Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Prodi Arsitektur Unika Soegijapranata Menggapai Usia 55 Tahun

Seminar Nasional Arsitektur

Program Studi (Prodi) Arsitektur Unika Soegijapranata or Soegijapranata Catholic University (SCU) menggapai usia matang 55 tahun. Melalui usianya, Prodi Arsitektur mewujudkan warna pendidikan arsitektur ekologis. Hal ini berlandasan Pola Ilmiah Pokok (PIP) dari universitas yaitu eco settlement atau peradaban yang ekologis. Pertambahan usia ini ditandai pada Selasa (1/11) lalu.

Sambutan Kepala Prodi Arsitektur

Kepala Prodi Arsitektur, Christian Moniaga, S.T., M.TA., menyampaikan tema Dies Natalis tahun ini adalah yaitu “Keunggulan Ekologis untuk Keutuhan Ciptaan”. Harapannya, dengan tema tersebut dapat mengantar Prodi Arsitektur untuk menjunjung keutuhan ciptaan yaitu peradaban manusia, alam semesta, dan lingkungan sekitar.

“Karena kita ingin menyampaikan ke masyarakat umum bahwa Prodi Arsitektur saat ini sudah terakreditasi unggul. Jadi, ekologis yang menjadi warna pendidikan Prodi Arsitektur ini juga bisa kita katakan merupakan sebuah keunggulan,” terangnya.

Chrismon panggilan akrabnya, menceritakan civitas akademika Prodi Arsitektur melakukan ziarah ke 7 makam sebagai wujud terima kasih karena melahirkan arsitektur. Seusai ziarah, disambung dengan misa dan ceremony pada Selasa (1/11) lalu.

 Lebih lanjut, Prodi Arsitektur juga mengadakan seminar yang bertajuk “Future Cities and Architecture” pada Jumat (4/11). Narasumber yang didatangkan yakni Ir. Ikaputra, M.Eng., Ph.D., IAI dan Budi Pradono, IAI. Dalam paparan materinya, Ikaputra membagi ilmu arsitektur aerotropolis karena ia berkiprah pada bidang desain bandara. Sementara, Budi Pradono ialah pemenang sayembara untuk desain Istana Wakil Presiden di Ibu Kota Negara yang baru.

Rangkaian Acara Dies Natalis Arsitektur ke-55 tahun

Rangkaian Kegiatan Dies Natalis Arsitektur

Adapun rangkaian kegiatan Dies Natalis yang akan berlangsung tahun depan:

  •         Workshop BIM (16 – 20 Januari 2023)
  •         Exhibition (23 – 28 Januari 2023)
  •         Sayembara Arsitektur Tingkat Nasional (28 Januari 2023)
  •         Seminar Call for Paper (28 Januari 2023)
  •         Temu Alumni (28 Januari 2023)
  •         Konser Architecture Night (28 Januari 2023)
 Baca juga : Mahasiswi Arsitektur Unika Soegijapranata Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional

Chrismon menambahkan, pada Workshop BIM yang akan terselenggara tahun depan ini bertujuan untuk menjawab tantangan industri. “Jadi, di mana cara kerja arsitektur jaman sekarang itu, sudah kaitannya dengan BIM. Dan, ini kita bekerja sama dengan PT. Wijaya Karya atau WIKA yang nanti menjadi pemapar materinya,” ungkapnya.

Selain itu, Prodi Arsitektur juga memberikan wadah kepada dosen, mahasiswa arsitektur SCU, dan alumni untuk memamerkan karyanya melalui kegiatan Exhibition di Selasar Gedung Thomas SCU.

“Ini nanti pameran karya untuk seluruh mahasiswa arsitektur dan dosen. Kemudian, tidak menutup kemungkinan untuk alumni juga yang sudah berpraktik dalam tahun berapa pun itu, dipersilakan. Nah, pameran karya itu nyambung dengan temu alumni. Jadi, saat alumni datang bisa lihat juga karya-karya adik kelasnya yang masih aktif kuliah,” jelasnya.

Sebagai penunjang dari sisi edukasi dan pendidikan, Prodi Arsitektur mengadakan Nasional Seminar Call for Paper yang terbuka untuk umum. Dan, Sayembara Arsitektur Tingkat Nasional yang dapat diikuti oleh Perguruan Tinggi Indonesia manapun.

Baca juga : Mahasiswi Prodi Arsitektur Unika Soegijapranata Menang Lomba Sayembara Desain Profesional

Bertambahnya usia Prodi Arsitektur, Chrismon mengharapkan agar untuk terus menyuburkan bahwa ekologis itu adalah warna yang sangat luhur dan sangat baik di Arsitektur Unika. “Jadi, arsitektur ekologis semakin mendarah daging bagi dosen dan mahasiswa. Ketika nanti mahasiswa lulus mereka dapat mendesain berwawasan lingkungan. Maka mahasiswa ini punya warna yang beda dengan tetap memperhatikan lingkungan sekitar,” pungkasnya. [Humas Unika Soegijapranata/Dim]

Stop Galau! Masih ada Beasiswa Masuk di SCU, buruan! Gak pake tes cuma pakai nilai rapor ajah 😁Daftar onlinepmb.unika.ac.id#BeasiswaKuliah#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Kata siapa abis kuliah nganggur? Buktinya lulusan SCU kurang dari 2 bulan aja buat dapetin kerja! Jadi, masih ragu kuliah di SCU?Daftar onlinepmb.unika.ac.id#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Selamat Merayakan Paskah, Penuh Sukacita ✨#Paskah#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Jumat Agung #JumatAgung#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning

Acara yang Lain:

VIDEO