Webinar “Covid-19 Meledak? Don’t Panic! Get Informed!”

Pada hari Sabtu, 7 Agustus 2021, telah dilaksanakan Webinar “Covid-19 Meledak? Don’t Panic! Get Informed!”. Webinar kali ini dilaksanakan dari pukul 10:00 sampai pukul 13.00 WIB.
Awalnya Program Kerja Care To People Around Us (COPAS) akan dilaksanakan secara offline dengan mengadakan acara bakti sosial di 3 panti asuhan, namun saat perencanaan sudah 50%, Wakil Rektor III mengeluarkan surat yang ditujukan kepada seluruh organisasi di Unika Soegijapranata untuk tidak melaksanakan pertemuan atau acara secara tatap muka dan dianjurkan untuk mengadakan kegiatan virtual atau online karena covid yang sedang melonjak tinggi. Oleh karena itu, kami merubah program kerja COPAS yang semula offline menjadi berbasis online dalam bentuk webinar, melalui platform Via Zoom.
Adapun tema yang diangkat adalah “Covid-19 Meledak? Don’t Panic! Get Informed!”. Alasan kami memilih tema ini karena proker ini berdampingan dengan kasus Covid-19 yang melonjak dan berhubung proker ini mengarah ke kegiatan sosial atau peduli sesama, maka kami memilih webinar mengenai Covid-19 dengan harapan kami dapat mengimplementasikan rasa peduli kami kepada sesama melalui sosialisasi Covid-19 dan pentingnya vaksinasi. Serta berdasarkan tema ini, topik bahasan webinar adalah varian terbaru Covid-19, vaksinasi dan upaya pencegahan atau penanggulangan dalam menghadapi pandemi covid yang sedang melonjak tinggi.
Acara webinar dibuka untuk umum oleh UKM Pelayanan Pastoral Mahasiswa, sehingga tidak dibatasi oleh asal instansi, umur maupun status (pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, pekerja, dll).
Webinar COPAS ini diikuti oleh 159 peserta yang sudah terdaftar, hal ini sangat diluar ekspetasi kami mengenai peserta yang mendaftar. Sebab target kami, hanya 75 peserta, diantaranya 50 orang dari dalam kampus dan 25 orang dari masyarakat umum. Tetapi realitanya baik dari dalam kampus maupun luar kampus/masyarakat umum sangat berantusias utuk mengikuti webinar kami mengenai Covid-19 ini.
Webinar “Covid-19 Meledak? Don’t Panic! Get Informed!” memiliki tujuan untuk mengedukasi dan mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai varian terbaru covid-19 dan vaksinasi beserta cara yang tepat dalam menghadapi pandemi ini.
Dengan memahami dan mengetahui segala informasi mengenai varian terbaru covid-19, pentingnya vaksinasi dan cara yang paling tepat dalam menghadapi pandemi yang situasinya semakin buruk, kami berharap webinar ini dapat memberikan tambahan pengetahuan atau wawasan untuk menjadi bekal bagi masyarakat agar dapat bertahan, mengatasi atau mencegah, dan menanggulangi pandemi ini dengan baik, benar, serta tepat. Khususnya bagi masyarakat yang takut divaksin sebab kemakan isu yang hoax dan bekal bagi masyarakat yang terpapar Covid-19 tetapi tidak bisa ke rumah sakit karena sudah penuh serta diharuskan untuk isolasi mandiri.
Acara webinar kali ini, kami mengundang 2 pembicara yaitu Dr. Gregorius Yoga Panji Asmara, S.H., M.H., C.L.A. sebagai pembicara pertama (dari dalam Unika) dan Dr. Hans Kristian Handoko sebagai pembicara kedua. Ps. Yerry Pattinasarani (dari luar Unika). Pada webinar ini kami juga memakai jasa moderator sebagai pemandu jalannya acara yaitu Leonardus Devi Heryanto S.Psi, C.H, C.Ht.
Dr. Gregorius Yoga Panji Asmara S.H., M.H., C.L.A. merupakan dosen aktif Fakultas Kedokteran Unika Soegijapranata Semarang, dokter klinis Klinik Pratama Ibu Teresa Unika Soegijapranata Semarang, dan yang terutama sebagai Tim Satgas Tanggap Covid-19 Unika Soegijapranata.
Sedangkan Dr. Hans Kristian Handoko merupakan dokter internsip RS Pelabuhan Jawa Barat-Kota Cirebon, Manajer operasional RumahSwab.id (Home service swab Covid-19), dan Health Advisor Mufit.id (platform fitness dan wellness yang berorientasi ke pencegahan dan gaya hidup sehat).
Sehingga dari latar belakang kedua pembicara inilah yang membuat kami menginginkan mereka untuk mengisi di acara webinar ini. Pembicara 1 (Dr. Gregorius) yang membahas perkembangan Covid-19 di Indonesia dan varian-varian terbaru Covid-19 yang menyebabkan kasus Covid-19 akhir-akhir ini melonjak tinggi. Kemudian Pembicara 2 (Dr. Hans) membahas pentingnya vaksinasi dan cara pencegahan serta penanggulangan Covid-19 yang paling tepat.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email
Share on whatsapp
WhatsApp
Kategori

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Share on whatsapp

More Posts

Send Us A Message