Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search
Close this search box.

Soegijapranata Catholic University (SCU) Menjadi Host dalam Program eACCESS Erasmus Uni Eropa

Prof. Dr. Ir. Slamet Riyadi M.T, Prof. Dr. Parag Shashikant Vichare, Prof Dr.Inz. Tomasz Andrej Siewierski, Dr. Ir. Florentinus Budi Setiawan M.T.

Unika Soegijapranata Semarang atau dikenal dengan Soegijapranata Catholic University (SCU) tergabung dalam proyek eACCESS dari Erasmus Uni Eropa. eACCESS sendiri merupakan program yang berfokus dalam peningkatan kapasitas di bidang pendidikan tinggi. Unika Soegijapranata (SCU) menjadi host setelah melakukan meeting kedua negara seperti Nepal, Polandia dan tahun 2022 ini ke Indonesia dan Unika menjadi host. Selain itu, kegiatan program ini berfokus kepada masalah pendidikan tinggi dengan diadakannya mobility dan capacity building untuk meningkatkan kemampuan dari masing-masing perwakilan dari Universitas untuk menambah wawasan terkait bagaimana cara pengajaran ataupun untuk riset.

Kegiatan yang dilakukan dalam proyek bersama eACCESS dari Erasmus ini merupakan konsorsium mengenai renewable energy yang merupakan energi terbarukan yang berasal dari sumber alamiah. Kemudian dalam proyek ini Unika Soegijapranata (Indonesia) sebagai partner bersama dengan Kantipur Engineering College (Nepal), Pokhara University (Nepal), Royal University of Bhutan (Bhutan), Unika Atmajaya Jakarta (Indonesia) sebagai Asian partner. Sedangkan Technology University of Lodz (Poland) sebagai host bersama University of West Scotland (Inggris) dan Aristotle University Thessaloniki (Yunani) sebagai Europe partner.

Laboratorium Microgrid SCU

SCU Miliki Satu dari Tiga Laboratorium Microgrid di Indonesia

Konsorsium eACCESS ini terdapat penekanan pada tiga pilar mengenai peningkatan kapasitas yaitu terkait Pengajaran dan Kurikulum, Platform Perkuliahan, serta Pengembangan Laboratorium dengan menghadirkan Microgrid.

eACCESS Uni Eropa (European Union) dalam Peningkatan Kapasitas untuk Pendidikan Tinggi yakni Prof Dr.Inz. Tomasz Andrej Siewierski (Lodz University of Technology, Project Manager, Poland); Prof.Dr. Parag Shashikant Vichare (University of West Scotland, Scotlland Local Manager); Prof. Dr. Ir. Slamet Riyadi M.T (Dekan Fakultas Teknik Unika Soegijapranata, sekaligus Host of Semarang Meeting); Dr. Ir. Florentinus Budi Setiawan M.T (Local Manager eACCESS).

Baca juga : Diskusi Bulanan KMTS Teknik Sipil Soegijapranata Catholic University (SCU) ; Pengawasan K3 Konstruksi

“Ini semacam pertemuan meeting di beberapa negara. Kita ini konsorsium eACCESS dibiayai oleh Erasmus Uni Eropa. Unika Soegijapranata mendapatkan giliran menjadi host. Semestinya kegiatan ini sudah dilakukan sejak tahun 2020 dikarenakan pandemic dan jadwalnya dipadatkan di tahun ini (2022). Kita ini sudah meeting tiga kali pertama di Nepal, Polandia dan tahun ini Semarang, Indonesia,” terang Dr. Ir. Florentinus Budi Setiawan M.T.

Baca juga : Subsidi Angkutan Barang dengan Kendaraan Perlu Ditambah
Mahasiswa Teknik Elekto sedang mengoperasikan laboratorium microgrid

Selain itu, Budi Setiawan juga menyatakan bahwa konsorsium eACCESS ini berfokus kepada renewable energy terkait melakukan perbaikan dalam bidang pendidikan, kemudian bagaimana pengajarannya, perbaikan di laboratorium, dan penyamaan terkait platform sehingga setara dan bisa share untuk belajar satu sama lain. Renewable energy merupakan salah satu cara untuk lebih mencintai alam dan lingkungan dengan tidak menggunakan listrik dari batubara dan dialihkan dengan renewable energy.

“Memperbaiki sistem kurikulum dan disetarakan dengan mereka.betul-betul bekerja dan meeting setiap minggu. Sama seperti membuat kurikulum dengan Universitas, tetapi ini dalam grup dari beberapa negara. menyamakan platform pendidikan, cyber itu merupakan model  pengajaran online, kalau di unika disebut cyber. Jadi cara mengajarnya bagaimana, poinnya apa saja, pertugasannya bagaimana, sistem penilaian seperti apa. Kalau mereka mau ikut kuliah kita tinggal join saja, kalau kita mau ikut kuliah mereka juga bisa dengan cara join,” terang Budi Setiawan.

[Humas Unika Soegijapranata/Kris]

 

Berita Terkait :

Kembangkan Lab Berbasis Tenaga Surya, Unika Sinergikan Perguruan Tinggi Luar Negeri
Ramah Lingkungan, Mulai Beralih ke Tenaga Surya
Wujudkan Pendidikan Berkualitas, Unika Jadi Host dalam Eaccess Erasmus Uni Eropa
Tuan Rumah Progam eAccess, Unika Soegijapranata Sinergi dengan Erasmus Uni Eropa dan Asia

 

 

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Selamat Memperingati Kamis Putih #KamisPutih#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#joyfullearning
Nongsik #1
Kenapa SCU? Menurut kamu kenapa? Daftar onlinepmb.unika.ac.id#BeasiswaKuliah#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Selamat dan Sukses atas Kelulusan Ujian Doktor Ilmu Manajemen Dr. Bhimo Widyo Andoko. S.H., M.H di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. #PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Seru banget nih, lomba Mathematic Logic Competition 2024 yang diikuti dari berbagai pelajar SMA/SMK/Sederajat tingkat Pulau Jawa, sampai membekas di hati salah satu peserta gara-gara mbak MC. hihihi 🤭 Daftar onlinepmb.unika.ac.id#TeknikInformatika#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Ayoooookk!!!! Gak usah ragu! Karena kamu bisa dapetin berbagai macam beasiswa masuk tanpa tes dengan benefit biaya kuliah semester yang udah include semuanya lho. Share ke temen-temen kamu informasi ini yaa. Kalau mau konsultasi lebih lanjut  DM mimin ya 😍Daftar onlinepmb.unika.ac.id#BeasiswaKuliah#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning

Share:

More Posts

Send Us A Message