English Bahasa Indonesia

STUDENT OF THE YEAR (SOTY)

Tujuan pendidikan tinggi Katolik adalah membentuk mahasiswa agar tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang utuh, baik dari aspek professional keilmuan maupun kepribadiannya (Konstitusi Apostolik tentang Universitas Katolik, diktum 23). Pemenuhan dari tujuan tersebut merupakan tanda keberhasilan dari pendidikan di Universitas Katolik itu sendiri, termasuk Unika Soegijapranata. Oleh karena itu, Unika Soegijapranata mengadakan kompetisi Student of The Year (SOTY) yang tahun ini telah mencapai tahun kesepuluhnya sebagai ajang untuk melihat keberhasilan pendidikan yang telah dilakukan, sekaligus menghargai para mahasiswanya yang telah melakukan pergumulan mencapai keunggulan.

Sesuai dengan namanya, Student of The Year diadakan setiap tahun dengan mencakup beberapa tahap proses seleksi dan diikuti oleh para mahasiswa Semester IV dari berbagai fakultas di Unika Soegijapranata. Pelaksanaan program SOTY dimulai dengan pembuatan karya tulis tulis secara kritis-kreatif-visioner yang menunjukkan aktivitas dan kepedulian mahasiswa terhadap situasi di kampus atau lingkungan sekitarnya sesuai tema karya Universitas, serta gagasan mahasiswa dalam menyelesaikan suatu masalah yang actual di masyarakat sesuai bidang pendidikan masing-masing. Setelah itu, peserta akan melalui dua tahap seleksi yakni Seleksi tingkat Fakultas dan Seleksi tingkat Universitas. Pada Seleksi tingkat Universitas, peserta SOTY yang telah lolos menjadi perwakilan dari fakultas masing-masing akan melewati ketiga tahap lanjutan yakni Seleksi Tahap 1 (naskah dan bukti fisik), Seleksi Tahap 2 (Pembekalan & Uji Pra Publik), hingga Seleksi Tahap 3/Final (Uji Publik) yang dilaksanakan  dengan berdasarkan pada tema karya Universitas.

Meski terdiri atas rangkaian proses pemilihan/seleksi, SOTY bukan hanya sekedar ajang bagi mahasiswa untuk saling berlomba-lomba dengan mahasiswa lainnya maupun  memperebutkan kemenangan dan penghargaan. Lebih daripada itu, SOTY merupakan wadah bagi para mahasiswa Universitas Katolik Soegijapranata untuk unjuk kemampuan sekaligus mengembangkan potensi terbesar yang dimilikinya secara akademis maupun non-akademis. Hal tersebut tercermin dari serangkaian proses pengembangan diri yang terdapat dalam kompetisi ini, dimulai dari pembuatan karya tulis yang melatih kemampuan penyelesaian masalah, pembekalan wawasan nusantara untuk memastikan peserta lebih mengenal negara Indonesia, pengembangan karakter, hingga pembekalan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris yang kemudian aktif digunakan dalam proses presentasi karya tulis di Uji Pra Publik dan Uji Publik.

Selain itu, peserta juga dapat memperluas koneksinya saat mengikuti ajang SOTY. Dengan melibatkan seluruh fakultas di Universitas Katolik Soegijapranata, peserta SOTY terdiri atas para mahasiswa dari beragam fakultas yang berbeda. Hal ini memungkinkan mahasiswa untuk menambah relasi, meningkatkan kemampuan sosialisasi, hingga saling berbagi pengalaman dan bekerjasama dalam mengembangkan potensi diri sekaligus memajukan Universitas. Para peserta SOTY, meski berasal dari berbagai bidang pendidikan yang berbeda, dapat kompak berdinamika bersama dalam rentetan suka-duka kompetisi ini hingga tercipta bonding dan pertemanan yang berkesan bahkan setelah kelulusan.

Puncaknya, konferensi berbahasa Inggris akan diadakan pada Seleksi Tahap 3 atau Final dengan istilah Uji Publik. Sebanyak delapan orang mahasiswa yang lolos diseleksi menurut kriteria yang telah dipersiapkan oleh pihak Universitas hingga didapatkan Pemenang 1, 2, dan 3 SOTY. Setiap pemenang akan diberi apresiasi berupa piagam penghargaan, tropi, dan beasiswa pendidikan. Pemenang 1 dan Pemenang 2 dari SOTY secara otomatis akan menjadi perwakilan Universitas Katolik Soegijapranata dalam berbagai event internasional. Sementara itu, salah satu dari ketiga pemenang SOTY berkesempatan menjadi wakil Universitas Katolik Soegijapranata dalam pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat LLDIKTI wilayah VI pada tahun berikutnya.

Di masa sekarang, kaum muda tidak dapat bertahan di tengah masyarakat—terlebih di dunia kerja—jika tidak memiliki daya saing yang tinggi dan nilai diri yang unggul. Dengan bergabung dalam ajang

SOTY, mahasiswa dapat mengembangkan kemampuannya, memperluas pengetahuan, memperoleh pengalaman baru, mengembangkan karakter, menambah relasi, hingga menggali potensinya sedalam mungkin dengan serangkaian dinamika yang seru dan menyenangkan bersama teman-teman dari berbagai fakultas di kampus Unika tercinta.

Tunggu apa lagi? Yuk, gabung dengan kami di Student of The Year!