Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search
Close this search box.

556 Mahasiswa SCU Usai Ikuti Program KKU/KKS di 10 Kecamatan Kota Semarang

Setelah menjalani rangkaian kegiatan Kuliah Kerja Usaha (KKU)/Kuliah Kerja Sinergis (KKS), Soegijapranata Catholic University (SCU) atau Unika Soegijapranata menarik 556 mahasiswanya dari wilayah mitra binaan sebagai penutup kegiatan pengabdian masyarakat tersebut. Kegiatan penarikan ini diselenggarakan secara online pada Senin, 11 Juli.

556 mahasiswa tersebut sebelumnya telah mengikuti KKU/KKS sejak upacara pelepasan pada 9 Mei 2023 lalu.

Selama 10 minggu, 78 kelompok mahasiswa KKU telah mendampingi 76 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam mengembangkan dan memberdayakan usahanya. Selain itu, 16 kelompok mahasiswa KKS juga telah mendampingi 3 Rukun Warga (RW), 16 Rukun Tetangga (RT), dan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

Seluruh mitra binaan berasal dari 10 kecamatan yang terdiri dari 30 kelurahan. 10 kecamatan tersebut meliputi Kandri, Kemijen, Mangunharjo, Tegalsari, Bululor, Sampangan, PSE Krapyak, PSE Bongsari, PSE Karangpanas, PSE Sambiroto, serta wilayah Lembaga Pendamping Usaha Buruh Tani Nelayan (LPUBTN), dan wilayah Center for Student Entrepreneurship (CSE) SCU.

Sebelumnya, mahasiswa juga ikut berpartisipasi memasarkan produk dalam UMKM Festival Penelitian Pengabdian Masyarakat (FPPM) yang diselenggarakan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) SCU pada Jumat, 7 Juli lalu.

Nantinya, para mahasiswa akan melaksanakan Refleksi KKU/KKS selama seminggu pada 20-27 Juli mendatang. Dalam kegiatan ini, para mahasiswa akan merefleksikan pelajaran serta manfaat apa yang mereka dapatkan selama menjalani KKU/KKS.

“Mahasiswa itu biar merasakan masa-masa belajarnya bersama ibu dan bapak (mitra binaan) dengan penuh suka cita,” tutur Dr. Y Trihoni Nalesti Dewi, SH., M. Hum, selaku Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) SCU kepada para mitra binaan. Ini sejalan dengan apa yang disampaikan Rudy Elyadi, S.E., M.M., selaku Kepala Pusat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (P3M) SCU terkait tema KKU/KKS semester ini, “Pendampingan Mitra dengan Sukacita.”

Dalam FPPM, para mitra binaan menyampaikan kesenangannya telah dibantu dan dibina oleh para mahasiswa, “(karena) tekad kami adalah mendampingi dengan suka cita,” tegas Trihoni.

Beliau berharap para mitra berkenan memberikan masukannya kepada SCU, “kami berusaha setiap waktu pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih baik lagi,”ujarnya kepada para mitra.

“Mudah-mudahan kerja sama yang semakin baik ini akan bertambah baik, dan memberikan kesan yang baik untuk bapak ibu semua,” harapnya terkait selesainya program KKU/KKS. [Humas SCU/Hil]

Kabar baik buat kamu friends! Jalur Beasiswa masih dibuka sampai 30 Juni 2024. Daftarnya cuma pakai nilai rapor tanpa tes! Ayo dapatkan beasiswa masuk (Biaya Kuliah Semester) yang udah include semuanya! Buktikan sekarang juga! ✨Daftar onlinepmb.unika.ac.id#BeasiswaKuliah#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Kenaikan Yesus Kristus #KenaikanYesusKristus#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Segenap Sivitas Akademika Soegijapranata Catholic University (SCU), turut berduka cita atas meninggalnya Ir. Daniel Hartanto, S.T., M.T (Dosen Program Studi Teknik Sipil)#RIP
Selamat Hari jadi ke-477 Kota Semarang ✨#HUTSemarang#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional ✨#HariPendidikanNasional#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Selamat Hari Buruh 2024#HariBuruh

Acara yang Lain:

VIDEO