KSR PMI unit Unika Ikuti Pendidikan dan Pelatihan Dasar Gabungan (Diklatsargab) 2019

Penyampaian Materi dan Praktek tentang Bantuan Hidup Dasar

Pendidikan dan Pelatihan Dasar Gabungan atau Dilkatsargab merupakan pendidikan yang diikuti oleh KSR PMI dari 6 unit perguruan tinggi yaitu Universitas Katolik Soegijapranata, Stikes Karya Husada, STIE Bank BPD Jateng, Universitas PGRI Semarang, Universitas Wahid Hasyim, dan Universitas Semarang. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang diadakan secara bergilir dari enam unit yang tergabung. Tuan rumah penyelenggara kegiatan pada tahun ini adalah KSR PMI unit Universitas PGRI Semarang.
Diklatsargab 2019 berlangsung selama 4 hari, dimulai pada hari Kamis (5/12/19) sampai hari Minggu (8/12/19) bertempat di Markas PMI Kota Semarang. Peserta Diklatsargab yang hadir sebanyak 70 peserta dari 6 unit dengan rincian: 15 peserta Stikes Karya Husada, 7 peserta STIE Bank BPD Jateng, 15 peserta Universitas PGRI Semarang, 9 peserta Universitas Katolik Soegijapranata, 11 peserta Universitas Wahid Hasyim, dan 13 peserta Universitas Semarang.
“Tujuan adanya Diklatsargab ini adalah untuk mendidik karakter calon anggota KSR sesuai dengan jiwa Kepalangmerahan. Selain itu dengan adanya diklatsargab dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dasar dalam membantu tugas kemanusiaan di lingkungan sekitar” ucap Regina Ella Setyandari, selaku Seksi Operasional dari KSR PMI unit Unika Soegijapranata.
Materi yang diberikan kepada peserta adalah materi kepalangmerahan, anatomi dan faal, perdarahan dan shock, penilaian penderita, bantuan hidup dasar, triage dan PKB, assesment, pertolongan pertama, kedaruratan medis dan lain-lain. Materi tersebut akan dijelaskan secara langsung oleh pelatih dari PMI dan pembina KSR. Tidak lupa, para peserta juga akan mempraktekan materi yang sudah diajarkan.
“Saya sangat senang mengikuti acara diklatsargab ini, selain menambah ilmu tentang kepalangmerahan, saya juga mendapatkan pengalaman dan teman-teman baru dari kampus lain. Semoga ilmu yang sudah saya dapat, nantinya bisa bermanfaat dan diterapkan pada lingkungan sekitar” tutur Anis Tassya Anggraini, salah satu peserta diklatsargab dari KSR PMI unit Unika Soegijapranata.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email
Share on whatsapp
WhatsApp
Kategori

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Share on whatsapp

More Posts

Send Us A Message