Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Tur Kota Ketiga, Gratia Choir SCU Lantunkan Suara Merdu di Gereja Jago Ambarawa

Bukan tanpa alasan, Gereja Katolik Santo Yusup Ambarawa lebih dikenal dengan nama Gereja Jago oleh para masyakarat Ambarawa karena gada-gada berbentuk ayam yang berada di puncak menara gereja tersebut. Masih berfungsi sampai sekarang, arsitektur Gereja Jago yang sangat kental dengan vibe Belanda tidak bisa dilepaskan dari sejarah panjang masa kolonial. Kedatangan para pastor dari Belanda pada masa kolonial menjadi awal dari proses panjang berdirinya gereja dengan kapasitas 1000 orang tersebut.

Bangunan ini hanya diperuntukan tentara Belanda sebagai sarana peribadatan pada awalnya, bukan hal aneh jika perkembangan bangunan yang kental dengan ornamen khas negeri kincir angin tersebut tidak lepas dari peran para pastor Belanda yang datang ke nusantara saat itu.

Apalagi sampai sekarang keaslian dan keunikan bangunan gereja khas Belanda tersebut masih dijaga oleh masyarakat sekitar.

Ini juga menjadi alasan bangunan tersebut sampai sekarang masih digunakan dalam berbagai perayaan hari besar umat Katolik, khususnya di Jawa Tengah.

Soegijapranata Catholic University (SCU) atau lebih dikenal dengan Unika Soegijapranata, salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Katolik yang menjadi PTS Terbaik di Jawa Tengah dan DIY versi Unirank, juga menjadi salah satu dari sekian banyak institusi pendidikan yang memanfaatkan kentalnya vibe kolonial dalam bangunan ini.

Pada 28 Mei 2023 lalu, dalam rangka menuju Keuskupan Agung Semarang (KAS) Youth Day 2023 yang juga turut dimeriahkan oleh SCU pada 4-6 Juli 2023 mendatang, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paduan Suara SCU, Gratia Choir, yang sudah banyak meraih prestasi baik di dalam maupun luar negeri, menyelenggarakan Mini Concert di Gereja Jago tersebut.

Apelina Teresia, selaku Koordinator Pra-Event Youth Day Mini Concert dan Workshop Paduan Suara menjelaskan selain Gratia Choir, kegiatan ini juga dimeriahkan dengan kolaborasi UKM Paduan Suara tersebut bersama dengan SMA Virgo Fidelis beserta Orang Muda Katolik (OMK) Santo Yusup Ambarawa.

Ambarawa sendiri adalah kota ketiga yang dikunjungi Gratia Choir dalam tur mereka dalam kegiatan pra-event KAS Youth Day 2023 ini. Selanjutnya, mereka akan menyelenggarakan acara yang sama beserta dengan Workshop Pelatihan Teknik Vokal di Magelang pada 28 Mei 2023.

Dr. Ferdinandus Hindiarto, selaku Rektor SCU berharap kegiatan ini dapat menumbuh semangat para audiens, khususnya para siswa SMA Virgo Fidelis dan OMK Santo Yusup Ambarawa dalam mengembangkan bakat mereka di bidang vokal, “paduan suara menjadi aktivitas non-akademik yang dikembangkan, terus diberdayakan,” lanjutnya. [Humas SCU/Hil]

Stop Galau! Masih ada Beasiswa Masuk di SCU, buruan! Gak pake tes cuma pakai nilai rapor ajah 😁Daftar onlinepmb.unika.ac.id#BeasiswaKuliah#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Kata siapa abis kuliah nganggur? Buktinya lulusan SCU kurang dari 2 bulan aja buat dapetin kerja! Jadi, masih ragu kuliah di SCU?Daftar onlinepmb.unika.ac.id#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Selamat Merayakan Paskah, Penuh Sukacita ✨#Paskah#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Jumat Agung #JumatAgung#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning

Acara yang Lain:

VIDEO