Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

FK Unika Awali Kegiatan Dies Natalis ke-3 dengan Kompetisi Field Lab

Dalam rangka merayakan Dies Natalis ke-3 Fakultas Kedokteran Unika Soegijapranata, maka pada hari Kamis (9/12), bertempat di ruang Teater Gedung Thomas Aquinas telah diselenggarakan acara opening ceremony yang mengawali berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan dalam kurun waktu dua bulan ke depan, atau tepatnya pada bulan 14 Februari 2022.

Acara yang dihadiri oleh Wakil Rektor Inovasi, Riset dan Publikasi Unika Soegijapranata Robertus Setiawan Aji N  ST McomIT  PhD, Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Unika dr Indra Adi Susianto MSi Med  SpOG , Kaprodi FK Unika dr Fransisca Pramesshinta Hardimarta MSi Med, Ketua Dies Natalis FK Unika Soegijapranata dr Jonsinar Silalahi MSi Med SpB SpBA, maupun Programer Field Lab FK Unika Perigrinus H Sebong MPH.

“Fakultas Kedokteran Unika Soegijapranata berfokus pada wilayah daerah terdepan, perbatasan dan kepulauan, sehingga kami melatih mahasiswa untuk nantinya setelah lulus bisa bekerja pada daerah-daerah tersebut. Oleh karena itu kami membekali sejak awal para mahasiswa tersebut dengan field lab, yaitu dengan terjun ke lapangan, melihat kondisi yang dihadapi dan memberikan solusi singkat,” ungkap  dr Indra Adi Susianto.

Untuk mengasah kemampuan field lab tersebut, maka dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-3 FK Unika, kita menyelenggarakan salah satu kegiatan kompetisi field lab dengan dipandu tidak hanya dari dosen lokal saja tapi juga dipandu oleh dosen dari Sydney Australia.

Sedang dr Fransisca Pramesshinta selaku Kaprodi FK Unika juga menambahkan bahwa pengenalan FK Unika pada field lab menjadi kekhasan tersendiri yang berbeda dengan Fakultas Kedokteran dari perguruan tinggi lainnya.

Dalam field lab yang ditempuh oleh mahasiswa di semester V ini, mereka akan terjun ke puskesmas di sekitar Kota Semarang dan melihat ada problem apa di masing-masing puskesmas ini, yang tentunya sangat dipengaruhi oleh kultur masyarakat sekitarnya sendiri-sendiri.

“Harapannya nanti di semester VI dan VII, para mahasiswa ini akan menempuh KKN dan akan diterjunkan pada daerah sekitar Minahasa Utara. Dan saat itulah mereka diharapkan  bisa memberikan solusi atas problem penyakit yang dihadapi di daerah tersebut, berdasarkan kultur budaya masyarakat setempat,” tuturnya.

Sementara Perigrinus H Sebong MPH  selaku Programer Field Lab FK Unika Soegijapranata, berharap dengan kegiatan ini para mahasiswa terbekali kompetensinya, jadi tidak hanya bisa menangani penyakit tetapi juga bisa mengatur manajemennya.

Ketua panitia Dies Natalis ke-3 FK Unika sekaligus Wakil Dekan Kemahasiswaan  dr Jonsinar Silalahi MSi Med SpB SpBA, juga menegaskan perlunya dikembalikan lagi marwah dokter yang sesungguhnya sejak awal, sebab di lapangan saat ini sudah mulai banyak yang bergeser.

“Dokter itu tidak hanya yang enak-enak saja, tetapi sejak awal perlu dibangun ketangguhan dan kompetensi yang kuat di bidangnya. Maka dalam Dies Natalis ke-3 FK Unika ini kita tidak hanya menyelenggarakan kompetisi field lab tadi,  tetapi kita juga akan menyelenggarakan  bakti sosial, olimpiade biologi untuk siswa SMA dalam skala nasional, serta seminar-seminar herbal,” tegasnya. (FAS)

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Stop Galau! Masih ada Beasiswa Masuk di SCU, buruan! Gak pake tes cuma pakai nilai rapor ajah 😁

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kata siapa abis kuliah nganggur? Buktinya lulusan SCU kurang dari 2 bulan aja buat dapetin kerja! Jadi, masih ragu kuliah di SCU?

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Merayakan Paskah, Penuh Sukacita ✨

#Paskah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Jumat Agung 

#JumatAgung
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning

Share:

More Posts

Send Us A Message