Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search
Close this search box.

Dosen UIN Walisongo dan Unika Ajari Masyarakat Sulap Sampah Organik Jadi Sabun

SEMARANG (jatengtoday.com) — Dosen UIN Walisongo Semarang bersama dosen Unika Soegijapranata kolaborasi mengadakan pelatihan pembuatan sabun dari sampah organik rumah tangga.

Menurut dosen UIN Walisongo Teguh Wibowo, selama ini sampah organik belum banyak tersentuh. Sampah rumah tangga yang sering diolah hanya plastik bungkus makanan, botol minuman, kaleng, dan sejenisnya.

“Sampah organik seperti sayuran dan buah sering dibuang begitu saja. Padahal dari segi manfaat sangat banyak,” ujarnya, Selasa (1/11/2022).

Tim pengabdian masyarakat dari dua kampus berbeda itu lantas tergerak untuk mengajari mengolah sampah organik kepada masyarakat di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Sido Rahayu Sodong Kecamatan Mijen, Kota Semarang.

Pendampingan dilakukan secara berkelanjutan, diawali dengan pelatihan pembuatan larutan kompleks hasil fermentasi limbah organik atau garbage enzyme.

Teguh yang merupakan dosen kimia mengungkapkan, cara pembuatan garbage enzyme cukup sederhana. Bahan yang digunakan adalah sampah sayuran atau buah, air dan molases (sebagai sumber glukosa).

Tiga bulan setelah pembutan garbage enzyme baru diadakan pelatihan pembuatan sabun.

“Kegiatan dibuat jeda cukup lama karena pembuatan garbage enzyme membutuhkan waktu sekitar 3 bulan. Selama jeda dilakukan pemantauan garbage enzyme yang sudah dibuat,” jelasnya.

Dosen dari Unika Soegijapranata, Amrizarois Ismail menambahkan, dibutuhkan pendampingan langsung oleh para akademisi untuk ikut serta membangun peradaban yang ada di masyarakat.

“Perguruan tinggi juga harus kolaborasi untuk memberikan sumbangsih keilmuan kepada masyarakat guna meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia,” ujar Amri yang juga Direktur Griya Riset Indonesia ini. (*)

editor : tri wuryono

 

Sumber : https://jatengtoday.com/dosen-uin-walisongo-dan-unika-ajari-masyarakat-sulap-sampah-organik-jadi-sabun

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Stop Galau! Masih ada Beasiswa Masuk di SCU, buruan! Gak pake tes cuma pakai nilai rapor ajah 😁Daftar onlinepmb.unika.ac.id#BeasiswaKuliah#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Kata siapa abis kuliah nganggur? Buktinya lulusan SCU kurang dari 2 bulan aja buat dapetin kerja! Jadi, masih ragu kuliah di SCU?Daftar onlinepmb.unika.ac.id#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Selamat Merayakan Paskah, Penuh Sukacita ✨#Paskah#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Jumat Agung #JumatAgung#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning

Share:

More Posts

Send Us A Message