BeasiswaKuliah#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Kata siapa abis kuliah nganggur? Buktinya lulusan SCU kurang dari 2 bulan aja buat dapetin kerja! Jadi, masih ragu kuliah di SCU?Daftar onlinepmb.unika.ac.id#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Selamat Merayakan Paskah, Penuh Sukacita ✨#Paskah#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Jumat Agung #JumatAgung#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning

Share:

More Posts

Send Us A Message