Orang Tua Harus Memberi Contoh

ORANG TUA harus memberi contoh yang baik untuk putra-putrinya. Memberikan teladan yang baik kepada anak-anak penerus generasi masa depan. Dokter Spesialis THT dr Alberta Widya Kristanti menuturkan, orang tua harus memberikan contoh yang baik kepada anak-anak, terutama mengenai penggunaan gadget. Sebaiknya, orang tua dapat membatasi penggunaan gadget, baik itu volume maupun lamanya.

”Jangan sampai volume gadget terlalu keras dan terlalu lama, sehingga bisa berdampak pada fungsi pendengaran yang terganggu,” tuturnya saat Ngobrol Virtual bertema Mengatasi Persoalan Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Saat Pandemi” yang diselenggarakan Suara Merdeka melalui zoom meeting, kemarin.

Dia mengatakan, jika anakanak memakai gadget atau gawai dengan volume keras, batasi durasi pemakaian. Karena itu, diperlukan edukasi bagi anak-anak untuk memakai gawai dengan volume wajar. Ia memaparkan, coba ajak bicara anak saat mereka mendengarkan gawai dengan memakai headset. Jika mereka masih bisa menjawab pertanyaan orang tua, artinya volume masih aman.

”Namun jika anak-anak tidak merespons pertanyaan kita, volume yang didengarkan sudah terlalu keras,” ujarnya.

Budi Pekerti Hilang
Sementara itu, Psikolog Unika Soegijapranata Dr Endang Widyorini mengatakan, sebagai orang tua harus optimistis agar anak-anak dapat mengejar ketertinggalan pelajaran saat pandemi. Mereka bisa mengejar ketertinggalan yang tidak bisa diperoleh saat pandemi. Selama pandemi, anak-anak hanya mendapatkan transfer knowledge dan transfer learning.

Namun mereka tidak memperoleh tali hubungan antara guru dan siswa. Budi pekerti siswa hilang selama pandemi, karena mereka tidak mendapatkannya dari orang tua.

”Bahkan banyak sekali orang tua yang melakukan kekerasan verbal untuk anak mereka. Orang tua bisa jadi parent tapi tidak bisa menjadi teacher,” jelasnya.

Karena itu, anak-anak memerlukan pendampingan yang lengkap antara orang tua dan guru. Anak-anak sangat membutuhkan peran guru yang tidak bisa dimiliki orang tua. Ketidaksabaran orang tua perlu dibenahi agar anak-anak bisa belajar dengan aman dan nyaman.

Suara Merdeka 13 November 2021 hal. 12

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email
Share on whatsapp
WhatsApp
Kategori

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Share on whatsapp

More Posts

Send Us A Message